Tips & Rekomendasi

Tips Merawat Coating Mobil Agar Tetap Awet dan Mengilap

Apa itu coating mobil? Yuk, cari tahu lebih dalam bagaimana proses, merawatnya serta kesalahan yang sering dilakukan pemiliknya

merawat coating mobil

Apa itu coating mobil dan mengapa kamu perlu merawat coating mobil? Nano Ceramic Coating atau sering disebut orang dengan proses coating merupakan satu dari beberapa langkah proteksi cat pada kendaraan

Prosesnya dilakukan dengan memberi lapisan Nano Ceramic pada permukaan cat bagian terluar sehingga kondisi cat mobil biasanya akan lebih terjaga. Selain itu, ada beberapa kelebihan coating mobil lainnya. Apa saja?

Kelebihan coating mobil

harga coating mobil

Pertama, memberi perlindungan dari goresan. Semakin berkualitas lapisan coating maka semakin tinggi pula melindungi dari baret halus. 

Baca juga: Review Fitur Daihatsu Ayla Terbaru, Ubahannya Signifikan dan Bikin Nyaman

Kedua, kelebihan dari apa itu coating mobil ialah melindungi dari tumbuhnya jamur dan noda air hujan. Utamanya di musim hujan, cat mobil dapat menjadi lembab dan berpotensi membuat jamur pada cat kendaraan. Lapisan silika coating bisa menangkal hal tersebut.

Ketiga, mencegah warna pudar. Tentu saja, cat mobil lebih berkilau dalam waktu lama dan tidak kusam karena terlindungi oleh lapisan coating

Kelebihan coating mobil yang terakhir adalah membuat nilai jual kembali kendaraan kamu tetap stabil. 

Tips merawat coating mobil

car wash

Nah, agar tidak sia-sia setelah melakukan coating mobil berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawatnya.

Baca juga: Penghapusan Pajak Progresif dan BBNKB II, Provinsi Mana yang Sudah Menerapkannya?

  1. Hindari cuci mobil di bawah sinar matahari langsung. Hal ini dapat membuat air cepat menguap dan meninggalkan bekas bercak air pada lapisan pelindung cat.
  2. Hindari mencuci mobil yang baru saja digunakan atau masih dalam keadaan panas karena akan membuat sabun dan air cepat menguap.
  3. Gunakan sabun mobil yang tepat. Pilihlah sabun mobil yang diformulasikan khusus untuk mobil coated atau nano coated, hindari menggunakan sabun cuci piring atau sabun mandi.
  4. Gunakan spons mobil yang lembut. Spons yang terlalu kasar dapat menyebabkan goresan pada permukaan lapisan pelindung cat mobil.
  5. Keringkan mobil dengan lembut. Gunakan kain chamois dan microfiber untuk mengeringkan mobil. Hindari menggosok mobil terlalu keras dengan handuk atau kain yang kasar.
  6. Hindari menggunakan semir atau produk pembersih berbasis silikon. Produk semacam itu bisa merusak lapisan pelindung cat mobil.
  7. Lakukan perlindungan tambahan. Selain perawatan rutin, pastikan mobil dilindungi dari paparan sinar matahari dengan memakai cover, parkir di tempat teduh seperti garasi agar lapisan pelindung cat mobil bertahan lama.

Harga coating mobil

Untuk mendapatkan layanan ini, harga coating mobil cukup beragam. Biasanya penentuan harga coating mobil berdasarkan besar kecilnya kendaraan serta kualitas pengerjaan.

Namun, sebagai gambaran umum, harga coating mobil di Jakarta berkisar antara Rp3 juta hingga Rp10 juta atau bahkan lebih untuk layanan yang lebih premium.

Baca juga: Cegah Macet Mudik Jalan Tol Sebaiknya Pakai Sistem Terbuka, Apa Maksudnya?

Di wilayah DKI Jakarta, lokasi coating mobil terdekat cukup banyak. Kamu dapat menemukannya melalui mesin pencari pada smartphone dengan mudah. 

Namun sebagai referensi, berikut SEVA berikan beberapa lokasi coating mobil terdekat berdasarkan wilayah. Di Jakarta Selatan ada Mark Protection Mampang, Saviour Autodetailing, MICLEAN Auto Detailing Lebak Bulus dan SCUTO Casablanca.

coating mobil

Untuk di daerah Jakarta Pusat, lokasi coating mobil terdekat misalnya adalah SCUTO Cideng, Detailer Garage Kemayoran, High Gloss Jakarta dan OTO Glossy. Kemudian wilayah Jakarta Barat ada Coating Mobil Boss dan Profitzz Nano Ceramic.

Baca juga: Oli Mesin Berkurang, Sebaiknya Ganti Oli atau Langsung Tambah Saja?

Untuk wilayah Jakarta Timur ada 511 Autocare, Autonet Care, SCUTO Otista dan Shimax Auto Nano. Sementara di Wilayah Jakarta Utara ada Coating Garage, Opti Indo dan Auto Lounge Premium

Sudah tahu mana bengkel coating yang berada paling dekat dengan loaksi kamu? Pastikan untuk merawat cat usai melakukan coating mobil agar kilap dan efek perlindungannya lebih bertahan lama.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi
Supergraphic left
Supergraphic right

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.