Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal untuk Dipakai Harian

By Reka Harnis - June 18, 2020

Berapa ukuran tekanan angin ban mobil yang ideal untuk dipakai harian? Simak ulasannya berikut ini.

tekanan angin ban

Mungkin sebagian pemilik mobil ada yang belum mengetahui berapa tekanan angin ban mobil yang ideal untuk pemakaian harian. Padahal, memperhatikan tekanan angin ban mobil penting untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara.

Tekanan angin ban mobil tak boleh kurang ataupun lebih karena berbahaya bagi diri sendiri dan pengendara lain, mengingat ban adalah satu-satunya komponen mobil yang menyentuh aspal. 

Baca juga: Ban Mobil Harus Dilepas Bila Jarang Digunakan, Benarkah?

Tekanan angin ban mobil yang kurang bisa menyebabkan konsumsi BBM menjadi lebih boros. Selain itu kerusakan pada pelek juga mungkin saja terjadi..

Sementara tekanan angin ban yang berlebih juga berbahaya karena menyebabkan bantingan mobil lebih keras dan setir lebih bergetar. Hal ini tentu saja mengurangi kenyamanan saat berkendara.

Lalu berapa tekanan angin ban mobil yang ideal?

Perlu diketahui bahwa tekanan angin setiap mobil berbeda. Hal itu dipengaruhi banyak hal, salah satunya beban kendaraan. Secara umum, tekanan ban paling ideal untuk berkendara pada mobil-mobil penumpang tipe menengah seperti MPV dan Mini-SUV berkisar 30 hingga 32 PSI. 

Nilai ini akan menunjang stabilitas berkendara yang baik. Sementara pada mobil yang lebih kecil seperti sedan atau city car biasanya memiliki tekanan angin sekitar 28 – 30 PSI.

Jenis mobil tersebut memiliki curb weight atau berat kosong yang berbeda. Bisa dilihat juga dari bentuknya yang berbeda. 

Selain dari jenis mobil, tiap pabrikan biasanya juga memiliki nilai tekanan angin yang berbeda-beda. Hal ini karena setiap mobil pasti menggunakan ban dengan ukuran dan kualitas yang berbeda.

Berita Terkait

Author