Sedan dan Hatchback Pilihan untuk Mobil Keluarga Kecil

Untuk yang sudah berkeluarga punya mobil bisa jadi sebuah kebutuhan. Masih bingung? Ini sedan dan hacthback untuk mobil keluarga kecil.

mobil keluarga

Memiliki mobil pribadi adalah dambaan setiap orang. Terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga dan punya anak, tentunya dengan mobil pribadi akan memudahkan jika ingin jalan-jalan, walau hanya sekedar ke pusat perbelanjaan.

Banyak hal yang dipertimbangkan ketika ingin memiliki mobil pribadi, apalagi itu menjadi mobil pertama dan peralihan dari motor ke mobil. Atau, menjadi mobil keluarga.

Faktor kenyamanan kabin, daya angkut, spesifikasi dan fitur, keamanan, serta penampilan luar tentunya bakal menjadi pertimbangan.

Kira-kira pertimbangannya seperti kemampuan mengangkut empat orang, kabin yang nyaman disertai ruang penyimpanan luas, memiliki fitur keselamatan, kemudahan untuk diajak melintasi jalanan dengan kontur jalan beragam, serta memiliki jaringan servis dan bengkel resmi yang luas, bahkan di pelosok daerah sekalipun.

Baca juga: Panduan Jenis Mobil dan Perbedaannya Secara Lengkap

Tak lupa, harga juga menjadi faktor utama yang dipertimbangkan. Bingung mobil seperti apa? Ini sedan dan hacthback untuk mobil keluarga kecil.

mobil keluarga

Toyota New Vios

Dari sektor eksterior, hal yang banyak mencuri perhatian adalah desain front grille dengan garis horizontal yang semakin memanjang di area atas, serta dipadukan desain headlamp yang membuat penampilan Toyota New Vios semakin sporty.

Sentuhan kemewahan tercermin saat masuk ke area dalam kabin yang didominasi warna beige. Desain dashboard dan struktur jok Toyota New Vios terfokuskan pada faktor ergonomika yang lebih baik sekaligus kenyamanan saat digunakan dalam perjalanan jarak jauh.

Baca juga: Pilihan Harga Mobil Sedan Bekas di Bawah Rp 250 juta

Interior Toyota New Vios juga semakin canggih dan mudah terkoneksi dengan smartphone berkat fitur hiburan Audio Infotainment System yang menggunakan 7 inchi HD Display, DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, HDMI, BLUETOOTH (audio dan phone), iPod Ready, Miracast, Weblink, Multitasking Window, dan Remote Apps.

mobil keluarga

Dari segi fitur keselamatan aktif, kini Toyota New Vios sudah dibekali fitur ABS + EBD + BA, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS).

Sedangkan untuk fitur keselamatan pasif, small sedan ini didukung seat belt 3 titik di semua area jok, serta total 7 airbag yang terdiri dari Supplemental restraint system (SRS) Driver Passenger, SRS Side Airbags, SRS Curtain Shield Airbags (CSA), and SRS Knee Airbags.

Performa impresif siap tersaji setiap pengguna Toyota New Vios menginjak pedal gas. Pasalnya kini mesin 2NR-FE 1.500 cc Dual VVT-i dirancang dengan tingkat kebisingan lebih rendah dan lebih bertenaga, sehingga cocok dijadikan sebagai mobil keluarga.

Lihat Produk

mengendarai city car

Toyota All New Yaris

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota All New Yaris pada awal Februari 2018. Toyota All New Yaris memiliki beberapa tipe, mulai dari paling bawah ada E MT, lalu E CVT, G MT, G CVT, dan tertingginya TRD Sportivo MT untuk manual dan yang bertransmisi otomatis TRD Sportivo CVT.

Dari depan, mobil hatchback andalan Toyota ini dihiasi dengan bentuk lampu utama yang lebih menyipit, meruncing, dan tegas. LED daytime running lamp (DRL) yang pada seri sebelumnya berada di bawah bumper kini bergeser ke atas, tepat di bawah lampu utama.

Toyota All New Yaris sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman tiga titik untuk pengemudi dan seluruh penumpangnya. Bahkan penumpang tengah di jok belakang.

Airbag? Sudah pasti! Tapi yang istimewa, ada tujuh buah airbag. Dua di bagian depan, sisi kanan pengemudi, lutut pengemudi, sisi kiri penumpang depan, serta dua curtain airbag.

Baca juga: Apa Saja yang Ada di Toyota All New Yaris 2018?

Fitur keamanan pada pengereman juga tak kalah lengkap. Sudah ada Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Khusus tipe TRD Sportivo dilengkapi dengan Emergency Brake Signal, ini berfungsi saat sedang melaju kencang tiba-tiba melakukan rem mendadak, lampu hazard akan otomatis menyala sebanyak tiga kedipan.

Masuk ke interior, dashboard, speedometer, layar multi information display (MID), audio head unit layar sentuh tujuh inci, pengaturan AC digital, hingga tuas transmisi semuanya baru, tetap memberi kenyamanan bagi pengemudi dan seluruh penumpang.

Nah, ini yang sangat beda. Sensasi mengemudi hatchback ini mirip mobil sport, dengan adanya paddle shift di belakang lingkar kemudi. Ada juga mode berkendara yang dapat dipilih, yaitu Normal, Eco, dan Sport.

Toyota All New Yaris dibekali mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc. Jantung pacunya tersebut didukung juga oleh teknologi Dual Variable Valve Timing with Intelligence (VVT-i).

Mesin ini sudah terbukti memberikan efisiensi terhadap penggunaan bahan bakar, baik yang menggunakan transmisi manual maupun otomatis.

Lihat Produk

mobil keluarga sirion

New Daihatsu Sirion

New Daihatsu Sirion mendapat penambahan aerokit dan side stone guard baru, menjadikan eksteriornya lebih fresh. Dilengkapi dengan audio head unit yang lebih besar dan fitur yang lebih canggih seperti Mirror Link. Tersedia dalam 5 pilihan warna dengan 2 pilihan warna terbaru, yaitu Electric Blue Metallic dan Granite Gray Metallic.

Pada bagian depan, Sirion menggunakan LED headlamp dengan pengaturan yang dipadukan dengan LED rear combi lamp di bagian belakangnya sehingga membuat hatchback ini terlihat modern dan sporty.

Lalu, New Daihatsu Sirion mengadopsi key free system sehingga memudahkan pengendara untuk masuk ke dalam kabin. Untuk menghidupkan atau mematikan mesin, pengendara cukup menekan start/stop button saja.

Baca juga: Daihatsu Sirion Menjadi Solusi Bagi Masyarakat Perkotaan

Ada juga audio phone handsfree steering switch, yang membuat pengendara aman untuk mengangkat telepon ketika sedang berkendara, pengaturan AC digital, serta dua buah power outlet untuk penumpang depan dan belakang.

mobil keluarga sirion

Untuk urusan keamanan, New Daihatsu Sirion dibekali dengan ABS, EBD, VSC, traction control, ISOFIX, empat buah airbag yang terdapat di depan dan di samping jok, sabuk pengaman tiga titik untuk penumpang di baris kedua, serta seat belt reminder untuk pengemudi dan penumpang. Sangat lengkap bukan?

New Daihatsu Sirion menggunakan mesin baru 1NR-VE Dual VVT-i berkapasitas 1.300 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 95 PS dan torsi maksimum sebesar 12.2 kg-m. Ditambah dengan teknologi Drive-By-Wire yang disematkan di mobil ini semakin meningkatkan performa dalam berkendara.

Lihat Produk

Jadi, dari beberapa pilihan mobil keluarga di atas, manakah yang kira-kira jadi favoritmu? Jangan lupa untuk memilih yang sesuai budget dan juga kebutuhan ya.

Jika masih bingung, kamu juga bisa melihat Seva.id untuk mencari tahu, mobil keluarga mana yang pas untuk dijadikan pilihan. Selamat berburu mobil idaman!