Search Cars

Berita Utama Otomotif

Benarkah Jam Kerja Karyawan Bisa Atasi Kemacetan Jakarta?

Wacana jam kerja karyawan yang diatur menjadi beberapa shift diharapkan bisa mengatasi kemacetan Jakarta. Apakah benar bisa?

jam kerja karyawan

Jam kerja karyawan diusulkan untuk dibagi-bagi menjadi beberapa sesi agar tidak menyebabkan kemacetan Jakarta. Hal ini memang masih menjadi wacana, namun diharapkan bisa menjadi solusi dalam mengurangi mobilitas masyarakat. 

Usulan ini pertama kali dicetuskan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Akan tetapi, untuk bisa menerapkannya masih perlu dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti Gubernur ataupun pihak terkait lainnya. 

Lantas, apa memang perlu pengaturan jam kerja karyawan untuk mengurai kemacetan Jakarta?

angka kemacetan

Angka kemacetan Jakarta tinggi

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, saat ini angka kemacetan Jakarta sendiri sudah berada di angka 48 persen dan itu terjadi setiap pagi dan sore hari. 

Baca juga: Kadaluarsa Ban Mobil Emang Ada? Aman Kalau Dipakai?

Hal inilah yang menjadi acuan oleh pihaknya untuk mencari cara dalam mengatasi tingkat kepadatan lalu lintas di Jakarta. 

“Seperti contoh orang dari Bogor apel jam 7 pagi berarti estimasi waktu 1,5 jam. Jadi yang apel jam 7 akan berangkat jam 6, kalau mereka bagi lagi apel di jam 9 berarti mereka akan berangkat jam setengah 8. Ini harapan kita akan tersebar,” ungkap Latif dikutip dari Kompas.com. 

Menurut Latif, sampai saat ini pihaknya masih terus mengkaji aturan dalam membagi jam kerja karyawan di Jakarta. Ia berharap bahwa aturan tersebut bisa dilaksanakan secepatnya. 

Baca juga: Alasan Kenapa Rem Belakang Mobil Masih Pakai Tromol

“Kami sangat mendorong secepatnya kan ini kepentingan bersama, dikerjakan bersama, bukan kami yang mengambil keputusan. Mungkin itu bisa melaksanakan untuk mengurangi kepadatan di Jakarta,” tutur Latif. 

tanggapan wagub

Tanggapan Wagub DKI Jakarta

Mengenai wacana pembagian jam kerja karyawan, Wakil Gubernur DKI Jakarta menyebutkan bahwa hal tersebut masih perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah dengan melakukan pembahasan bersama Pemerintah Pusat. 

“Usulan Dirlantas tentang pengaturan jam kerja itu sesuatu yang bagus. Masih kami diskusikan dan kami bahas karena perkantoran di Jakarta bukan hanya swasta dan tingkat daerah, tapi juga ada tingkat pemerintah pusat,” kata Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dikutip dari Liputan6.com. 

Baca juga: Deretan Mobil 1.300 cc yang Pas Buat Dalam dan Luar Kota

Akan tetapi, ia menyebutkan bahwa usulan dari Dirlantas Polda Metro Jaya tersebut akan menjadi pertimbangan bagi Pemprov DKI Jakarta dalam mengatasi tingkat kemacetan Jakarta. Meskipun memang masih belum bisa dipastikan kapan waktu untuk mengimplementasikannya.

jam macet

Jam-jam rawan Jakarta macet

Latif juga menjelaskan terdapat jam-jam tertentu yang menyebabkan Jakarta macet. Biasanya, kepadatan kendaraan di Jakarta dan sekitarnya terjadi pada jam berangkat kerja, yakni pukul 07:00 hingga 09:00 WIB. 

Ini terjadi karena ada banyak warga dari luar Jakarta yang bergerak secara serempak menuju kantornya dan hal tersebut tentunya membuat terjadinya kemacetan yang cukup parah di beberapa ruas jalan. 

Baca juga: Cara Perpanjang STNK Tanpa KTP yang Bisa Dilakukan Pemilik Mobil

Selain itu, Latif juga menyebut bahwa kepadatan kendaraan akan terjadi pada jam pulang kerja yaitu mulai dari pukul 14:00 WIB hingga malam hari. Hal ini terjadi karena karyawan kantor yang pulang kerja pada waktu bersamaan sehingga membuat Jakarta macet. 

Nah, menurut kalian usulan mengenai pembagian jam kerja karyawan tersebut apakah memang benar-benar bisa mengatasi kemacetan Jakarta? Apakah kalian setuju atau tidak terhadap aturan ini?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.