Search Cars

Berita Utama Otomotif

Tiga Kebiasaan Penting Sebelum Mematikan Mesin Mobil

Tiga Kebiasaan
Foto oleh Erik Mclean

Tiga kebiasaan penting – Seringkali, kita terburu-buru keluar mobil setelah sampai di tujuan dan langsung mematikan mesin. Padahal, ada beberapa kebiasaan penting yang sebaiknya di lakukan sebelum mesin mobil kamu di matikan. Kebiasaan ini bertujuan untuk menjaga performa mesin mobil dan menghindari potensi kerusakan di masa depan. Yuk, simak tiga kebiasaan penting yang perlu kamu lakukan sebelum mematikan mesin mobil!

1. Biarkan Mesin Idle Beberapa Saat

Setelah menempuh perjalanan jauh, terutama di jalan tol atau stop-and-go yang padat, jangan langsung mematikan mesin mobil begitu saja. Biarkan mesin mobil idle atau langsam selama 30 detik hingga 1 menit.

Kenapa? Ketika mesin bekerja dalam putaran tinggi untuk waktu yang lama, seperti di jalan tol, turbocharger (pada mobil yang memilikinya) bekerja ekstra untuk memasokkan udara ke mesin. Membiarkan mesin idle sejenak membantu mendinginkan turbocharger dengan aliran oli mesin yang lancar sebelum mesin di matikan.

Selain itu, kebiasaan ini juga membantu oli mesin bersirkulasi dengan baik dan melumasi seluruh komponen mesin dengan optimal. Oli yang di diamkan terlalu lama di dalam mesin panas berpotensi mengental dan kurang efektif dalam melumasi mesin.

2. Matikan AC Sebelum Mematikan Mesin

Kebiasaan mematikan AC mobil secara langsung sebelum mesin di matikan sebenarnya kurang baik. Hal ini dapat menyebabkan evaporator AC menjadi lembap dan di ngin. Kondisi ini bisa memicu pertumbuhan jamur yang nantinya bisa menimbulkan bau tidak sedap saat AC kembali di hidupkan.

Sebaiknya, matikan AC mobil 2-3 menit sebelum mesin di matikan. Biarkan blower AC tetap menyala pada kecepatan rendah. Ini akan membantu mengeluarkan udara di ngin dan lembap yang tersisa di evaporator AC.

3. Perhatikan Kondisi Parkir

Pastikan kamu memarkirkan mobil di tempat yang aman dan permukaannya rata sebelum mematikan mesin. Hindari kebiasaan mematikan mesin saat mobil masih dalam keadaan gigi (berkecepatan).

Mematikan mesin dalam kondisi gigi masih terhubung ke roda bisa membuat komponen transmisi mobil tertekan. Selain itu, pastikan rem tangan terpasang dengan baik untuk mencegah mobil bergerak liar yang tidak di inginkan.

Tiga Kebiasaan Sepele yang Berdampak Besar

Melakukan tiga kebiasaan sederhana di atas sebelum mematikan mesin mobil mungkin terlihat sepele. Namun, kebiasaan ini memiliki dampak yang besar terhadap performa dan umur pakai mesin mobil kamu.

Dengan membiarkan mesin idle sejenak, kamu membantu menjaga umur pakai turbocharger dan kesehatan oli mesin. Mematikan AC sebelum mesin di matikan mencegah pertumbuhan jamur dan bau tidak sedap di dalam kabin. Terakhir, mematikan mesin dalam kondisi parkir yang aman dan rem tangan terpasang menjaga keamanan dan keselamatan kamu serta orang lain.

Jadi, mulai sekarang yuk biasakan di ri untuk melakukan tiga kebiasaan penting ini sebelum mematikan mesin mobil kesayangan kamu!

Selain kebiasaan di atas, jangan lupa untuk melakukan servis mobil secara rutin sesuai anjuran pabrikan. Dengan perawatan yang baik, performa mesin mobil kamu akan tetap terjaga dan bebas masalah.

Selamat berkendara!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.