Search Cars

Berita Utama Otomotif

Panduan Isi E-toll bagi Pengguna Baru, Bayar Tol Cepat dan Mudah!

Panduan Isi E-toll bagi Pengguna Baru: Bayar Tol Cepat dan Mudah!

Panduan Isi E-toll, Ingin mengakali macet dan bayar tol lebih cepat? E-toll adalah solusinya! Kartu elektronik ini kini menjadi metode pembayaran utama di gerbang tol seluruh Indonesia. Namun, bagi pengguna baru, e-toll mungkin terlihat agak membingungkan. Tenang saja! Lewat panduan ini, kamu akan mengerti cara isi saldo e-toll dan bayar tol dengan mudah.

Mengenal Jenis E-toll

Pertama, kenali dulu dua jenis e-toll yang beredar saat ini:

  • Kartu E-toll: Bentuknya seperti kartu ATM dan bisa di beli di gerbang tol, minimarket, supermarket, bank, dan pom bensin pertamina tertentu. Setiap kartu e-toll memiliki saldo yang bisa di isi ulang.
  • Sticker E-toll: Bentuknya seperti stiker tipis yang di tempel pada kaca mobil. Sticker e-toll terhubung dengan rekening bank kamu dan biasanya di keluarkan oleh bank tertentu. Saldo e-toll akan terpotong langsung dari rekening saat melintasi tol.

Cara Mendapatkan E-toll

Membeli Kartu E-toll:

  • Gerbang Tol: Kamu bisa langsung membelinya di loket penjualan kartu e-toll di gerbang tol saat pertama kali masuk tol. Biasanya petugas akan membantu proses pengisian saldo perdana.
  • Minimarket dan Supermarket: Beberapa minimarket dan supermarket seperti Indomaret, Alfamart, dan lainnya menyediakan penjualan kartu e-toll. Proses pembayaran dan pengisian saldo perdana biasanya di lakukan di kasir.
  • Bank dan ATM: Bank tertentu mengeluarkan kartu e-toll khusus mereka. Kamu bisa mendapatkan kartu e-toll ini di cabang bank terkait atau melalui mesin ATM dengan fitur pembuatan kartu e-toll.
  • Pom Bensin Pertamina: Beberapa pom bensin Pertamina juga menjual kartu e-toll. Tanyakan ketersediaan kartu e-toll ke petugas pom bensin sebelumnya.

Mendapatkan Sticker E-toll:

Sticker e-toll biasanya hanya bisa di terbitkan oleh bank tertentu melalui proses pendaftaran online atau di cabang bank. Perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku di masing-masing bank penerbit sticker e-toll.

Cara Isi Saldo E-toll

Setelah mendapatkan kartu e-toll, kamu perlu mengisi saldo sebelum bisa di gunakan untuk bayar tol. Ada beberapa cara isi saldo e-toll yang bisa kamu pilih:

  • ATM: hampir semua ATM bank di Indonesia menyediakan fitur isi saldo e-toll. Pilih menu “Transaksi Lainnya” lalu pilih “Isi Ulang E-Money”. Masukkan kartu e-toll kamu ke mesin ATM, masukkan nominal saldo yang di inginkan, dan selesaikan transaksi sesuai
  • Mesin MTM (Mandiri Top Up Machine): Mesin ini tersedia di banyak minimarket, supermarket, dan tempat umum lainnya. Pilih menu “Isi Saldo E-Toll”, tempelkan kartu e-toll kamu ke mesin, masukkan nominal saldo yang di inginkan, dan selesaikan transaksi dengan membayar tunai atau menggunakan kartu debit/kredit.
  • Aplikasi Mobile Banking: Banyak bank menyediakan fitur isi saldo e-toll pada aplikasi mobile banking mereka. Download aplikasi mobile banking bank yang kamu gunakan, pilih menu “Transaksi” lalu pilih “Isi Saldo E-Money”. Masukkan nomor kartu e-toll kamu, masukkan nominal saldo yang di inginkan, dan selesaikan transaksi dengan merekam pembayaran atau memasukkan PIN transaksi.
  • Gerbang Tol: Beberapa gerbang tol menyediakan layanan isi saldo e-toll. Tanyakan ketersediaan layanan ini ke petugas gerbang tol sebelumnya.

Cara Bayar Tol dengan E-toll

Membayar tol dengan e-toll sangat mudah dan cepat:

  1. Pastikan saldo e-toll kamu cukup untuk membayar tarif tol. Kamu bisa melihat saldo e-toll di ATM, mesin MTM, atau aplikasi mobile banking.
  2. Saat mendekati gerbang tol, perlambat kecepatan mobil dan alihkan ke jalur e-toll. Perhatikan rambu-rambu dan petunjuk di gerbang tol.
  3. Hentikan mobil di depan antrian e-toll. Pastikan kartu e-toll kamu sudah terpegang atau tertempel di kaca mobil.
  4. Tunggu palang otomatis terbuka. Palang otomatis akan terbuka secara otomatis jika saldo e-toll kamu cukup dan kartu e-toll di tempatkan dengan benar.
  5. Lanjutkan perjalanan kamu. Hindari berhenti atau melambat di depan palang otomatis setelah terbuka untuk menjaga kelancaran lalu lintas.

Tips Hemat Saldo E-toll

  • Gunakan aplikasi peta online yang menampilkan informasi tarif tol. Dengan mengetahui tarif tol sebelum berkendara, kamu bisa memperkirakan saldo yang di perlukan dan menghindari pengisian saldo berlebihan.
  • Gunakan jalur tol tercepat atau alternatif yang mungkin lebih hemat waktu dan biaya tol.
  • Isi saldo e-toll sesuai kebutuhan. Hindari mengisi saldo terlalu banyak untuk meminimalisir risiko kehilangan kartu e-toll.
  • Gunakan promo atau di skon yang tersedia di beberapa bank atau penyedia layanan e-toll.

E-toll memudahkan transaksi pembayaran tol dan membantu mengurangi kemacetan. Dengan memahami cara isi saldo dan bayar tol dengan e-toll yang telah di jelaskan dalam panduan ini, kamu bisa menikmati perjalanan yang lebih nyaman dan efisien. Selamat mencoba!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.