10 Tempat Wisata Sleman yang Tidak Kalah Dengan Daerah di Sekitarnya

Berada di Yogyakarta tapi turis tidak pernah sadar kalau sedang berdiri di wilayahnya. Karena itu, berikut adalah tempat wisata Sleman yang tidak kalah hitz dengan daerah di sekitarnya.

wisata sleman

Sebagai informasi, Sleman sendiri sebenarnya merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi  Daerah Istimewa Yogyakarta. Jadi sangat wajar kalau turis sering tidak sadar kalau sedang berada di wilayah Sleman.

 

Selain menikmati kemegahan Gunung Merapi dengan naik kendaraan four-wheel drive (4WD) dan menginap di kawasan sejuk Kaliurang, sejumlah candi di Sleman menawarkan panorama matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan.

 

Baca juga: Rekomendasi Spot Sunrise dan Sunset di Kulon Progo

 

Selengkapnya, berikut adalah tempat wisata Sleman yang tidak kalah hitz dengan daerah di sekitarnya.

wisata sleman

Gunung Merapi

Masyarakat setempat percaya bahwa Gunung Merapi merupakan sumber kekuatan spiritual. Setiap bulan Rajab pada penanggalan Hijriah, keraton memberikan persembahan kepada Gunung Merapi agar gunung ini tidak “marah” seperti halnya yang dilakukan kepada Nyi Roro Kidul di Pantai Parangkusumo dengan upacara Melasti.

 

Bila sedang aman, puncak gunung ini merupakan spot favorit bagi para pendaki untuk menikmati keindahan matahari terbit. Hanya saja, tempat yang sempit dan curam menyulitkan para pemburu gambar untuk bisa berpindah-pindah mencari sudut terbaik. Durasi normal untuk mendaki gunung ini hingga puncak adalah sekitar lima hingga enam jam.

wisata sleman

Lava Tour Merapi

Tempat Wisata Sleman ini bertempat di Kaliadem. Di sana dapat ditemukan sejumlah mobil 4WD siap membawa turis menikmati Merapi dengan cara off -road. Terdapat beberapa rute yang ditawarkan, dari perjalanan singkat hingga panjang seharga mulai Rp 250.000 per orang untuk rute Museum Sisa Hartaku hingga Makam Mbah Maridjan.

 

Bila berencana mengikuti tur ini, datanglah sejak matahari terbit agar dapat sekaligus menikmati keindahan pemandangan sekitar. Selama perjalanan, kamu akan melewati beberapa kubangan yang tak jarang ikut mengotori pakaian, sehingga jangan lupa membawa baju ganti dan jaket untuk penahan dinginnya angin ketika berada di kendaraan terbuka ini.

 

Baca juga: Selusin Panorama Alam dan Aktivitas Seru Wisata di Gunungkidul

wisata sleman

Museum Sisa Hartaku

Di sini terpajang sisa-sisa barang milik Sriyanto yang hancur ketika erupsi Merapi pada 2010, mulai dari perabotan, sepeda motor, hingga tulang-tulang ternak. Bagi Sriyanto, dua peninggalan yang menurutnya memiliki arti terpenting adalah kerangka sapi utuh miliknya serta sebuah jam dinding yang menunjukan pukul 12.05 pada Jumat 5 November 2010.

 

Museum yang berada di Desa Petung, Kepuharjo, Cangkringan, ini menjadi bukti kedahsyatan letusan Merapi dan siapa pun yang melihatnya dijamin akan ikut bergidik membayangkan kengerian yang terjadi ketika itu.

wisata sleman

Museum Ullen Sentalu

Berada di Taman Kaswargan, Kaliurang, museum yang didekasikan kepada puteri-puteri keraton yang ternyata memiliki banyak prestasi dan keahlian ini beroperasi sejak 1997. Untuk menjaga koleksi batik, kebaya, naskah, foto, lukisan, dan berbagai peninggalan Kerajaan Mataram, turis tidak diperbolehkan memotret atau mengambil video.

 

Merupakan salah satu museum terbaik di Indonesia, Ullen Sentalu lah yang pertama kali memberlakukan kunjungan terpadu, di mana setiap turis secara berkelompok akan diajak berkeliling museum dengan seorang pemandu. Tak hanya dengan cara ini mengunjungi museum jadi lebih menyenangkan, tapi juga turis jadi lebih mengerti kisah di balik setiap koleksi.

 

Baca juga: Jaminan Enak dan Kenyang jika Makan Ini di Yogyakarta

wisata sleman

Kaliurang

Berada pada 900 meter di atas permukaan laut, suhu di Kaliurang sepanjang tahun rata-rata 20-25 derajat Celsius.

 

Di sini, turis dapat menikmati Taman Wisata Plawangan Turgo yang memiliki kolam renang Tlogo Putri yang airnya berasal dari lereng Bukit Plawangan, selain Kereta Kelinci dengan rute dari terminal Kaliurang menuju Taman Bermain, Gardu Pandang, Wisma Kaliurang, Bumi Perkemahan, dan Taman Wisata Plawangan Turgo.

 

Cara termudah untuk menikmati Merapi dan menghirup udara segar Kaliurang adalah dengan mengunjungi Gardu Pandang.

wisata sleman

Candi Prambanan

Memiliki tiga candi utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa, ketiga candi yang menghadap timur tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu.

 

Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat dua candi apit, empat candi kelir, dan empat candi sudut, selain di halaman terdapat 224 candi.

 

Jumlahnya memang tidak 999 seperti yang dikisahkan dalam legenda Lara Djonggrang, namun Prambanan yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia sekaligus salah satu yang terindah di Asia Tenggara.

wisata sleman

Candi Plaosan

Sekitar satu kilometer dari Candi Prambanan terdapat Candi Plaosan yang dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya, Pramudyawardani. Terletak di Dusun Bugisan Kecamatan Prambanan, arsitektur candi ini merupakan perpaduan Hindu dan Buddha.

 

Kompleks candi terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Kedua candi itu memiliki teras berbentuk segiempat yang dikelilingi dinding, tempat semedi berbentuk gardu di bagian barat, serta stupa di sisi lainnya.

 

Bila dilihat dari jauh, Candi Plaosan Lor dan Kidul tampak serupa, sehingga Candi Plaosan kemudian dijuluki Candi Kembar.

 

Baca juga: 7 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Magelang

wisata sleman

Ratu Boko

Ratu Boko adalah sebuah bangunan megah yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Istana yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara (berarti biara di bukit yang penuh kedamaian) ini didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual.

 

Berada di istana ini memang terasa damai, terlebih dari sini tampak pemandangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi. Untuk pemandangan yang lebih spektakuler, datanglah menjelang sore ketika matahari terbenam di balik Ratu Boko.

wisata sleman

Taman Pelangi Jogja

Berada di pelataran Monumen Yogya Kembali, taman ini menawarkan atraksi menarik bagi seluruh keluarga. Buka pukul 17:00, semakin malam, tempat ini semakin ramai oleh turis yang ingin mengagumi beragam bentuk lampion.

 

Disarankan untuk masuk melalui pintu di sisi timur karena akan disambut lampion besar berbentuk pelangi yang impresif. Lampion berbentuk flora, fauna, tokoh kartun, bangunan ikonik, hingga wajah-wajah orang ternama juga ada di sini. Penataannya bervariasi, ada yang ditanam di tanah, menempel di dinding, bergantungan, di atas kolam, atau berderet.

 

Di sini juga terdapat 20 wahana permainan, seperti trampolin, becak mini, perahu dayung, bola air, dan rumah hantu. Tak perlu khawatir kelaparan, di sini terdapat sejumlah outlet makanan yang dilengkapi gazebo untuk bersantai.

 

Baca juga: Kenalan dengan 9 Tempat di Dieng yang Wajib Dikunjungi

Museum Monumen Yogya Kembali

Dibangun pada 1985 untuk mengenang perjuangan kemerdekaan, di mana Yogyakarta pernah menjadi bagian penting di dalamnya, memasuki area monumen yang terletak sekitar tiga kilometer dari pusat kota ini, turis disambut replika Pesawat Cureng di dekat pintu timur serta replika Pesawat Guntai di dekat pintu barat.

 

Sedangkan di ujung selatan pelataran terdapat dinding yang memuat 420 nama pejuang yang gugur antara 19 Desember 1948 hingga 29 Juni 1949, yang dihiasi puisi patriotik Karawang Bekasi karangan Chairil Anwar untuk pejuang yang tidak diketahui namanya.

 

Di dalam bangunan berbentuk kerucut tiga lantai ini juga terpajang foto, dokumen, berbagai jenis senjata, hingga tandu dan dokar yang pernah digunakan Jenderal Sudirman.

wisata sleman

Rekomendasi sewa mobil

Tentu untuk berkeliling serta mengunjungi tempat wisata Sleman di atas kamu butuh sarana transportasi. Sewa mobil adalah salah satu jawabannya. Selain lebih nyaman, dengan sewa mobil kamu juga lebih hemat waktu dan tenaga.

 

Sebagai destinasi wisata, tidak sulit menemukan tempat penyewaan mobil di Yogyakarta. Salah satu rekomendasinya adalah savatransportjogja.

 

Savatransportjogja memiliki 10 armada mobil. Cocok sekali untuk keluarga karena tak khawatir kehabisan mobil Toyota Avanza dan Toyota Innova.

 

Bahkan, untuk yang mau coba naik mobil double cabin, savatransportjogja menyediakan Toyota Hilux. Seru juga keliling Yogyakarta naik mobil double cabin, bersebelahan dengan andong dan becak.

 

Kamu juga tidak perlu pusing, karena savatransportjogja juga ada di Movic, aplikasi sewa mobil online. Lewat Movic, kamu bisa bebas memilih mobil, harga, waktu sewa, hingga fasilitas.

 

Tunggu apa lagi? Mau liburan puas, download Movic sekarang!