Search Cars

Otomotif

Bagaimana Cara Mengecek Tekanan Ban yang Benar? Lihat Petunjuk Berikut

Apakah kamu sering merasa khawatir tentang kondisi ban kendaraanmu? Tekanan ban yang tidak sesuai dapat berdampak negatif pada kinerja mobil dan, yang lebih penting, dapat mengancam keselamatanmu di jalan.

tekanan ban

Kamu perlu memeriksa tekanan ban mobilmu untuk memastikan kondisi ban mobil tetap optimal. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara yang benar untuk mengecek tekanan ban, dan rekomendasi alat yang dapat kamu gunakan.

Baca juga: Berapa Lama Umur Ban Mobil? Kapan Harus Diganti?

Cara Mengecek Tekanan Ban dengan Benar

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengecek tekanan ban kendaraanmu:

1. Siapkan Alat Pengecek Tekanan Ban: Pastikan kamu memiliki alat pengukur tekanan ban yang akurat.

2. Parkir Kendaraan di Tempat yang Aman: Pastikan kendaraan berada di permukaan datar dan aman sebelum memeriksa tekanan ban.

3. Baca Petunjuk Pabrik: Periksa petunjuk pabrik untuk mengetahui tekanan ban yang disarankan untuk kendaraanmu. Informasi ini biasanya terdapat di buku panduan kendaraan atau di bagian dalam pintu pengemudi.

4. Periksa Tekanan Ban Saat Ban Dingin: Tekanan ban optimal harus diperiksa saat ban dalam keadaan dingin, karena tekanan akan meningkat saat ban panas.

5. Lepaskan Tutup Katup Ban: Lepaskan tutup katup ban dan tempatkan alat pengukur tekanan ban di atas katup.

6. Baca Tekanan Ban: Baca tekanan ban pada alat pengukur dan pastikan tekanan sesuai dengan rekomendasi pabrik.

7. Tambah atau Kurangi Tekanan jika Diperlukan: Jika tekanan ban tidak sesuai, tambahkan atau kurangi udara sesuai dengan kebutuhan hingga mencapai tekanan yang disarankan.

8. Ulangi Proses untuk Setiap Ban: Lakukan langkah-langkah di atas untuk setiap ban, termasuk ban cadangan.

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat untuk Berbagai Kondisi Jalan

Rekomendasi Alat untuk Mengecek Tekanan Ban

1. Manometer Analog

Meskipun manometer digital semakin populer, manometer analog masih digunakan oleh banyak orang. Alat ini memiliki jarum yang menunjukkan tekanan ban dan dapat memberikan pembacaan yang cukup akurat. Meskipun lebih sederhana, manometer analog tetap menjadi pilihan yang handal dan mudah digunakan.

2. Manometer Digital

Untuk memastikan tekanan ban yang akurat, manometer digital menjadi pilihan yang sangat baik. Alat ini memberikan pembacaan tekanan yang tepat dan akurat. Beberapa manometer digital bahkan dilengkapi dengan fitur canggih, seperti pencahayaan LED untuk memudahkan penggunaan malam hari. Kamu dapat dengan mudah menemukan manometer digital ini di toko perlengkapan otomotif online maupun offline terkemuka.

3. Pendorong Tekanan Ban

Pendorong tekanan ban, atau biasa dikenal sebagai inflator, adalah alat lain yang sangat praktis untuk dimiliki. Alat ini memungkinkan kamu untuk mengisi ulang tekanan ban secara langsung saat diperlukan. Beberapa model bahkan dilengkapi dengan sensor otomatis yang akan memberitahumu ketika tekanan ban mencapai level yang diinginkan.

4. Pompa Angin Portable

Pompa angin portable adalah alat yang sangat penting untuk memiliki tekanan ban yang optimal. Kamu dapat memilih pompa angin yang dapat dihubungkan dengan mudah ke power outlet kendaraan atau yang berbentuk portable dengan daya baterai. Dengan pompa angin portable, kamu dapat dengan mudah mengatasi kekurangan tekanan ban di mana saja.

5. Valve Cap

Untuk pemantauan yang konstan, kamu dapat memasang valve cap khusus yang dilengkapi dengan indikator tekanan. Valve cap ini akan berubah warna atau memberikan tanda ketika tekanan ban berada di luar batas yang ditetapkan. Cara ini membuatnya mudah untuk mengetahui status tekanan ban tanpa perlu alat khusus.

Mengecek tekanan ban secara teratur adalah langkah yang sederhana namun krusial untuk menjaga keselamatan dan kinerja kendaraan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat memastikan bahwa tekanan ban kendaraanmu selalu dalam batas yang aman dan optimal. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian ban mobil secara rutin di bengkel resmi dengan persetujuan asuransi mobil, setidaknya sebulan sekali, untuk mencegah potensi risiko dan memastikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.