Search Cars

Baru

Catat 5 Ruas Tol Trans Sumatera Gratis Selama Libur Nataru

Ini daftar 5 ruas tol di Tol Trans Sumatera yang dibuka dan beroperasi gratis di momen libur Natal dan Tahun Baru. Dicatat, ya.

Natal

Selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI menggratiskan tarif tol di lima ruas tol di Tol Trans Sumatera

Kebijakan ini diberikan pemerintah untuk meringankan biaya transportasi bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan libur akhir tahun bersama keluarganya. 

Hal ini disampaikan BPJT di akun resmi Instagramnya @pupr_bpjt, (1/12). “Bagi yang mau liburan lewat Jalan Tol Trans Sumatera akhir tahun nanti, ada lima ruas yang sudah beroperasi tapi masih belum bertarif alias gratis,” tulis BPJT.

Liburan Natal Tahun Baru

jalan tol

“#Sobat BPJT yang mau liburan lewat Jalan Tol Trans Sumatera akhir tahun nanti ada 5 ruas tol yang sudah beroperasi tapi masih belum bertarif alias gratis nih,” tambah keterangan BPJT. 

Baca juga: Tarif Jalan Tol Termahal di Indonesia, di Mana Saja Itu?

“Khususnya selama momentum mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan total ke-5 tol tersebut mencapai 126,43 Km,” lanjut BPJT.

Total panjang jalan tol yang dibuka gratis selama libur Natal dan Tahun Baru oleh Kementerian PUPR di Tol Trans Sumatera mencapai 126,43 kilometer. 

Selain untuk meringankan beban transportasi masyarakat, pemerintah juga berharap dengan tarif gratis Tol Trans Sumatera ini perjalanan masyarakat yang mudik di momen libur Natal dan Tahun Baru nanti bisa lebih cepat dan singkat.

Baca juga: Viral Mobil Pemadam Kebakaran Dipersulit Masuk Tol, Bagaimana Aturan Resminya?

Meski gratis, pihak pengelola memastikan bahwa jalan tol ini aman untuk dilintasi. 

“Kami optimis dengan peningkatan pengguna jalan tol yang signifikan akan disertai dengan pelayanan yang baik dan layak sehingga pengguna jalan tol dapat merasakan jalan tol yang aman dan nyaman selama Nataru nanti,” ujar Executive Vice President (EVP) Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengutip dari Bisnis.com, (29/11).

Lima jalan Tol Trans Sumatera yang gratis

Tol Trans Sumatera

Catat ruas jalan tol yang gratis selama libur Natal dan Tahun Baru di Trans Sumatera. 

  1. Tol Indralaya-Prabumulih (64,5 kilometer) 

Jalan ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 30 Agustus 2023. Merupakan bagian dari Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim dengan total panjang 119 kilometer. 

Baca juga: Jelang Liburan Akhir Tahun, Catat Ruas Jalan Tol yang Siap Diresmikan

Tol Indralaya-Prabumulih juga menyediakan dua rest area di KM 65 Jalur A & B. Perjalanan Palembang ke Prabumulih jadi lebih singkat, hanya satu jam saja. Selain itu, dari Prabumulih ke Bandara Mahmud Badaruddin II Palembang juga juga lebih cepat.

  1. Tol Stabat-Kuala Bingai (8 kilometer)

Tarif tol gratis selama libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024 akan berlaku di jalan tol Binjai-Langsa segmen Stabat-Kuala Bingai sepanjang 8 kilometer. 

Konektivitas dari Binjai ke Medan hanya sekitar 17 kilometer dan dari Medan ke Bandara Kualanamu dipersingkat menjadi 42 kilometer.

  1. Tol Indrapura-Lima Puluh (15 kilometer)

Ruas tol ini bagian dari jalan Tol Indrapura-Kisaran. Merupakan bagian dari seksi 1 jalan tol Indrapura-Kisaran yang akan menghubungkan beberapa jalan tol lainnya. Seperti Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat

  1. Tol Tebing Tinggi-Indrapura (26,23 kilometer)

Ruas jalan tol ini resmi difungsikan 10 November 2023. Jalan tol ini merupakan bagian dari seksi 1 jalan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat) dan akan tersambung langsung dengan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi serta Tol Indrapura-Kisaran.

  1. Tol Sigli-Banda Aceh atau Sibanceh (12,7 kilometer) 

Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) diresmikan pada 22 Juni 2023. Momen libur Natal dan Tahun Baru nanti, tarif tol yang digratiskan hanya Seksi 5 dan 6 (Blang Bintang dan Baitusallam) dengan panjang sekitar 12,7 kilometer. 

Baca juga: Tarif Tol Cipularang Bakal Naik, Seberapa Besar Jumlahnya?

Persiapkan kondisi kendaraan sebelum berlibur, pastikan beristirahat setiap 3 jam saat mengemudi jarak jauh ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.