Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Perawatan Filter Udara untuk Performa Mobil Kijang Bekas

Tips Perawatan Filter Udara untuk Performa Mobil Kijang Bekas. Merawat filter udara adalah salah satu langkah penting untuk memastikan mobil Kijang bekas kamu tetap memiliki performa yang optimal. Filter udara yang bersih dapat membantu mesin beroperasi dengan lebih efisien, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan mengurangi emisi. Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips perawatan filter udara untuk mobil Kijang bekas kamu.

Tips Perawatan Filter Udara untuk Performa Mobil Kijang Bekas

Mengapa Perawatan Filter Udara Penting?

Sebelum kita masuk ke tips perawatan, penting untuk memahami mengapa merawat filter udara itu sangat penting. Filter udara berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu dari udara yang masuk ke mesin. Dengan filter udara yang bersih, mesin mobil Kijang bekas kamu akan mendapatkan aliran udara yang bersih dan cukup, sehingga dapat bekerja lebih efisien.

1. Cek Kondisi Filter Udara Secara Berkala

Salah satu langkah paling sederhana namun penting adalah rutin memeriksa kondisi filter udara. Untuk mobil Kijang bekas, sebaiknya cek filter udara setiap kali kamu melakukan servis rutin atau setiap 5.000 hingga 10.000 kilometer. Jika filter terlihat kotor atau tersumbat, maka saatnya untuk membersihkan atau menggantinya.

2. Bersihkan Filter Udara Secara Teratur

Jika filter udara mobil Kijang bekas kamu terbuat dari bahan yang dapat dibersihkan, pastikan untuk membersihkannya secara teratur. Kamu bisa menggunakan kompresor udara untuk meniup debu dan kotoran dari filter. Pastikan kamu melakukan ini di area yang terbuka dan jauh dari lingkungan yang berdebu.

3. Ganti Filter Udara Sesuai Jadwal

Meskipun kamu bisa membersihkan filter udara, ada saatnya kamu harus menggantinya. Untuk mobil Kijang bekas, disarankan untuk mengganti filter udara setiap 20.000 hingga 30.000 kilometer atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Mengganti filter udara secara tepat waktu akan memastikan mesin mendapatkan aliran udara yang optimal.

Baca Juga: Modifikasi Knalpot Innova Zenix, Yuk Simak!

4. Gunakan Filter Udara Berkualitas

Pilihlah filter udara berkualitas untuk mobil Kijang bekas kamu. Filter udara yang berkualitas tinggi dapat menangkap lebih banyak kotoran dan debu, sehingga melindungi mesin dengan lebih baik. Meskipun mungkin sedikit lebih mahal, investasi ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi performa mobil kamu.

5. Hindari Mengemudi di Lingkungan Berdebu

Mengemudi di lingkungan yang berdebu atau kotor dapat mempercepat penyumbatan filter udara. Jika memungkinkan, hindari area dengan banyak debu atau lakukan perawatan lebih sering jika kamu sering mengemudi di kondisi tersebut. Ini akan membantu menjaga filter udara tetap bersih lebih lama.

Dengan mengikuti tips perawatan filter udara di atas, kamu dapat memastikan mobil Kijang bekas kamu tetap memiliki performa yang optimal. Merawat filter udara tidak hanya membantu mesin beroperasi dengan lebih efisien, tetapi juga memperpanjang umur mesin dan menghemat biaya bahan bakar. Jadi, jangan lupa untuk rutin memeriksa, membersihkan, dan mengganti filter udara mobil Kijang bekas kamu!

Beli mobil bekas dengan cicilan terbaik di SEVA! Kamu juga bisa membeli mobil baru di SEVA dan mencoba berbagai fitur unggulan yang bisa kamu pakai, mulai dari fitur Car Discovery Platform. Fitur ini bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang kamu inginkan. Setelah menemukan mobil yang paling cocok untuk kamu, dapatkan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya dengan fitur Loan Calculator.

Nikmati fitur Instant Approval, kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas. Mau beli mobil baru, pilih yang #JelasDariAwal hanya di SEVA.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.