Search Cars

Tips & Rekomendasi

Menu Buka Puasa Praktis yang Cocok Dimakan dalam Perjalanan

Memilih menu buka puasa saat dalam perjalanan sebaiknya yang mudah namun tetap bergizi. Kira-kira apa saja ya pilihannya?

menu buka puasa

Memilih menu buka puasa ketika sedang berada di jalan memang harus dilakukan secara teliti. Setelah menahan haus dan lapar selama kurang lebih 12 jam, pilihan makanan yang dikonsumsi tentu harus kaya akan kandungan gizi. 

Pada saat jadwal buka puasa bertepatan sedang berada di perjalanan, tentu makan di mobil bisa cukup menyulitkan. Untuk itu, bisa memilih camilan atau makanan kecil namun tetap bergizi yang lebih mudah untuk makan di mobil. 

Akan tetapi, meskipun mudah ketika makan di mobil sebaiknya pengemudi tidak memilih gorengan. Hal ini karena mengonsumsi gorengan cenderung tidak baik untuk kesehatan, apalagi jika melakukannya secara terus-menerus. 

Pilihan menu buka puasa

Dari sekian banyak makanan yang bisa dikonsumsi, ada apa saja ya pilihannya? 

Kurma

kurma

Salah satu menu buka puasa yang mudah adalah kurma yang memang bisa diandalkan untuk makan di mobil. Kurma merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti kalium, magnesium, vitamin B6, dan juga zat besi. 

Baca juga: Film Otomotif Terbaik yang Bisa Ditonton Saat Weekend Bareng Teman

Tidak hanya itu saja, kurma juga kata akan serat dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Jika belum sempat makan berat, kurma juga bisa diandalkan dibandingkan memilih makanan lain seperti gorengan. 

Buah-buahan

buah-buahan

Pilihan lainnya jika sudah memasuki jadwal buka puasa tapi masih berada di dalam perjalanan adalah buah-buahan. Jangan sampai memilih makanan yang tidak sehat karena akan ada dampak yang ditimbulkan. 

Misalnya saja, bahaya gorengan yang dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan beberapa keluhan. Seperti sakit tenggorokan, peningkatan kolesterol dan untuk jangka panjangnya bisa menyebabkan penimbunan lemak. 

Baca juga: Biar Gak Bosen, Yuk Cobain Mudik Lewat Pansela Jawa

Untuk buah-buahan, bisa memilih apel, pir, jeruk dan pisang yang kaya akan kandungan air dan serat. Makanan yang tinggi kandungan air ini sangat dibutuhkan karena pada saat berpuasa, tubuh kita akan kehilangan banyak air. 

Biskuit

biskuit

Pilihan menu buka puasa lainnya jika sudah memasuki jadwal buka puasa adalah biskuit. Ketika sedang berada di perjalanan, biskuit bisa menjadi pilihan karena bentuknya yang kecil dan mudah untuk dimakan. 

Pada umumnya biskuit mengandung gandum yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks ini sangat berguna untuk menahan lapar ketika sedang berada di perjalanan. 

Roti gandum

roti gandum

Jika sudah memasuki jadwal buka puasa tetapi masih berada di perjalanan, bisa juga memilih roti gandum. Mengonsumsi roti gandum ditambah dengan selai buah atau keju sudah cukup memenuhi kebutuhan tubuh ketika berbuka puasa.

Baca juga: Liburan ke Bali Via Tol, Habis Berapa Biayanya?

Namun perlu diperhatikan juga bahwa roti gandum memiliki tekstur yang kering sehingga pastikan minum air yang cukup. Dengan mengonsumsi roti gandum beserta toping tambahannya, perut sudah bisa terasa kenyang. 

Puding buah

menu buka puasa puding buah

Salah satu menu lainnya yang cukup mudah dikonsumsi saat berada di perjalanan adalah puding buah. Biasanya puding buah ditemukan juga pada saat momen-momen buka puasa bersama. 

Tidak hanya menyehatkan, puding buah juga bisa menyegarkan dan tidak repot jika harus dimakan di dalam mobil. Ada banyak jenis buah yang bisa dipilih, seperti mangga atau alpukat yang tentunya kaya akan kandungan nutrisi. 

Baca juga: Mobil Tujuh Penumpang dengan Kabin Paling Nyaman untuk Keluarga

Jadi, kalau sedang berada di perjalanan saat memasuki jadwal buka puasa tidak perlu bingung mencari makanan bergizi ya. Kira-kira menu mana yang kamu sukai nih?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.