Tips & Rekomendasi

Jangan Mengisi Air Wiper Mobil pakai Sabun, Apa Alasannya?

Cairan pembersih kaca mobil atau air wiper sebaiknya menggunakan larutan khusus. Ini sebabnya kenapa dilarang pakai sampo mandi.

air wiper

Air wiper mobil menjadi salah satu komponen penting untuk keselamatan berkendara utamanya di musim penghujan. Kandungan cairan di dalamnya dapat membantu kaca mobil tetap jernih sehingga meningkatkan visibilitas pengemudi saat hujan lebat.

Namun, seringkali pemilik kendaraan mengabaikan cairan ini dan mengisinya dengan air sabun mandi, campuran deterjen pencuci pakaian atau bahkan sampo. Anggapannya bahwa cairan-cairan ini dapat memiliki efek sama yaitu membersihkan kaca mobil

Padahal, anggapan ini tidak tepat dan justru bisa menimbulkan masalah lain pada kendaraan. Mengapa demikian? Apakah harus mengisi dengan cairan khusus? Apa rekomendasi air wiper yang cocok bagi kendaraan?

Kebiasaan yang salah

air habis

Berikut efek negatif yang dapat timbul akibat kesalahan mengisi cairan ini dengan sabun atau sampo. 

Baca juga: Cegah Kendaraan Bodong, Yuk Bayar Pajak Lewat Aplikasi!

  1. Sabun cair yang digunakan untuk mencuci piring atau mencuci baju, mengandung bahan kimia yang dapat meninggalkan noda pada kaca mobil. 
  2. Sering pakai sabun cair justru dapat membuat saluran wiper tersumbat. Jika didiamkan dapat membuat motor penggerak lemah dan rusak.
  3. Penggunaan deterjen justru dapat mengurangi visibilitas pengemudi akibat busa yang timbul dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Agar lebih dipahami, kenali fungsi dan beberapa rekomendasi dan harga air wiper yang dapat kamu pilih untuk kendaraanmu.

Fungsi air wiper

air wiper

Cairan wiper mobil berfungsi tidak hanya untuk membersihkan kaca dari kotoran yang menempel. Akan tetapi fungsi lainnya juga membuat permukaan kaca mobil tetap licin sehingga menyulitkan debu dan kotoran menempel di sana.

Terbiasa mengisi cairan wiper mobil dengan cairan sampo dan sabun mandi atau deterjen justru dapat membuat noda pada kaca mobil. Selain itu, kandungan kimia pada cairan itu dapat membuat kerusakan misalnya karet wiper mobil menjadi cepat getas.

Baca juga: 6 Penyebab Wiper Mobil Mati dan Solusinya

Wiper fluid atau cairan wiper mobil sebaiknya menggunakan larutan khusus yang telah disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan. Serta tidak merusak karet wiper ataupun bodi mobil.

Rekomendasi air wiper

air wiper

Jika kamu bingung memilih wiper fluid yang cocok untuk kendaraan, beberapa merek yang beredar di pasaran contohnya adalah Kit Water Fluid, Otogard Gold Line Wiper Fluid, dan Sonax Clear View. 

Merek-merek tersebut memiliki kemasan yang bervariasi, mulai dari 300 mililiter sampai dengan 3,5 liter. Wiper fluid ini ada yang berbentuk konsentrat yang perlu dicampur air sebelum digunakan. Perhatikan dan ikuti petunjuk yang tercantum di kemasannya.

Baca juga: Lampu Sein Mobil Mati Mendadak, Apa Saja Penyebabnya?

Jika kamu mencari rekomendasi air wiper yang dapat merontokkan kerak pada kaca mobil sekaligus mencegah jamur timbul, beberapa mereknya adalah New Clean Wiper Wash, Otobi Glass Polish Compound serta Megacool Wiper Fluid.

uang lama

Harga air wiper mobil atau wiper fluid cukup bervariasi, mulai di bawah Rp50 ribuan sampai Rp100 ribuan per botol. Sementara untuk harga air wiper New Clean Wiper Wash dibanderol cukup tinggi sekitar Rp180 ribu per botol.

Kamu juga dapat mengisi air wiper mobil dengan air suling atau cairan penambah air aki yang lebih murah harganya. Per botol ukuran satu liter biasanya dijual Rp10 ribu. Belilah cairan air aki dengan tutup botol biru, isikan langsung ke tabung reservoir.

Jadi mulai sekarang, hindari penggunaan air wiper dari larutan sabun atau sampo. Tidak mau kan kaca mobil justru menjadi kusam, bernoda dan berisiko ditumbuhi jamur?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi
Supergraphic left
Supergraphic right

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.