Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik di SPKLU dan Biayanya

Bepergian dengan mobil listrik tak lagi khawatir kehabisan baterai karena SPKLU sudah buka di banyak tempat. Segini biaya casnya.

SPKLU

Dulu, kehabisan baterai saat menggunakan mobil listrik menjadi hal yang paling ditakutkan karena minimnya SPKLU terdekat mengecas mobil listrik. 

SPKLU merupakan singkatan dari Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, atau tempat pengisian daya listrik untuk kendaraan elektrik. Fungsinya sama seperti SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum).

Kini lokasi SPKLU sudah cukup banyak di Ibukota. Beberapa operatornya antara lain Pertamina dan tentu saja PLN. Untuk diketahui, biaya cas mobil listrik di SPKLU itu cukup terjangkau, tidak jauh berbeda saat mengisi daya listrik di rumah. 

Baca juga: Baterai Mobil Listrik Drop, Apa yang Harus Dilakukan?

Sebelum membandingkan biaya cas mobil listrik di SPKLU dan rumah, kamu perlu tahu 2 tipe pengisian baterai mobil listrik:

  • On-Charge. Mekanisme pengisian daya on-charge memanfaatkan pengisi daya internal di dalam mobil dengan menggunakan arus bolak-balik atau AC. Pengisi daya akan mengganti arus bolak-balik menjadi arus searah sehingga arus listrik bisa masuk ke dalam baterai.
  • Off-Charge. Ini pengisian daya listrik eksternal atau terpisah dari mobil atau DC. Hanya sedikit jenis mobil listrik yang menggunakan mekanisme pengisian daya seperti ini. 

Biaya cas mobil listrik di SPKLU

spklu

Mengenai tarif tenaga listrik untuk pengisian kendaraan listrik ternyata diatur Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Permen Nomor 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Bab III. 

Baca juga: Mau Bisnis Charging Station Mobil Listrik? Ini Syarat dan Biayanya!

Berdasarkan Peraturan ESDM No. 28 tahun 2016, tarif di SPKLU yaitu Rp1.650 per kWh. Nilai ini tentu meningkat beberapa persen di SPKLU karena biaya sewa tempat, SDM, dan lain sebagainya. 

Biaya cas di lokasi SPKLU Pertamina menjadi Rp 2.475 per kWh. Misalnya saat mengecas mobil listrik menggunakan colokan tipe DC CCS2 dengan output daya 50 kW (fast charging). 

Untuk isi daya selama 30 menit dengan total pengisian baterai sekitar 23,38 kWh dikenakan biaya cas mobil listrik hampir Rp58.000. Salah satu keuntungan mengisi daya pada SPKLU atau charging station adalah waktu yang lebih cepat daripada di rumah.

Baca juga: Dukung Mobil Listrik Ikutan Mudik, PLN Siapkan Ratusan SPKLU

Astra Otoparts juga memiliki beberapa SPKLU di Jakarta, seperti di Astra Otoservices Kelapa Gading, Cibubur, Fatmawati, Meruya, juga Astra Otoservices di Serpong dan Galaxy, Bekasi.

Biaya cas mobil listrik di rumah

charger mobil listrik

Bila ingin mencas mobil listrik di rumah, kamu perlu tahu dulu berapa kapasitas watt listrik rumah. Misalnya, untuk mobil listrik Toyota bZ4X, butuh daya listrik minimal 3.500 watt dengan portable charging dan minimal 7.700 watt dengan wall charging

Total daya isi baterai Toyota bZ4X adalah 71,4 kW dengan daya tempuh perjalanan hingga 500 kilometer.

Baca juga: Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah, Berapa Biayanya?

Sebagai simulasi, berikut perkiraan biaya cas mobil listrik Toyota bZ4x di rumah dengan dua tipe soket charger yang dimilikinya (charger AC Type 2 untuk pengecasan normal dan CCS2 untuk fast charging).

  • AC Type 2 menggunakan arus listrik AC:

Cas terhubung wall charger dengan daya maksimal 7,7 kWh (7.700 watt); tarif listrik 3.500 VA: biaya per kWh Rp1.699 (Januari 2023).

Untuk kapasitas baterai 71,4 kW dari kosong hingga penuh mengeluarkan biaya listrik sekitar Rp121.308. Biaya cas nantinya akan dibebankan pada harga per kWh listrik di rumah kamu.

Baca juga: Ngecas Mobil Listrik vs Biaya Isi Bensin, Mana Lebih Hemat?

  • Soket CCS2:

Alat ini umum ditemui di lokasi SPKLU dengan sumber arus listrik DC. Dengan tarif listrik sekitar Rp2.475 per kWh, maka pengisian dari kosong hingga penuh mengeluarkan biaya Rp176.715. Ini belum termasuk biaya pajak dan administrasi.

Cara isi daya di SPKLU

pln mobile

Untuk melakukan proses mengecas mobil listrik di charging station alias SPKLU, berikut cara mudahnya.

  1. Unduh aplikasi PLN Mobile di Playstore dan App Store..
  2. Pilih ikon Electric Vehicle di kanan atas aplikasi.
  3. Kemudian klik ikon warna hijau bertuliskan SPKLU. Nantinya akan terlihat SPKLU terdekat dari lokasi kamu. 
  4. Pilih lokasi di mana SPKLU yang dikunjungi.
  5. Kemudian klik tab charger dan pindai barcode yang tersedia di mesin pengisian daya kendaraan listriknya.
  6. Pilih atau tulis berapa daya yang akan diisi.
  7. Setelah itu, masuk ke pembayaran yang dilakukan dengan transaksi dompet digital
  8. Sudah membayar, masukan nozzle pengisian baterai ke tempat pengisian baterai mobil
  9. Tunggu sampai tahap sinkronisasi baterai selesai, baru proses pengisian daya akan dimulai.
  10. Saat pengisian daya selesai, prosesnya akan berhenti otomatis. Cabut kembali nozzle dan letakkan pada SPKLU.

Baca juga: Mudik Gratis BUMN Dibuka, Begini Cara Daftar dan Jadwalnya

Mudah bukan cara mengisi daya mobil listrik di SPKLU? Nah, mulai sekarang, sebelum bepergian, yuk cek lokasi SPKLU terdekat sebagai antisipasi mengecas mobil listrik supaya perjalananmu jadi lebih nyaman dan aman.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.