Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Mudah Menghilangkan Baret di Mobil Berwarna Putih

Bingung mencari cara menghilangkan baret di mobil khususnya yang berwarna putih? Padahal caranya sangat mudah. Yuk, simak tipsnya

menghilangkan baret di mobil

Menghilangkan baret di mobil akibat tergores atau terkena serpihan kerikil saat melaju di jalanan bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan peralatan sederhana sebelum memulai pembersihan.

Goresan di mobil umumnya terbagi berdasarkan jenisnya. Ada goresan di mobil yang meninggalkan luka tergores dalam pada bagian cat, serta ada yang hanya meninggalkan garis pada permukaan cat mobil.

Ingat ya, sebelum melakukan proses menghilangkan baret di mobil sebaiknya mencuci bersih seluruh bodi kendaraan dengan sampo khusus. Setelah itu keringkan dan lakukan proses menghilangkan baret pada tempat yang teduh misal di garasi atau carport

Menghilangkan baret di mobil

menghilangkan baret di mobil

Cara mudah untuk menghilangkan baret di mobil berwarna putih dapat dilakukan dengan cara sederhana yaitu menggunakan pasta gigi dan kain lap berserat lembut.

Baca juga: Daihatsu Sigra Bertengger di Urutan 2 Mobil Terlaris November 2022

  • Basahi kain lap dengan sedikit air, kemudian bubuhi kain tersebut dengan pasta gigi secukupnya.
  • Gosok perlahan kain tersebut pada bagian bodi yang baret. Gunakan gerakan berputar agar tekanannya merata
  • Lakukan selama beberapa menit. Setelah itu diamkan dan lap kembali dengan kain lembut yang kering.

Cara menghilangkan baret di mobil warna putih dengan metode pasta gigi ampuh bagi luka goresan yang tidak dalam. Jika luka pada cat mobil terlalu dalam sebaiknya gunakan metode berikutnya, yaitu dengan menggunakan kompon.

Kompon untuk baret mobil

menghilangkan baret di mobil

Kompon adalah jenis bahan yang sifatnya abrasif dan digunakan untuk memoles baret pada bodi mobil. Sifat abrasifnya dapat menyamarkan bekas baretan halus dan membuat cat kembali mulus seperti semula.

Metode menghilangkan baret di mobil warna putih dengan kompon mirip dengan metode menggunakan pasta gigi.

Baca juga: Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak, Apa Sih yang Jadi Penyebabnya?

  • Siapkan microfiber atau kain bersih berserat lembut, dan kompon.
  • Oleskan kompon pada bagian cat yang tergores secukupnya.
  • Usap dengan gerakan melingkar dengan menggunakan microfiber. Jika cat tergores cukup dalam, beri sedikit tekanan saat melakukan proses ini.
  • Lakukan sampai goresan hilang atau cat kembali mulus. Bersihkan dengan lap kering yang lembut.
  • Ulangi proses kompon sampai hasilnya memuaskan.

Untuk menghindari biaya perbaikan akibat kerusakan cat mobil yang baret, sebaiknya kamu melakukan proses coating alias pelapisan cat untuk melindungi dari hal yang tidak diinginkan.

Keuntungan coating pada bodi mobil selain melindungi cat juga membuat kilapnya tetap awet dan terjaga. Selain itu juga terlindung dari karat, korosi dan paparan kotoran lain yang berpotensi membuat cat cepat rusak atau terkelupas.

Warna favorit

tempat hidden gem

Dalam sebuah survei yang bertajuk Global Automotive Color Popularity, menemukan fakta bahwa warna putih menjadi warna favorit di banyak wilayah di dunia. Misalnya di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Asia Pasifik. 

Baca juga: Tips Membersihkan & Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Mengapa warna ini menjadi warna favorit banyak orang? Setidaknya ada beberapa hal yang menjadikan mobil berwarna putih disukai konsumen.

Pertama, warna putih membantu menonjolkan lekuk dan desain serta ornamen pada bodi mobil. Ini jelas membuat mobil tampil lebih elegan ketimbang warna lain.

innova zenix

Kedua, mobil berwarna putih memiliki sifat untuk memantulkan panas matahari. Ini akan membuat suasana kabin mobil menjadi lebih nyaman dibandingkan mobil berwarna gelap.

Baca juga: Mobil Warna Hitam, Elegan tapi Rentan, Kenapa?

Dengan suasana kabin yang tidak mudah panas, maka kinerja AC juga lebih ringan dan membantu dalam penghematan BBM.

Ketiga, mobil warna putih dianggap memiliki faktor keselamatan yang tinggi. Ini karena keterlihatan mobil dengan warna putih di malam hari lebih baik dari warna lain. Dengan demikian risiko mobil alami kecelakaan di waktu malam lebih kecil.

Terakhir, mobil berwarna putih memiliki harga jual kembali tetap bersaing. Jangan lupa ya, agar mobil warna putih terhindar dari baret dan noda kotoran, sebaiknya kendaraan rutin dicuci dan dipoles.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.