Search Cars

Berita Terbaru

Jangan Sembarangan, Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Masuk Jalur Contra Flow

Jalur contraflow diberlakukan pada arus mudik, simak aturannya agar perjalanan lancar dan terhindar dari risiko kecelakaan.

jalur contra flow

Sebelum dilakukan jalur contra flow, peningkatan volume kendaraan saat mudik lebaran 2023 sudah terlihat sejak H-3 atau awal libur cuti bersama pada Rabu 19 April 2023. Imbasnya  beberapa ruas jalan tol terjadi kemacetan lalu lintas.

Arus mudik Lebaran 2023 sendiri diprediksi akan mencapai puncaknya pada H-1 atau Jumat 21 April 2023. Untuk menyiasati kemacetan lalu lintas berbagai rekayasa lalu lintas diterapkan untuk memperlancar arus mudik salah satunya adalah sistem contra flow.

Jalur contraflow sendiri diberlakukan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas pada ruas jalan tertentu dengan cara mengubah arus lalu lintas menjadi berlawanan, bukan menutup salah satu arus jalan

Baca juga: Ini Lokasi Penitipan Kendaraan Gratis di Jakarta Selama Libur Lebaran 2023

Pada musim mudik lebaran 2023, contraflow akan berlaku mulai dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 72 Tol Cipali.

Perhatikan ini sebelum masuk jalur contra flow

gerbang tol

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana memberikan sejumlah tips yang bisa diterapkan agar tetap aman di jalan tol saat diberlakukannya sistem ini.

1. Pastikan pintu keluar tol tidak terlewat

jadwal one way mudik

Saat memutuskan untuk melewati lajur rekayasa ini, kamu harus mengetahui terlebih dahulu dimana letak pintu keluarnya. Karena jika sudah masuk ke sana, kamu tidak bisa seenaknya keluar-masuk dan biasanya hanya akan ada satu pintu masuk dan satu pintu keluar.

Baca juga: Catat! Pentingnya Buka Kaca Jendela Mobil Saat Istirahat Mudik Lebaran

Jadi jika pintu keluar tol terlewat, kamu harus terus berkendara hingga jalur contra flow berakhir dan mencari pintu keluar lainnya.

2. Mengendalikan kecepatan kendaraan

batas kecepatan

Jika jam terbang berkendara kamu masih minim atau belum terbiasa berkendara di kondisi ini, sebaiknya hindari dulu karena biasanya jalur contra flow berada di lajur paling kanan.

Hal tersebut memaksa para pengendara yang melintasi contra flow harus bisa memacu kendaraannya dengan kecepatan yang stabil. Apabila ada kendaraan yang melaju dengan kecepatan di bawah rata-rata, tentu akan menghambat kendaraan di belakangnya.

3. Jangan keluar jalur contra flow

jalur contra flow

Perlu diketahui, jalur contra flow punya tingkat bahaya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jalur utama, karena di kondisi ini kendaraan akan saling berhadapan secara langsung dengan arah sebaliknya dan hanya dibatasi oleh cone pembatas jalan.

Baca juga: Lokasi Rawan Kecelakaan Tol Trans Jawa Wilayah Jatim, Dimana Saja?

Maka kamu harus berhati-hati bila keluar dari lajur rekayasa lalu lintas ini karena akan sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kecelakaan fatal.

Perbedaan antara sistem One Way dengan jalur Contra Flow

jadwal one way mudik

Penggunaan ruas jalan pada sistem one way sengaja dibuat menjadi satu arah agar kemacetan tidak semakin parah. Sedangkan pada sistem contra flow jalur dua arah tidak diubah menjadi satu arah.

Sistem one way biasanya diterapkan pada waktu-waktu tertentu dan sudah dipersiapkan oleh pihak kepolisian. Biasanya sistem tersebut digunakan pada libur akhir tahun dan awal tahun, ataupun arus balik mudik lebaran. 

Baca juga: Perjalanan Mudik, Begini Suhu AC Ideal Agar Irit BBM

Sedangkan untuk sistem contra flow biasanya diberlakukan secara mendadak tergantung situasi dan kondisi jalan. Sistem ini digunakan untuk sementara waktu, atau beberapa jam misalnya ketika waktu jam pulang kerja. 

Dikutip Tempo.co, Vice President Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paallo meminta pemudik memeriksa kendaraannya dalam keadaan prima.

isi bensin full tank

Selain itu menyiapkan saldo uang elektronik yang cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

Ria juga berpesan agar pengguna tol tetap berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. 

Baca juga: Ini Lokasi Penitipan Kendaraan Gratis di Jakarta Selama Libur Lebaran 2023

Pengguna jalan tol juga dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.1 serta hubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini.

Selamat mudik. Pastikan kamu mematuhi semua peraturan lalu lintas termasuk saat melintasi jalur contra flow.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.