Search Cars

Travel & Lifestyle

Selusin Panorama Alam dan Aktivitas Seru Wisata di Gunungkidul

Tak hanya menyuguhkan panorama alam, masyarakat setempat mengelola tempat-tempat ini dengan aktivitas seru yang menantang. Jangan heran kalau ada selusin panorama alam dan aktivitas seru wisata di Gunungkidul. Bahkan lebih!

Gunungkidul terdiri gunung, tebing, gua, air terjun, sungai, dan pantai. Letak kabupaten ini berada di selatan Yogyakarta, atau sekitar satu setengah jam berkendara. Karena itu, ada baiknya jika ingin wisata di Gunungkidul, Anda sewa penginapan di sini.

 

Waktu terbaik menikmati selusin panorama alam dan aktivitas seru wisata di Gunungkidul adalah pagi hari. Mulailah dari utara, yaitu Gunung Nglanggeran untuk melihat sunrise. Bila ingin ke Gua Jomblang, usahakan sampai di sana ketika matahari tepat di atas kepala agar dapat melihat semburat cahaya dramatis yang menjadi nilai jual tempat ini. Menjelang sore, lanjutkan perjalanan ke selatan dan menunggu matahari terbenam dari salah satu restoran di Pantai Indrayanti.

 

Berikut selusin panorama alam dan aktivitas seru wisata di Gunungkidul.

wisata di gunungkidul

Pantai Indrayanti

Tak hanya berhiaskan bukit karang, pasir putih, dan perairan jernih, Pantai Indrayanti juga dilengkapi restoran dan kafe, serta deretan penginapan. Suasana semakin romantis ketika di malam hari ketika sejumlah gazebo di pantai dihiasi lampu-lampu kecil.

wisata di gunungkidul

Gunung Nglanggeran

Terletak di kawasan karst Baturagung, satu-satunya gunung api purba di Yogyakarta yang pernah aktif puluhan juta tahun lalu ini menawarkan panorama terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di puncaknya, Gunung Gedhe, sehingga banyak pendaki yang berkemah di sini. Di sekitar Gunung Nglanggeran dapat dijumpai embung atau telaga buatan di ketinggian sekitar 500 meter.

 

Embung seluas sekitar 5.000 meter persegi itu untuk menampung air hujan yang kemudian dialirkan ke perkebunan di sekelilingnya. Pengunjung bisa naik ke embung dengan tangga untuk menikmati pemandangan matahari terbenam dan gunung api purba di seberangnya.

wisata di gunungkidul

Desa Wisata Nglanggeran

Berjarak 25 kilometer dari Yogyakarta, kawasan ini dikembangkan dengan membangun penginapan dan menyiapkan sebagian rumah penduduk untuk diinapi turis (live-in). Program live-in selama ini banyak diminati pelajar dan turis mancanegara.

 

Selain dapat berinteraksi dengan penduduk dan budaya setempat, tamu juga dapat belajar membatik, membuat kerajinan dari janur, menari Jathilan dan Reog, memasak berbagai resep khas Desa Nglanggeran, menanam padi, mengikuti kenduri, serta menangkap dan melepaskan ikan di sungai.

 

Untuk belanja oleh-oleh, terdapat Nglanggeran Mart, tempat warga menjual berbagai hasil kerajinan dan pangan lokal, seperti keripik singkong, brownies singkong, dan dodol kakao.

wisata di gunungkidul

Air Terjun Sri Gethuk

Menyajikan panorama indah yang dikelilingi sawah, terdapat dua cara menuju ke sini, yaitu naik perahu bermotor dengan melawan arus Sungai Oyo sepanjang 250 meter dari dermaga di area parkir, atau trekking sekitar 1,5 kilometer melewati sawah.

 

Opsi yang mana pun, sepanjang perjalanan, mata akan disuguhi pemandangan hutan berlatarkan deretan tebing yang mengapit sungai. Air Terjun Sri Gethuk jatuh dari ketinggian sekitar 100 meter, kemudian terpecah menjadi tiga bagian dan melewati tebing yang penuh stalaktit. Karena perjalanan yang panjang itulah, maka curahan airnya sudah tak deras lagi ketika sampai di dasar.

 

Dengan demikian, area ini aman untuk direnangi, selain pengunjung juga bisa berdiri tepat di bawah aliran air untuk merasakan sensasi pijat. Pengelola pun menyediakan berbagai fasilitas untuk menikmati air terjun, seperti body rafting, cliff jumping, dan kano.

wisata di gunungkidul

Gua Jomblang

Keistimewaan Gua Jomblang adalah pengalaman yang memacu adrenalin untuk memasukinya, di mana pengunjung harus melawan takut untuk menuruni tebing setinggi 60 meter dengan single rope technique. Sesampainya di dasar gua, eksplorasi dilanjutkan menuju Luweng Grubung dengan memasuki mulut gua dan melalui lorong gelap sepanjang 300 meter.

 

Dalam remang cahaya senter, mata akan dibuat terpukau dengan batu kristal, stalaktit, dan stalagmit yang menghiasi gua. Di ujung lorong, bila memilih waktu yang tepat, akan tampak sinar matahari yang menerobos masuk dari Luweng Grubug dari ketinggian 90 meter dan membentuk satu tiang cahaya yang dramatis.

 

Dengan sinar ini akan tampak flowstone serta sungai bawah tanah yang masih satu sistem dengan Kalisuci yang gemericik airnya terdengar menggema di sepanjang gua.

wisata di gunungkidul

Cave Tubing Gua Pindul

Gua Pindul memiliki aliran sungai bawah tanah dari Sungai Oyo, sungai yang sama yang membelah ngarai di Air Terjun Sri Gethuk. Pengunjung dapat menyusuri sungai sepanjang 300 meter ini menggunakan ban sebagai pelampung (cave tubing) selama 45 hingga 60 menit. Aliran sungai yang tenang menjadikan aktivitas ini aman dilakukan oleh siapa pun, mulai dari anak-anak hingga orangtua.

wisata di gunungkidul

Kawasan Karst Kalisuci

Merupakan bagian dari Karst Gunungsewu yang luasnya mencakup tiga kabupaten, yaitu Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan, Kawasan Karst Kalisuci mempunyai lima gua yang terhubung dan dapat ditelusuri dalam satu kali kunjungan, yaitu Gua Glatikan, Gua Suci, Gua Buri Omah, Gua Gelung, dan Gua Brubug.

 

Sungai yang mengaliri gua-gua tersebut mempunyai lebar bervariasi antara lima sampai sepuluh meter dengan air yang sangat jernih. Perjalanan cave tubing sepanjang 500 meter ini berdurasi satu setengah hingga dua jam melewati sungai yang berkelok-kelok menembus tanaman perdu serta kelelawar yang sedang bergelantungan.

wisata gunungkidul

Pantai Pok Tunggal

Berada di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung, terbentanglah Pantai Pok Tunggal. Pantai yang baru mulai diakses turis sejak Mei 2012 ini memiliki panorama indah dengan hamparan pasir putih serta perbukitan karst sebagai latarnya, selain juga diapit oleh tebing karang yang menjulang tinggi bagaikan benteng.

 

Dari balik tebing inilah sering dijumpai primata liar yang berlompatan. Perairan di pantai ini jernih dengan arus yang cukup aman untuk berenang. Walau letaknya sangat terpencil, terdapat warung di sepanjang pantai yang menyediakan makanan dan kelapa muda.

wisata di gunungkidul

Pantai Siung

Bila pantai lain identik dengan hamparan pasir dan perairan jernih, Pantai Siung justru memiliki bebatuan karang berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai. Tebing di kawasan ini menjadi lokasi favorit para pemanjat tebing, baik dari Indonesia maupun mancanegara, dengan lebih dari 200 jalur pemanjatan.

 

Bila bukan pemanjat tebing, pasir di pantai ini masih sangat terjaga kebersihannya, dan bisa digunakan untuk berjemur sembari menanti matahari tenggelam.

wisata di gunungkidul

Parang Endog

Bukit di ujung timur Pantai Parangtritis ini merupakan lokasi sempurna untuk menikmati keindahan pantai-pantai selatan dari ketinggian. Bila cuaca sedang cerah, Pantai Parangtritis, Pantai Parang Kusumo, hingga Pantai Depok yang berada di Bantul dapat terlihat jelas.

 

Untuk menuju bukit karst ini dapat melalui kawasan Parangtritis, kemudian dilanjutkan dengan trekking. Cara lain untuk menikmati keindahannya adalah dengan melakukan tandem paralayang yang sekali terbangnya dikenakan biaya sebesar Rp 350.000 per orang untuk sekitar 45 menit – atau jika angin bagus dapat mencapai satu jam dan mendarat di Pantai Parangtritis.

wisata di gunungkidul

Pantai Timang
Akses menuju pantai ini sedikit sulit dibanding dengan pantai lainnya di Gunungkidul. Pantai Timang memiliki keunikan pasirnya berwarna putih dan terdapat Pulau Watu Panjang yang menjadi habitat lobster laut di seberang pantai. Nelayan dan penduduk lokal di sini punya cara unik untuk mengambil lobster di pulau tersebut. Mereka membuat gondola yang menghubungkan bukit di Pantai Timang menuju Pulau Watu Panjang.

 

Dengan biaya Rp 150.000, turis dapat memacu adrenalin menaiki gondola ini dengan deburan ombak besar di bawah kaki. Tak hanya itu, karena peralatannya seadanya, saat angin kencang bertiup, gondola akan mengalami guncangan, selama tetap tenang akan perjalanan akan aman.

wisata di gunungkidul

Bukit Bintang

Terakhir dalam rangkaian selusin panorama alam dan aktivitas seru wisata di Gunungkidul, terletak sekitar 15 kilometer dari Yogyakarta, Bukit Bintang berada pada ketinggian sekitar 150 meter, sehingga pemandangan Yogyakarta dari ketinggian tersaji di sini dan dapat menjadi latar untuk melakukan selfie.

 

Tak hanya itu, matahari tenggelam juga dapat dinikmati dari sini, sehingga tak heran bila banyak orang datang menjelang sore. Di sekitar kawasan ini juga banyak terdapat warung yang menjual jagung bakar, wedang, dan restoran dengan balkon yang menghadap lembah. Dengan paduan pemandangan indah dan udara yang sejuk, suasana romantis pun dengan mudah tercipta di sini.

wisata di gunungkidul

Sewa mobil

Bingung dan takut nyasar, sewa mobil di Movic saja. Movic merupakan aplikasi yang menghubungkan pemilik dan penyewa mobil. Tentunya jika berlibur dan menyewa mobil sekaligus dengan sopirnya, Anda akan lebih hemat tenaga.

 

Selain bertugas mengantar Anda berlibur, sopir juga dapat memberikan informasi tempat wisata yang sesuai dengan kebutuhan atau yang sedang ‘hitz’ di kalangan pelancong. Dengan menyewa mobil berikut sopirnya bisa jadi Anda dapat menekan budget saat liburan.

 

Mau menikmati selusin panorama alam dan aktivitas seru wisata di Gunungkidul? Tunggu apalagi, segera download Movic. Mo’ Untung, Movic Aja!

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.