Toyota GR Supra Facelift Jadi Lebih Bertenaga dan Stabil

Selain Toyota GR Super Sport Concept, ada juga Toyota GR Supra facelift di Indonesia. Mau tau lebih jauh? Ini ulasan selengkapnya.

Toyota GR Supra facelift

Dalam ajang World Endurance Championship (WEC) di Sirkuit de la Sarthe, Prancis, atau seri Le Mans, Toyota Motor Corporation (TMC) mengenalkan sebuah hypercar yang dilabeli Toyota GR Super Sport Concept besutan TOYOTA GAZOO Racing (TGR).

Toyota GR Super Sport Concept diklaim dapat menyemburkan tenaga hingga 1.000 ps. Mesinnya menggunakan twin-turbo direct injection V6 berkapasitas 2.400 cc yang dipadukan mesin motor elektris bertenaga 735 kW.

Perpaduan ini dikenal sebagai Toyota Hybrid System-Racing (THS-R).

Toyota GR Super Sport Concept masih dalam tahap pengembangan dan tidak akan diproduksi massal mengingat mobil ini ditujukan untuk kebutuhan kompetisi ajang WEC.

Tapi untuk pecinta kecepatan di Indonesia, tidak perlu cemburu, sebab setelah satu tahun resmi mengaspal di jalanan Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan penyegaran pada Toyota GR Supra menjadi jauh lebih bertenaga, stabil, dan sporty.

Baca juga: Sejarah Toyota Supra dan Daya Tariknya di GIIAS 2019

Mobil sport legendaris Toyota dengan tampilan coupe ini kembali dikembangkan dalam balutan excitement untuk memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan (pure driving pleasure) baik dilintasan pacu maupun di jalan raya.

Lantas ubahan apa saja yang dilakukan? Ini ulasan selengkapnya.

Toyota GR Supra facelift

Lebih bertenaga dan stabil

Toyota GR Supra facelift menggendong mesin 3.000 cc 6 silinder segaris, hanya saja kini kini mampu menghasilkan tenaga maksimal yang lebih besar dari 340 ps menjadi 387 ps.

Tenaga maksimal ini dapat dicapai pada putaran mesin 5.800–6.500 RPM dengan torsi maksimal sekitar 500 Nm pada putaran mesin 1.800–5.000 RPM.

Selanjutnya pada ruang mesin Toyota GR Supra facelift, terdapat ubahan berupa penambahan strut brace yang tidak hanya mampu membuat cengkraman ban menjadi lebih kuat, namun juga meningkatkan kestabilan saat dipacu dalam kecepatan tinggi dan saat melewati tikungan.

Baca juga: Legenda Mobil Sport Era 90an, Toyota Celica dan Toyota Supra

Tidak hanya itu, agar lebih mantap di tikungan, Toyota GR Supra dibekali wheelbase 2.470 milimeter dan distribusi berat kendaraan yang dibuat seimbang yaitu 50:50 antara bagian depan dengan belakang.

Guna lebih memperkuat drive ability, mobil ini dilengkapi teknologi Limited Slip Diffrential (LSD) yang dikontrol secara elektronik.

Fitur ini mampu membuat mobil ini meluncur mulus saat di tikungan, dan bisa segera dipacu begitu berada pada track lurus.

“Melalui New GR Supra ini, kami  ingin  menegaskan komitmen untuk senantiasa melakukan improvement dalam menghadirkan produk-produk terbaik melebihi ekspektasi, sejalan dengan semangat Toyota dalam mewujudkan Ever–Betters Cars bagi para pelanggannya,” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor Henry Tanoto dalam keterangan pers.

Toyota GR Supra facelift

Eksterior dan interior

Namun, untuk bagian eksterior dan interior tidak banyak ubahan pada Toyota GR Supra facelift. Tampilan yang kian sporty juga tergambar dari penambahan logo Supra pada kaliper merah rem depan yang ikut menambah nilai estetika Toyota GR Supra bagi penggunanya.

Baca juga: Toyota 2000GT, Mobil JDM Legendaris yang Banyak Diburu

Sementara pada ruang kabin yang kini didominasi warna hitam, terdapat penambahan fitur wireless charger yang membuat Toyota GR Supra facelift tidak hanya sporty dan bertenga, namun juga memiliki teknologi yang advance.

Toyota GR Supra facelift atau New GR Supra juga hadir dengan varian Special Edition yang tampil menonjol dengan warna Horizon Blue.

Selain warna, khusus untuk varian Special Edition, Toyota GR Supra dilengkapi beberapa ubahan yang sangat menguatkan image sebuah mobil sport seperti velg alloy sporty 19 inci dengan warna Matte Black, dan kursi yang dibalut dengan Black Alcantara with Blue Stitching, dan Blue Perforation Underlay.

Toyota GR Supra facelift

Harga dan ketersediaan

Toyota GR Supra dikembangkan oleh tim teknisi GAZOO Racing melalui serangkaian uji coba yang panjang, baik di jalan raya maupun sirkuit.

Baca juga: Perbedaan Toyota Alphard dan Toyota Vellfire, Serupa Tapi Tak Sama

Bahkan, meski masih dalam bentuk prototipe, mobil ini turut diikutsertakan dalam lomba ketahanan mobil di lintasan sirkuit Nürburgring, Jerman.

Hal ini bertujuan untuk menemukan komposisi dan kunci terbaik mobil sport sejati dengan tetap memberikan kenyamanan berkendara saat digunakan sehari-hari.

Harga Toyota GR Supra 3.0 L A/T 2.158.500.000, sedangkan harga Toyota GR Supra 3.0 L A/T Special Edition Rp 2.179.500.000.

“New GR Supra adalah persembahan terbaik dari Toyota untuk pengemar sport car di manapun berada, termasuk di Indonesia. Dari 12 unit yang dialokasikan untuk Indonesia, semuanya sudah habis terjual,” tutup Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy.

Tertarik untuk memilikinya? Buat kamu yang sangat ingin mendatangkan Toyota GR Supra facelift ke garasi, harap sabar menunggu ya, karena 12 unit yang tersedia sudah ludes terjual.