Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat untuk Berbagai Kondisi Jalan

Ban mobil jadi bagian yang penting dalam kendaraan dan bisa disesuaikan dengan kondisi jalan. Bagaimana tips memilihnya?

ban mobil

Memilih ban mobil yang tepat penting untuk kenyamanan berkendara. Ban mobil tidak hanya berperan penting sebagai penggerak laju, namun juga sebagai peningkatan fungsi pengereman, peredam guncangan, hingga menjadi penopang beban.

Untuk menerjang berbagai kondisi jalan dibutuhkan kinerja dan keamanan ban mobil yang optimal. Umumnya, ban mobil didesain untuk melintasi kondisi jalan khusus seperti jalan rusak, hingga jalan tol.

Ban khusus permukaan rata atau perkotaan tentu berbeda dengan alur ban untuk melintasi jalan berlubang. Namun pada beberapa kasus, beberapa pengguna lebih memilih ban yang cocok untuk melahap segala medan lintasan.

Baca juga: Liburan Pakai Mobil Pribadi, Apa Saja Yang Harus Dipertimbangkan?

Berikut ini beberapa tips untuk memilih ban mobil yang sesuai dengan kondisi jalan yang akan dihadapi.

Ukuran dan tipe ban mobil

bahaya ban vulkanisir

Periksa ukuran ban mobil yang memang direkomendasikan oleh produsen atau pabrikan. Ukuran ban yang tepat penting untuk menjaga kestabilan dan kenyamanan berkendara.

Pilih tipe ban yang sesuai dengan gaya berkendara dan kebutuhan pengendara, seperti ban all-season, ban musim panas, atau ban musim dingin. 

Ban all-season biasanya dapat digunakan di berbagai kondisi cuaca, sementara ban musim panas memberikan cengkeraman yang baik pada aspal kering. Sedangkan ban musim dingin memberikan traksi yang lebih baik pada salju dan es.

Profil

pajak mobil fortuner

Profil ban yang dalam dengan alur yang lebih banyak memberikan traksi yang lebih baik pada permukaan basah atau berpasir. Ini cocok untuk kondisi jalan yang licin atau tidak rata dan bisa memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik pada jalan rata dan kering.

Baca juga: Untung Mana, Sewa Mobil Bulanan atau Beli Baru?

Tujuan ban diberi alur juga berfungsi mengalirkan air ketika pengendara melewati jalanan basah saat hujan atau digenangi air.  Alur yang ada di permukaan ban membantu proses laju mobil tersebut dan tidak mengganggu. 

Jadi tekstur kasar pada alur ban berperan untuk memberikan gaya gesek agar dapat melaju dengan lebih mudah melewati berbagai jenis jalan. Adanya alur ban juga meminimalisir tergelincir meski terus bersinggungan dengan permukaan jalan.

Indeks beban dan kecepatan

velg bz4x

Pastikan ban yang kamu pilih memiliki indeks beban dan kecepatan yang sesuai dengan berat dan kecepatan maksimum kendaraan pengendara. Informasi ini dapat ditemukan pada sisi ban atau dalam buku petunjuk kendaraan.

Kualitas

Pilih ban dari produsen terpercaya yang memiliki reputasi baik dalam hal kualitas dan daya tahan. Baca ulasan dan rekomendasi pengguna lain untuk mendapatkan informasi tentang kinerja dan umur pakai ban.

Kondisi jalan

jalan tol

Jika kamu sering menghadapi kondisi jalan yang berlubang atau tidak rata, pertimbangkan untuk memilih ban dengan sidewall (dinding samping ban). Ban mobil jenis ini biasanya lebih kuat atau pilih ban dengan teknologi penguat seperti teknologi run-flat

Baca juga: Kulik Lengkap Fitur Keamanan All New Terios, SUV Idaman Keluarga

Untuk kondisi jalan yang bersalju atau berlumpur, pertimbangkan ban dengan pola alur yang dalam. Pilih bahan campuran yang cocok untuk traksi pada permukaan yang licin. Kondisi jalan yang tidak baik juga akan berpengaruh pada kondisi ban kamu, jika terjadi kerusakan pada ban mobilmu dari pihak eksternal, kamu bisa klaim asuransi mobil untuk perbaikan dan menggantinya ya. Namun, jika disebabkan oleh kesalahan pribadi, kamu tidak bisa klaim asuransi tersebut ya.

Perawatan

Periksa kebutuhan perawatan ban yang dipilih, seperti rotasi dan pengecekan tekanan udara secara teratur, untuk memastikan umur pakai dan kinerjanya.

Jadi, penting untuk mengikuti rekomendasi produsen mobil dan berkonsultasi dengan mekanik atau ahli ban jika memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai pemilihan ban yang tepat untuk mobil. Jangan lupa untuk mengganti ban hanya di bengkel resmi agar prosesnya lebih terpercaya dan ada garansi.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.