Search Cars

Travel & Lifestyle

Argentina Kalah dan Fakta Piala Dunia 2022 Unik Lainnya

Fakta Piala Dunia 2022 terbaru yang mengejutkan Argentina dikalahkan Arab Saudi. Apalagi yang menarik di ajang sepak bola ini?

fakta Piala dunia 2022

Fakta Piala Dunia 2022 cukup pahit diterima oleh Lionel Messi yang dipaksa takluk dari tim Arab Saudi, dengan skor 1-2. Bahkan kemenangan ini membuat Raja Salman dari Arab Saudi menetapkan libur nasional pada Rabu, 23 November 2012.

Akibat Argentina kalah ini memutus rekor tidak pernah kalah sebanyak 36 kali di pentas internasional. Messi dan tim gagal menyamai rekor milik Italia dengan 37 kali tak terkalahkan yang diukir tahun 2018 sampai 2021 lalu.

Hasil pertandingan Piala Dunia di partai perdana ini mungkin bukan hasil menggembirakan bagi Argentina. Namun faktanya, saat Argentina kalah di partai pembuka Piala Dunia tahun 1990, mereka justru melejit terus sampai partai final sebelum ditekuk Jerman Barat, 0-1.

Baca juga: Piala Dunia 2022 Dipenuhi Kendaraan Listrik, Ada Apa Saja?

Meski hasil pertandingan Piala Dunia kalah, Lionel Messi mencetak sejarah dengan menjadi pemain Argentina yang mampu mencetak gol dalam empat kali gelaran Piala Dunia.

Hasil itu membawa Lionel Messi bersanding dengan legenda sepak bola Pele, Uwe Seeler, Miroslav Klose, dan Cristiano Ronaldo. Lalu, apalagi catatan sejarah dan fakta Piala Dunia 2022 yang menarik untuk disimak? 

Fakta Piala Dunia 2022 termahal

fakta Piala dunia 2022

Selain hasil mengejutkan Argentina kalah di partai perdana, fakta utama adalah gelaran pesta sepak bola kali ini menjadi perhelatan Piala Dunia termahal. Dalam penyelenggaraannya, panitia menggelontorkan dana sampai Rp3.400 triliun. 

Baca juga: Transfer Pemain Bola Termahal Bisa Dapat Berapa Mobil Mewah?

Catatan ini langsung membuat Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia termahal. Sebelumnya pada perhelatan di Rusia tahun 2018, negeri Beruang Merah tersebut hanya menghabiskan Rp191 triliun saja.

Sebagai informasi, Qatar adalah negara terkaya keempat di dunia dengan total pendapatan domestik bruto (PDB) per kapita senilai 1,77 miliar. Sumber utama kekayaan negara adalah cadangan gas alam terbesar ketiga di dunia sejumlah 24,7 triliun meter kubik.

Selain gas, negara para sultan itu juga punya cadangan minyak bumi yang berlimpah. Dalam catatan pada tahun 2019, cadangannya mencapai 25,2 miliar barel. 

Baca juga: Koleksi Mobil Pemain Bola Piala Dunia 2022, Siapa Paling Mewah?

Pemerintah Qatar juga mengelola dana besar dengan menanamkan saham dan kepemilikan modal pada brand besar dunia, sebut saja Porsche, Harrods, Volkswagen Group, Qatar Airways hingga klub sepak bola Paris Saint Germain.

Fakta menarik lainnya

fakta Piala dunia 2022

Gelaran pesta bola sejagat kali ini juga menyajikan fakta Piala Dunia 2022 sebagai event olahraga dengan penggunaan teknologi canggih terbaru. Teknologi tersebut adalah penggunaan sensor pada bola dan sistem kamera pelacak di kaki pemain.

Penerapan teknologi ini untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan di lapangan secara instant. Wasit dapat mengetahui apakah posisi pemain terjebak off side sebelum mencetak gol.

Baca juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Fase Penyisihan Grup, Siapa Jagoanmu?

Selain itu fakta Piala Dunia 2022 adalah soal aturan pergantian pemain. Kali ini FIFA mengizinkan setiap tim melakukan pergantian pemain maksimal 5 kali selama pertandingan. Dalam gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia, hal itu hanya diizinkan sebanyak 3 kali.

FIFA juga mengizinkan satu tim peserta berjumlah maksimum 26 pemain. Hal ini menjadi aturan baru karena pada gelaran sebelumnya jumlah pemain maksimal dalam tim adalah 23 orang.

wasit perempuan piala dunia 2022

Fakta lainnya adalah ikut sertanya 3 wasit perempuan dalam perhelatan kali ini. FIFA menugaskan 36 wasit selama Piala Dunia 2022 Qatar. 

Baca juga: Andai Mobil Jadi Pemain Sepak Bola Terbaik, Kira-Kira Cocoknya di Posisi Apa Ya?

Tiga wasit perempuan yang ditunjuk FIFA yaitu Stephanie Frappart (Perancis), Yoshimi Yamashita (Jepang) dan Salima Mukansangka (Rwanda). 

Selain sejumlah fakta tersebut, fakta Piala Dunia 2022 juga menyajikan tim-tim terbaik dengan banderol harga transfer pemain yang setinggi langit. Siapa saja timnya?

Tim Piala Dunia termahal

piala dunia 2022

Urutan pertama tim Piala Dunia termahal ditempati oleh The Three Lions alias Inggris. Negeri Raja Charles itu dihuni pemain-pemain berharga mahal. Sebut saja Phil Foden (Manchester City) yang memiliki label harga 110 juta Euro atau ditaksir Rp1,76 triliun.

Baca juga: Kredit Mobil Mewah Rp 1M, Berapa Sih DP dan Cicilannya?

Pemain berlabel tinggi lainnya adalah gelandang Jack Grealish (Manchester City) yang ditaksir senilai Rp1,8 triliun. Sementara bek tengah Manchester United, Harry Maguire dilabeli harga transfer sekitar Rp1,4 triliun.

Belum lagi winger lincah Raheem Sterling yang punya banderol Rp800 milyar serta bek serba bisa Arsenal, Ben White yang dilabeli harga transfer Rp600 milyar. Tidak heran Inggris menjelma menjadi tim Piala Dunia termahal kali ini dengan total nilai Rp20,2 triliun.

Selain Inggris, tim lain yang punya koleksi skuad berlabel harga tinggi adalah Brasil dengan total nilai pemain Rp17,8 triliun, lalu Perancis dengan total nilai pemainnya setara Rp16,1 triliun dan Portugal senilai Rp15 triliun.

Baca juga: Harga Mobil Listrik di Bawah Rp 1 M, Dapat Apa Saja?

Bayangkan saja, jika dibelikan deretan mobil mewah Toyota Supra, maka tim Piala Dunia termahal Inggris senilai Rp20 triliun itu dapat dibelikan sebanyak 9.727 mobil. Atau jika dibelikan BMW 7 Series 740Li Opulence akan terbeli sebanyak 7.713 mobil.

toyota supra

Tertarik memiliki mobil-mobil di atas? Awas Kena Gocek, langsung aja cek di SEVA. Ada fitur Loan Calculator buat kasih perhitungan kredit paling terjangkau. Plus, fitur Instant Approval yang memberi persetujuan kredit mobil tercepat cuma hitungan menit.

Semua proses beli mobil serta perhitungannya, dijamin #JelasDariAwal. Tunggu apalagi, wujudkan mimpi punya mobil impian sekarang juga!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.