Search Cars

Tips & Rekomendasi

Door Lock Mobil Bermasalah, Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Door lock mobil macet dan sering tidak berfungsi? Jangan panik, periksa dan cari tahu cara perbaikinya. Mudah dan murah kok!

door lock mobil

Door lock mobil adalah sistem pengunci pintu kendaraan yang bekerja dengan bantuan kelistrikan dari baterai kendaraan. Fungsi utamanya adalah memudahkan pengemudi untuk mengunci dan membuka semua pintu dengan menekan satu tuas.

Seringkali pemilik kendaraan panik jika mengalami kejadian door lock macet, misalnya tidak bisa mengunci atau membuka meski sudah menekan tuasnya.

Baca juga: Shockbreaker Mobil Bocor, Apa Dampak dan Bahayanya?

Apalagi jika membayangkan sejumlah biaya yang akan dikeluarkan untuk memperbaiki atau mengganti komponennya. 

Sebelum terlanjur panik, ketahui dulu cara memperbaiki door lock pintu kendaraan secara tepat dan tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Simak langsung cara mudahnya, yuk!

sekring mobil

Periksa sekring door lock mobil

Prinsipnya, agar dapat bekerja dengan baik maka sistem pengunci pintu juga harus mendapat suplai arus listrik cukup. 

Baca juga: Cara Memperbaiki Sliding Door Mobil yang Rusak

Karena sistem ini berhubungan dengan sistem kelistrikan kendaraan, maka cara pertama yang paling mudah untuk memperbaiki door lock mobil yang macet adalah memeriksa bagian sekring.

Jika setelah diperiksa ternyata sekring putus, maka segeralah ganti. Harga sekring ini tidak mahal dan sangat terjangkau. Namun jika setelah sekring diganti door lock mobil tetap bermasalah, lakukan langkah berikut.

door lock mobil

Motor door lock mobil

Penyebab macetnya sistem penguncian otomatis di mobil, bisa bersumber dari kerusakan di bagian motor penggeraknya. Biasanya, kerusakan komponen ini akibat usia pakai, terkena air atau konslet.

Baca juga: Malas Isi BBM, Apa Efek Tangki Bensin Sering Kosong?

Untuk membongkar bagian motor penggerak, diperlukan sejumlah alat khusus seperti obeng plus, solder listrik, dan alat pengukur tegangan AVO meter.

Tetapi jika tidak mau repot, kamu bisa mengganti langsung dan membeli motor penggerak ini di bengkel resmi atau bengkel-bengkel variasi. 

Komponen ini juga banyak dijual di toko online. Untuk mobil Toyota All New Avanza, Daihatsu All New Xenia, Toyota All New Rush, Daihatsu All New Terios, Toyota New Agya dan Daihatsu New Ayla harga suku cadang aslinya Rp 220 ribu.

door lock mobil

Kawat penghubung 

Langkah mudah berikut yang bisa dilakukan untuk memeriksa door lock mobil yang macet adalah pada bagian kawat seling penghubung. Bagian kawat seling ini umumnya patah atau bengkok seiring usia pemakaian.

Baca juga: Penyebab Fuel Pump Mobil Sering Rusak

Cara memeriksa adalah dengan membongkar door trim. Setelah itu kamu dapat memotong bagian kawat seling yang bengkok dan menarik atau hubungkan kawat sisa yang tidak bengkok ke bagian motor. 

Jika ingin langsung mengganti, harga komponen kawat seling ini juga cukup terjangkau. Kawat seling universal yang dapat diaplikasikan ke semua jenis door lock mobil berkisar Rp 45 ribu saja.

modul mobil

Periksa modul 

Langkah terakhir yang dilakukan jika fitur masih tidak juga berfungsi adalah memeriksa modul. Bagian modul ini berfungsi untuk mengunci pintu dengan kendali jarak jauh (remote).

Baca juga: Mobil Terbakar, Apa Saja yang Bisa Jadi Penyebabnya?

Cara memperbaiki door lock pintu ini dengan membuka bagian door trim, kemudian periksa arus masuk dan keluar modul dengan remote. Jika tidak ada arus yang terdeteksi sebaiknya ganti saja modulnya.

Harga modul remote ini di toko online Rp 500 ribu untuk mobil Toyota New Kijang Innova dan Toyota All New Hilux. Sementara mobil Toyota New Yaris, Toyota New Sienta harganya Rp 300 ribu.

Untuk mendapatkan kualitas dan garansi pengerjaan, sebaiknya seluruh perbaikan komponen door lock mobil ini dilakukan pada bengkel resmi. 

Baca juga: Apa Sih Fungsi Spion Tanduk SUV yang Ada di Kap?

Setelah mengetahui cara memperbaiki door lock pintu mobil yang bermasalah, pastikan untuk merawatnya berkala. Jaga tuas door lock selalu kering dan tidak terkena air sehingga tetap awet. Cukup mudah bukan caranya?  

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.