Search Cars

Editor's Pick

Fitur TSS 3.0 Pada Innova Zenix dan Voxy, Apa Perbedaan serta Kelebihannya?

Fitur TSS 3.0 yang hadir pada Toyota All New Kijang Innova Zenix merupakan yang paling terbaru. Apa saja kelebihan yang dirasakan?

fitur TSS

Kehadiran fitur TSS 3.0 pada Toyota All New Kijang Innova Zenix ini akan membuat pengemudi semakin merasa aman ketika berkendara. Toyota Safety Sense (TSS) ini dirancang untuk memberikan peringatan dini kepada pengemudi ketika mobil berada dalam bahaya. 

Dalam sejarahnya, Toyota Safety Sense sudah dikembangkan sejak tahun 1960. Toyota saat itu menciptakan sebuah inovasi fitur keselamatan Analogically Controlled ABS yang disematkan pada Toyota Crown.

Kelebihan fitur TSS 3.0 

innova zenix

Fitur TSS 3.0 merupakan generasi yang terbaru dan terdiri dari empat fitur keselamatan, meliputi Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Automatic High Beam (AHB).

Baca juga: Toyota All New Kijang Innova Zenix Resmi Meluncur, Berapa Harganya?

Pada generasi terbarunya ini, TSS 3.0 sudah dibekali dengan kemampuan deteksi ke arah depan dengan jarak lebih jauh, serta jangkauan ke atas, bawah, kanan, dan kirinya yang lebih baik. 

Selain Toyota All New Kijang Innova Zenix, mobil lain yang sudah menggunakan fitur canggih ini adalah Toyota All New Voxy

Nah, apa saja perbedaan yang dihadirkan pada fitur TSS 3.0 ini ya?

Pre-Collision System (PCS)

review toyota innova zenix

Fitur ini berguna untuk mendeteksi adanya objek di sekitar mobil seperti kendaraan lain, pesepeda, serta pejalan kaki sehingga bisa mencegah terjadinya kecelakaan. 

Baca juga: Review Toyota Innova Zenix, Bagaimana Sensasi Mengendarainya?

PCS juga berguna untuk mendeteksi situasi persimpangan jalan dimana biasanya sering terjadi kecelakaan. Ketika mendeteksi adanya risiko tinggi terjadinya tabrakan, sistem PCS akan memberikan peringatan kepada pengemudi lewat visual dan suara.

Pada TSS 3.0 ini, terdapat peningkatan dimana fitur ini akan bisa mengurangi kecepatan dengan lebih baik. Ataupun pada saat mendeteksi adanya pejalan kaki dan pesepeda, baik pada malam ataupun siang hari.

Bahkan pada generasi terbarunya ini, sistem ini bisa mendeteksi kendaraan lain dan pengendara sepeda motor yang melintas di persimpangan jalan. 

Lane Tracing Assist (LTA)

harga innova zenix

Lane Tracing Assist (LTA) ini berfungsi untuk mencegah mobil agar tidak berpindah jalur secara tidak sengaja dan secara otomatis menjaga mobil sehingga bisa tetap berada di jalurnya. Cara kerja LTA yaitu dengan membaca marka jalan yang ada. 

Baca juga: Terdapat 3 Varian Kijang Innova Zenix, Apa Saja Perbedaannya?

Ketika mobil terdeteksi akan keluar jalur, sistem tersebut akan memberikan peringatan visual dan suara kepada pengemudi. Tidak hanya itu saja, LTA juga akan memberikan koreksi ringan pada setir mobil sehingga bisa membantu pengemudi tetap berada di jalurnya.

Pada TSS 3.0 ini, LTA yang disematkan sudah dilengkapi dengan 3D Recognition. Dengan begitu, akan ada lebih banyak lagi objek yang bisa terdeteksi seperti mobil yang sedang parkir, pembatas jalan, hingga garis dan marka jalan.

Pre-Collision System (PCS)

review toyota innova zenix

Sementara itu pada fitur PCS terdapat peningkatan di mana TSS 3.0 bisa mengurangi kecepatan dengan lebih baik. Termasuk pada saat mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda baik pada malam maupun siang hari.

Baca juga: Telat Bayar, Bagaimana Cara Menghitung Denda Pajak Mobil?

Toyota menjelaskan, bahkan sistem di dalamnya juga dapat mendeteksi kendaraan lain dan pengendara sepeda motor yang melintas di persimpangan. Menurut keterangan Toyota hal ini merupakan yang pertama kali bagi produknya.

Dynamic Radar Cruise Control (DRCC)

kijang innova zenix

Selanjutnya adalah fitur DRCC yang secara otomatis membantu pengemudi untuk mengatur kecepatan mobilnya agar menjaga jarak aman dari kendaraan yang ada di depannya. 

Ketika mobil di depan menurunkan kecepatan, maka DRCC juga akan menurunkan kecepatan mobil sehingga tetap berada pada jarak aman. Untuk mengatur jarak aman, pengemudi bisa mengaturnya sendiri.

Baca juga: Benarkah Pajak Pelat Nomor Cantik Lebih Mahal Daripada Reguler?

Pada TSS 3.0 ini, fitur DRCC sudah memiliki pengaturan kecepatan baru dalam empat stage. Dengan begitu, baik Toyota Innova Zenix ataupun Toyota All New Voxy bisa menjaga jarak lebih jauh dari kendaraan yang ada di depannya.

Automatic High Beam (AHB)

review toyota innova zenix

Kemudian yang terakhir adalah AHB yang berfungsi untuk membantu pengemudi ketika harus mengendarai mobil di malam hari. AHB ini bisa mendeteksi apakah ada mobil dari arah yang berlawanan. 

Jika tidak ada mobil dari arah yang berlawanan, maka sistem AHB ini akan langsung mengaktifkan lampu jauh (high beam) secara otomatis. 

Begitupun sebaliknya, ketika sistem AHB mendeteksi adanya mobil dari arah berlawanan maka lampu dekat (low beam) akan diaktifkan. 

Baca juga: Diklaim Sangat Irit, Berapa Konsumsi BBM Innova Zenix?

Nah, dengan adanya fitur keselamatan paling canggih ini tidak perlu takut lagi deh berkendara dengan Toyota Innova Zenix ataupun Toyota All New Voxy. Jika tertarik ingin membeli kedua mobil ini, pastikan beli di tempat yang terpercaya yaitu di SEVA

Jangan lupa gunakan fitur unggulan yang tersedia seperti Insant Approval untuk penyetujuan kredit yang lebih cepat serta Loan Calculator untuk menghitung cicilan kredit sesuai kemampuan finansial. 

Tunggu apalagi, Awas Kena Gocek beli mobil yang tidak sesuai keinginanmu. Pilih yang #JelasDariAwal yaitu di SEVA! 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.