Search Cars

Tips & Rekomendasi

Penjelasan Apa Itu Torsi Mobil, Benarkah Berpengaruh Pada Kecepatan?

Apa itu torsi mobil? Banyak yang mengira hal ini berhubungan dengan kecepatan laju mobil. Padahal punya makna berbeda loh.

apa itu torsi mobil

Membedakan apa itu torsi mobil dan tenaga perlu diketahui oleh pengemudi. Masih banyak loh yang belum bisa memahami perbedaan dan anggap keduanya adalah istilah yang sama.

Di dalam buku panduan pengguna, atau pada brosur-brosur kendaraan jamak tertulis torsi mobil dalam satuan Newton meter (Nm). Besarnya gaya tersebut banyak yang salah mengartikan sebagai besaran tenaga. Padahal nyatanya, itu keliru.

Dalam bidang fisika, istilah torsi merujuk kepada momen atau gaya yang membuat suatu benda berputar, atau secara mudah dipahami sebagai gaya yang membuat suatu benda berotasi.

Apa itu torsi mobil?

apa itu torsi mobil

Lalu apa itu torsi mobil? Di dalam dunia otomotif, istilah ini merujuk kepada suatu hasil gerakan akibat gaya atau dorongan yang terjadi antara piston dan poros engkol. Semakin cepat dorongan tersebut, maka angka torsi akan semakin besar.

Baca juga: Service Mobil di Bulan Pertama, Apa Saja Pentingnya?

Fungsi utama torsi adalah sebagai daya dorong agar mobil mendapat akselerasi yang baik. Biasanya torsi mobil ditransfer ke bagian roda, yang kemudian ditransmisikan oleh perseneling pada susunan gigi mobil.

Jadi dapat disimpulkan apa itu torsi mobil sangat berhubungan dengan putaran mesin yang menghasilkan tenaga pada unit kendaraan. Jika putaran mesin semakin cepat, maka tenaga mobil akan semakin meningkat secara otomatis akselerasinya juga baik.

Sebagai contoh, mobil mobil torsi besar misalnya BMW 5 Series 520i M Sport yang punya tenaga maksimal 184 daya kuda serta torsi puncak 290 Nm dan BMW X5 xDrive40i X Line dengan tenaga 340 daya kuda dan torsi puncaknya 450 Nm. 

Baca juga: Apa Sih Mobil BMW Paling Laku di Indonesia?

Mobil torsi besar lainnya sebut saja Peugeot 5008 dengan tenaga maksimal 167 daya kuda dan torsi puncak 240 Nm dan Isuzu MU-X yang punya tenaga maksimal 147 daya kuda dan torsi puncak 350 Nm.

Torsi dan kecepatan

speedometer mobil

Lalu apakah mobil torsi besar juga punya kecepatan yang makin cepat? Penjelasan singkatnya adalah mobil dengan torsi yang besar akan lebih cepat juga mencapai kecepatan maksimum dalam waktu yang singkat.

Jadi dapat disimpulkan, hubungan torsi dan kecepatan maksimal adalah dari segi waktu. Sedangkan kecepatan mobil umumnya ditentukan dari tenaga mesin yang tergantung pada kinerja dan panjang piston. Ini tidak berhubungan dengan besarnya torsi pada mesin.  

Baca juga: Rekomendasi Mobil Cicilan Termurah Biar Budget Ga Offside

Torsi dan kecepatan biasanya juga berhubungan dengan konsumsi bahan bakar. Karena umumnya torsi maksimal dan kecepatan dihasilkan dari putaran mesin (RPM) tinggi sehingga kinerja mesin lebih boros BBM.

Tips irit BBM

umur ban mobil

Agar mobil lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar, sebaiknya ikuti beberapa tips di bawah ini.

  • RPM sedang. Jangan biarkan putaran mesin melebihi angka 2.500 agar konsumsi bahan bakar tetap terjaga.
  • Tekanan angin ban ideal. Selalu pastikan tekanan angin pada ban mobil sesuai ketentuan dari buku panduan. Biasanya ban mobil memiliki rekomendasi tekanan di angka 30-33 Psi.
  • Rawat mesin. Rajinlah melakukan servis berkala pada mesin sehingga kinerjanya terjaga dan tentu membuat mesin irit BBM.
  • Kinerja busi. Karena berhubungan dengan proses pembakaran, maka busi sebagai komponen utama pembakaran harus terjaga performanya. Rawat busi dengan membersihkan dan mengeceknya setiap 10 ribu kilometer.

Sejumlah tips tadi dapat membuat mobil lebih irit BBM. Jadi jelas ya, apa itu torsi mobil dan hubungannya dengan kecepatan serta kemampuan irit BBM

Baca juga: Alasan Toyota Avanza G Tetap Menjadi yang Paling Laris

Torsi mobil besar bukan berarti dapat dipacu seenaknya di jalan raya. Ingat untuk selalu  berkendara dengan bijaksana dan waspada.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.