Mitos atau Fakta, Odometer Digital Mobil Bisa Dipalsukan?

By Arris Riehady - Oktober 22, 2020

Banyak digunakan oleh kendaraan modern saat ini, tapi masih bisakah odometer digital mobil dipalsukan?

odometer digital

Bila ingin membeli mobil bekas, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisinya. Salah satunya adalah dengan melihat jarak tempuh pada odometer.

Sebelum lebih jauh, terdapat perbedaan odometer dan tripmeter. Selain odometer, mobil masa kini dilengkapi dengan tripmeter.

Lalu, apa perbedaan odometer dan tripmeter?

Tripmeter biasanya digunakan untuk mengukur jarak dalam sekali jalan, dari titik A ke titik B. Bila sudah selesai dan ingin mengetahui jarak perjalan selanjutnya, pemilik kendaraan dapat me-reset tripmeter untuk kembali ke 0.

Sementara odometer merupakan penunjuk jarak tempuh kendaraan secara keseluruhan, yaitu dari awal keluar pabrik sampai digunakan. Umumnya, angka pada odometer tidak bisa di-reset untuk kembali ke 0.

Baca juga: Apa Tujuan Ketok-Ketok Bodi Saat Beli Mobil Bekas?

Kenapa angka jarak tempuh di odometer menjadi salah satu parameter ketika ingin beli kendaraan bekas?

odometer digital

Jika jarak tempuh atau kilometer pada odometer sedikit, menandakan bahwa mobil tersebut jarang digunakan, sehingga kemungkinan performanya tetap terjaga dan suku cadangnya minim pergantian.

Sementara bagi yang membeli kendaraan bekas dengan odometer rendah, biaya perawatan bisa diminalisir. Mungkin hanya sekedar pengecekan berkala serta mengganti oli, busi, atau filter udara untuk menjaga performanya.

Kemudian, jenis odometer terbagi atas analog dan digital. Odometer analog bergerak secara mekanis dengan mengandalkan putaran angka pada panel instrumen.

Baca juga: Tips Memeriksa Mobil Bekas secara Menyeluruh

Namun, mobil modern saat ini kebanyakan sudah menggunakan odometer digital. Angka jarak termpuh tersaji dalam layar elektronik di panel instrumen, biasanya menjadi satu dengan MID (multi information display).

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!