Search Cars

Otomotif

Apa Perbedaan antara SUV, Hatchback, dan Crossover?

SUV, hatchback, dan crossover sekilas terlihat mirip, namun mereka memiliki beberapa perbedaan. Untuk mengetahui perbedaannya, yuk simak di bawah ini.

Apa Perbedaan antara SUV, Hatchback, dan Crossover?

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan roda empat, pasaran otomotif menyajikan berbagai jenis mobil yang bisa membantu mobilisasi Anda. Dari berbagai kendaraan yang ditawarkan itu, tipe SUV, hatchback, dan crossover menjadi deretan kendaraan yang banyak digunakan masyarakat tanah air.

 

Di antara ketiga tipe mobil itu, terdapat beberapa perbedaan yang kadang sedikit membingungkan konsumen yang saat membedakan karakter mereka.  Apalagi bagi masyarakat awam atau orang yang baru mengenal dunia otomotif, khususnya mobil.

 

Oleh karena itu, agar tidak bingung atau tertukar dalam mengenali mobil tipe SUV, Hatchback, dan Crossover, yuk, simak ulasan berikut ini.

 

SUV (Sport Utility Vehicle)

SUV merupakan salah satu kendaraan favorit masyarakat Indonesia. Mobil ini mempunyai keunggulan utama, yaitu dapat menerjang segala medan jalanan, baik on-road maupun off-road. Jika dilihat dari tampilan luar, SUV memiliki bodi yang bongsor dan tinggi. Hal itu disebabkan oleh suspensi dan dimensi ban yang cukup besar.

 

Selain itu, mobil tipe ini rata-rata dibekali dengan kapasitas mesin yang cukup besar. Lalu, pada bagian interior, kabin mobil SUV juga terbilang luas dan dapat menampung sekitar 5 sampai 7 orang penumpang di dalamnya.

 

Baca juga: Pilihan Mobil Baru SUV dengan Harga di Bawah Rp 500 Juta

 

Namun, berdasarkan rangka pembentuknya (chassis), mobil SUV dibedakan menjadi monokok dan ladder frame. Perbedaan di antara keduanya dapat dilihat dari sistem penggerak roda yang digunakan.

 

Untuk SUV monokok atau disebut juga compact SUV (urban SUV), biasanya mengandalkan sistem penggerak roda depan (FWD) atau semua roda (AWD), yang banyak dijadikan sebagai mobil perkotaan.

 

Sedangkan SUV ledder frame (truck based chassis) kebanyakan menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD), yang mempunyai kemampuan untuk menerjang segala medan.

 

Ada beberapa mobil SUV terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda, di antaranya ialah Toyota Fortuner, BMW X1, Isuzu MU-X, Peugeot 3008, dan lain-lain.

 

Crossover

Dilansir dari berbagai sumber, Crossover adalah tipe mobil yang berada di antara SUV dan MPV. Apabila kita melihat pada tampilan bodinya, Crossover mempunyai desain yang tidak jauh berbeda dengan SUV.

 

Tampilan Crossover didesain dengan ground clearance yang sedikit lebih rendah daripada SUV pada umumnya. Lalu, Crossover juga menggunakan struktur unibody atau monokok, yang secara otomatis menghasilkan bobot lebih ringan. Tipe ini rata-rata menggunakan penggerak roda depan sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

 

 

Baca juga: Penumpang Belakang Juga Wajib Pakai Sabuk Pengaman, Ini Alasannya!

 

Salah satu model mobil Crossover yang berada di pasaran antara lain adalah Toyota C-HR. Bila Anda tertarik untuk memilikinya, Anda bisa mendapatkan C-HR di Seva.id.

 

 

 

 

Hatchback

Selain SUV dan crossover, tipe mobil lainnya yang sering terlihat lalu-lalang di jalanan adalah hatchback. Mobil compact ini berbasis sedan yang dapat menampung sekitar 4—5 orang penumpang. Bedanya, hatchback tidak memiliki buntut layaknya sedan. Bagasinya menyatu dengan kabin.

 

Baca juga: Lagu-lagu Cozy yang Harus Diputar Saat Road Trip

 

Biasanya, hatchback banyak digunakan sebagai kendaraan harian, terutama di jalanan perkotaan yang mengharuskan pengemudi untuk stop and go selama perjalanan. Dengan memanfaatkan ukurannya yang kecil, hatchback sangat mendukung pengendara, terutama saat keadaan macet atau melewati jalanan sempit.

 

Contoh mobil Hatcback yang banyak digunakan ialah mobil Toyota Yaris, Toyota Agya, Daihatsu Sirion, dan Ayla.

Mudah kan untuk membedakannya? Dari tipe mobil di atas, yaitu SUV, hatchback, dan crossover, mana yang menjadi favorit Anda? Atau, Anda sudah memiliki rencana untuk memiliki salah satunya? Untuk memenuhi hal itu, Anda dapat mencari mobil idaman Anda di Seva.id.

 

Dengan bertransaksi di Seva.id, membeli kendaraan akan terasa jauh lebih cepat, mudah, dan aman. Jadi, tunggu apalagi, segera temukan mobil impian Anda sekarang di Seva.id.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.