Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jangan Disepelekan, Lampu Rem Belakang Mati Wajib Ganti

Cek lampu rem belakang kendaraanmu. Jika mati maka lakukan perbaikan segera untuk menghindari risiko kecelakaan di jalan.

lampu rem belakang

Lampu rem belakang bukan aksesori mobil. Komponen ini punya fungsi yang penting, yang bisa menghindarimu dari kecelakaan seperti misalnya ditabrak dari belakang.

Sempat viral kejadian bus yang menabrak truk dan videonya ramai diunggah di TikTok. Disebutkan dalam keterangan video penyebab kecelakaan akibat lampu belakang truk mati sehingga membuat pengendara bus di belakangnya tidak bisa memprediksi situasi. 

Fungsi dan cara kerja lampu rem belakang

lampu rem belakang mobil

Apakah sajakah fungsi dari lampu rem belakang? Selain sebagai penanda posisi mobil bagi pengemudi yang ada di belakangmu (agar menjaga jarak aman), juga sebagai peringatan bagi pengemudi yang ada di belakang kalau mobil kamu sedang melambat atau mengerem, baik itu di jalan umum atau jalan tol.

Baca juga: Joycup BMW Astra Golf Tournament 2023 Berhadiah BMW iX

Lantas, bagaimana cara kerjanya? Misalnya pada mobil Toyota, umumnya letak switch itu ada di atas tuas pedal rem. Switch rem ini berfungsi memutus dan menyambungkan arus listrik dari baterai (aki) ke lampu rem.

Lantas, bagaimana cara kerjanya? Misalnya pada mobil Toyota, umumnya letak switch itu ada di atas tuas pedal rem. Switch rem ini berfungsi memutus dan menyambungkan arus listrik dari baterai (aki) ke lampu rem.

Bagian switch rem akan tersambung arus listrik saat pedal rem diinjak, dan arus listriknya akan kembali terputus setelah pedal rem dilepas.

Saat mengerem akan menyala atau lebih terang. Melalui lampu ini pengendara lain, khususnya yang ada di belakangmu, mendapat isyarat ‘penting’ dari kendaraanmu sehingga ia mengurangi kecepatannya dan menjaga jarak aman. 

Risiko bila lampu rem belakang bermasalah

tabrakan beruntun

Oleh karenanya, ketika komponen ini bermasalah, putus misalnya, segera diganti dengan yang baru.

Baca juga: Alasan Lampu Rem Belakang Mobil Menggunakan Warna Merah

“Lampu rem yang putus banyak pemilik mobil tidak mengetahuinya, atau tahu namun tidak segera diganti,” kata Jusri Pulubuhu selaku Founder and Lead Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) melansir GridOto.

Padahal kata Jusri, bila tidak segera diganti bisa berdampak pada tabrakan hingga kecelakaan maut. 

“Jika tidak segera diganti maka efeknya sangat berbahaya karena bisa terjadi tabrakan dari belakang,” jelas Jusri. 

Baca juga: Dishub DKI Gunakan Kecerdasan Buatan untuk Urai Kemacetan, Ini Titiknya

Misalnya saja, apabila posisi pengemudi di belakang cukup dekat dan kecepatan mobil kamu cukup kencang. Dengan begitu, tabrakan kemungkinan besar sulit untuk dihindari. Bayangkan bila ini kejadian di jalan tol, maka tabrakan beruntun pun jadi tak terhindarkan. Duh, amit-amit, ya!

Lalu, bila terjadi rem blong, apakah lampu rem belakang berfungsi? 

Umumnya jika rem blong, lampu rem belakang tidak akan menyala (saat pedal rem diinjak). Hanya dirancang untuk menyala saat rem diaktifkan sebagai tanda bagi pengemudi di belakang kendaraan. Namun, jika terjadi rem blong, sistem rem kemungkinan juga tidak berfungsi dengan benar dan tidak akan menyala. 

Baca juga: Cara Injak Pedal Rem Mobil Matic yang Benar

Jadi, sangat penting untuk memperbaiki rem yang blong pada kendaraanmu segera, karena itu bisa meningkatkan risiko kecelakaan maut.

Pengecekan rutin 

bengkel curang

“Maka dari itu, disarankan sebelum mengemudi cek nyala fungsinya, bisa dengan banyak cara, kok,” tegas Jusri.

Cara pertama mengecek adalah dengan melihat pantulan melalui kaca spion saat mobil masih terparkir di  garasi. Caranya, saat kamu menginjak pedal rem, lihat pantulan cahaya dari kaca spion kananmu di tembok.

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

“Atau, bisa juga meminta bantuan orang lain untuk melihat lampu rem,” tutup Jusri.

Cara mengganti lampu rem

lampu sein mobil mati

Masalah pada lampu rem belakang biasanya terjadi karena bohlam lampunya putus, entah itu di bagian kiri atau kanan –biasanya salah satunya saja. 

“Kalau benar sudah rusak maka bisa diganti dengan yang baru, tetapi biasanya itu terjadi apabila mobil sudah dipakai dalam kondisi tahunan, karena tidak serta merta mudah rusak,” kata Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, Suparna, melansir laman Auto2000.

Baca juga: Tips Mengatur Posisi Spion Mobil untuk Menghindari Blind Spot

​​​​​​​Kamu bisa cek dari warna bohlamnya. Bila warnanya hitam dan elemen bohlamnya tidak terhubung, itu tanda bohlamnya putus. Tapi bila belakang mati keduanya, umumnya disebabkan karena ada sambungan yang kendor atau putus dari sistem jalur kabel kelistrikan.

Kamu bisa melakukan penggantian sendiri. Pertama-tama, buka rumah atau cover lampu. Kedua, putar dudukan bohlam dari balik belakang lampu rem. Terakhir, pasang bohlam belakang yang baru.

Bila kamu kerepotan membuka cover-nya, atau bohlam sudah dipasang tapi lampunya tetap tidak mau menyala, ada baiknya langsung membawanya ke bengkel resmi terdekat saja.

Kamu wajib pastikan lagi lampu rem kendaraan dalam keadaan baik sebelum dipakai berkendara di jalan tol atau jalan umum agar terhindar dari kecelakaan maut.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.