Search Cars

Berita Terbaru

Catat Jalan Alternatif Sleman Yogyakarta Saat Macet Mudik 2023

Jika kota tujuan mudik 2023 kamu adalah Yogyakarta, cek jalan alternatif ini untuk menghindari kemacetan di jalur utama mudik.

mudik 2023

Untuk mendukung kelancaran mudik 2023 menuju Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya, Pemerintah Kabupaten Sleman sudah merilis beberapa jalan alternatif di kotanya. 

Jalan alternatif mudik 2023 ini bisa digunakan para pemudik agar terhindar dari kondisi macet mudik saat menuju Yogyakarta dan sekitarnya. 

“Kami sudah persiapkan jalur penyangga atau jalur mudik alternatif atau jalan tikus itu jika jalur jalur utama terjadi kepadatan kendaraan,” ucap Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dikutip dari Tempo.

Jalan alternatif mudik 2023

macet mudik 2023

Di Kabupaten Sleman sendiri, ujar Kustini, jalur mudik utama pada momen mudik 2023 terdiri dari 4 ruas, yaitu: 

Baca juga: Jalur Mudik Lebaran Selain Tol Trans Jawa Sebagai Alternatif Antisipasi Kemacetan

  • Ruas Yogyakarta–Sleman–Tempel
  • Ruas Yogyakarta–Prambanan
  • Ruas Yogyakarta–Wonosari
  • Ruas Yogyakarta–Wates

“Untuk jalan penyangga mudik atau jalur alternatif di Sleman panjangnya sekitar 168,2 kilometer yang kondisinya siap digunakan,” kata Kustini. 

Jalan alternatif mudik 2023 itu meliputi enam ruas. Catat yuk agar terhindar dari macet mudik saat berkunjung ke sana. Mana saja ruas jalannya? 

Baca juga: Rute Mudik Aternatif Menuju Semarang saat Lebaran 2023

  • Ruas Tempel–Pakem–Cangkringan–Kalasan
  • Ruas Klangon–Godean–Tempel
  • Ruas Mlati–Balangan–Dekso
  • Ruas Denggung–Besi–Koroulon–Joholanang
  • Ruas Prambanan–Piyungan
  • Ruas Yogyakarta–Godean–Nanggulan
jalan alternatif sleman yogyakarta

Mengenai kondisi jalur mudik 2023 itu, Kustini menjelaskan, semua dalam keadaan baik. “Ada juga yang kondisinya rusak tapi sudah dalam perbaikan mencapai 90-95 persen,” terangnya. 

Selain jalur mudik alternatif, Kustini menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan empat posko utama monitoring lalu lintas selama libur mudik 2023. Posko tersebut disebar di beberapa tempat. 

Baca juga: Mudik Lebaran Lewat Tol, Cari Tahu Perbedaan Jenis-jenis Rest Area

Posko mudik 2023 itu adalah Posko Prambanan, Posko Tempel, Posko Ambarukmo Plaza, dan Posko Kaliurang yang diharap dapat mengurai lalu-lintas jika terjadi kondisi macet mudik di daerah tersebut.

Ada juga posko monitoring penumpang yang disebar di antaranya di Terminal Pakem, Terminal Condongcatur, Terminal Prambanan dan Terminal Gamping.

Hindari ruas jalan ini

macet mudik 2023

Kepala Dinas Perhubungan Sleman Arif Pramana menghimbau agar para pemudik waspada di beberapa titik rawan kecelakaan. Di antaranya: 

  • Jalan Magelang KM 11 hingga KM 14,5
  • Jalan Wates KM 5 hingga KM 8
  • Jalan Solo KM 13 hingga KM 15

Baca juga: Titik Kemacetan di Tol Trans Jawa pada Mudik 2023, Ada Dimana?

Rencananya, untuk menghindari dan mengurangi jumlah kecelakaan di jalur ini, pemerintah setempat akan mengadakan rekayasa lalu lintas, salah satunya dengan metode U-Turn.  

Titik rawan macet lainnya ada di 3 lokasi pasar tumpah Sleman, yaitu Pasar Gamping, Pasar Petrojayan Prambanan, dan Pasar Pakem.

Arus mudik 2023 di kawasan Yogyakarta diprediksi akan dimulai pada H-7 libur Lebaran, dan puncaknya jatuh pada 21 April 2023 atau H-1 libur Lebaran.

Baca juga: Jadwal Rekayasa Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran, Catat Tanggalnya

Kabupaten Sleman merupakan salah satu wilayah terluas di DIY yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi Utara dan Kabupaten Klaten di sisi Timur. 

Mudik lebaran ke Yogyakarta lewat jalan Tol Trans Jawa

tugu yogyakarta bebas macet mudk

Tol Trans Jawa selalu jadi pilihan utama para pemudik yang pulang kampung menuju kota-kota yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Diprediksi pada liburan Lebaran tahun ini, jumlah pemudik meningkat hingga 5,9 juta orang.

Dengan demikian, volume kendaraan saat mudik juga ikut naik, yang mana juga mungkin mengakibatkan kemacetan panjang di jalan Tol Trans Jawa menuju ke Jawa Tengah dan sekitarnya. 

Baca juga: Mengapa Jalur Selatan Jawa Tidak Terlalu Diminati Pemudik? Ini Alasannya

Inilah yang kemudian yang menjadi pertimbangan beberapa kepala daerah untuk membuka jalur mudik alternatif bagi para pemudik. Salah satunya seperti yang dilakukan kepala daerah Kabupaten Sleman, DIY. 

Dengan dibukanya jalan alternatif mudik 2023, maka para pemudik bisa lebih efektif menggunakan waktunya di perjalanan dan tidak merasakan kelelahan akibat kondisi lalu-lintas yang padat. 

Macet mudik mungkin sudah hal biasa. Tapi kalau bisa dihindari, itu baru luar biasa! Yuk, segera catat jalur alternatif menuju Yogyakarta pada mudik 2023 ini agar perjalananmu jadi lebih lancar. Selamat mudik!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.