Mengenal Cara Kerja Speed Gun, Alat Pengukur Laju Kendaraan

By Reka Harnis - Desember 15, 2020

Kini, polisi punya alat canggih bernama speed gun untuk mengukur kecepatan. Lalu, bagaimana ya cara kerjanya?

Cara kerja speed gun yang digunakan polisi Indonesia belum otomatis, melainkan harus digunakan secara manual. 

Awalnya, speed gun memiliki prinsip kerja menggunakan frekuensi dan gelombang suara, layaknya radar. Namun, seiring perkembangan teknologi, speed gun mulai menggunakan laser. 

Hal ini karena laser speed gun bergerak jauh lebih cepat dibandingkan dengan gelombang suara, sekitar 30 cm per nanodetik.

Selain itu, tingkat akurasinya juga sangat tinggi.  Speed gun dapat mendeteksi atau mengukur kecepatan kendaraan dengan jarak maksimal 300 meter.

Lalu bagaimana cara kerja speed gun

Caranya, petugas harus mengarahkan speed gun ke kendaraan yang terlihat melaju di luar batas kecepatan. Kemudian, apabila sudah ditentukan target, tarik tuas speed gun dalam waktu 3-4 detik. 

Baca juga: Mungkin Ini Bisa Jadi Pencegah Kecelakaan di Tol Cipularang

Setelah itu, hasil dari pengukuran kecepatan kendaraan, jarak pengguna speed gun dengan kendaraan, lokasi atau jalan pengambilan, serta nomor polisi kendaraan akan terlihat di layar komputer tablet.

Nantinya, data yang ditangkap alat ini akan langsung diteruskan ke petugas lain melalui jaringan internet.

Jika melewati batas kecepatan, polisi yang bertugas akan mengirim foto kendaraan tersebut ke petugas lain yang sudah menunggu di gerbang tol untuk langsung melakukan penindakan.

Berita Terkait

Author