tenor kredit mobil

Tenor Kredit Mobil Bisa Mencapai 7 Tahun, Apa Untung dan Ruginya?

tenor kredit mobil

Tenor kredit mobil yang cukup banyak dipilih adalah 5 tahun, tetapi ada juga yang bisa mencapai 7 tahun. Bahkan beberapa dealer atau perusahaan pembiayaan ada yang menyediakan tenor kredit mobil yang mencapai 8 tahun. 

Namun lamanya waktu tenor yang dipilih ini memiliki keuntungan serta kerugiannya masing-masing. Biasanya lama tenor kredit mobil yang panjang ini dipilih jika memang penghasilan yang dimiliki tidak terlalu besar. 

Apalagi memang harga mobil-mobil di Indonesia saat ini kebanyakan dibanderol lebih dari ratusan juta. Untuk itu, melakukan kredit mobil seringkali menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin membeli mobil. 

Kelebihan tenor kredit mobil panjang

Ada berbagai kelebihan tenor kredit mobil dengan waktu cicilan yang panjang. Apa saja itu?

Besaran cicilan yang lebih kecil

mengatur uang thr

Kelebihan kredit mobil dengan tenor yang panjang salah satunya adalah pada besaran cicilan yang dibayarkan. Semakin lama tenor yang dipilih, semakin kecil juga cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. 

Baca juga: Ada Inflasi, Kredit Kendaraan Bermotor Tetap Laku

Untuk itu, sebelum membeli mobil dengan cara mencicil sebaiknya pastikan terlebih dulu kemampuan finansial yang dimiliki. Jangan sampai membeli mobil tetapi tidak mampu dalam membayar cicilan setiap bulannya. 

Uang bisa digunakan untuk keperluan lain

Memilih lama tenor yang panjang juga bisa memiliki kelebihan lain, yaitu penghasilan bisa digunakan untuk membayar cicilan lain. Cicilan yang harus dibayarkan akan lebih kecil jika tenor pinjamannya panjang, sehingga bisa digunakan untuk keperluan lainnya. 

Menghindari kredit macet

simulasi kredit mobil

Salah satu kelebihan kredit mobil lainnya adalah mencegah terjadinya kredit macet. Cicilan per bulanan yang ringan ini membuat pembayaran akan lebih mudah dan tentunya bisa menghindari terjadinya kredit macet. 

Kerugian tenor kredit mobil panjang

Tidak hanya ada kelebihan kredit mobil panjang, ternyata ada juga kerugiannya. Kira-kira apa saja ya?

Suku bunga yang ditawarkan lebih banyak

Meskipun cicilan yang dibayarkan per bulannya lebih ringan, tetapi bunga yang dibayarkan juga lebih tinggi. Bunga yang harus dibayarkan tersebut akan lebih tinggi semakin lama tenor yang dipilih tersebut.

Baca juga: Marak PHK Massal, Begini Cara Menyiapkan Modal Usaha untuk Berjaga-jaga

Semakin lama tenor yang dipilih maka bunga yang harus dibayarkan juga lebih banyak. Jika dijumlahkan, tentunya besaran bunga tersebut akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan pinjaman tenor pendek. 

Risiko terkena denda

kredit mobil baru

Pada umumnya, semakin lama pinjaman maka semakin besar juga risiko untuk mengalami gagal bayar atau telat bayar cicilan. Hal ini pastinya akan membuat denda yang harus dibayarkan dan pastinya akan lebih besar lagi biaya yang dikeluarkan. 

Harga yang lebih mahal

Salah satu kerugian lainnya dari pemilihan lama tenor yang panjang adalah harga mobil akan semakin mahal. Misalnya saja jika memilih tenor selama 7 tahun, tentunya cicilan yang semakin panjang tersebut akan membuat harga awal mobil semakin bertambah. 

Pilih tempat yang terpercaya

apa itu SEVA?

Buat yang ingin membeli mobil-mobil baru dengan kondisi yang maksimal, bisa langsung cek aja di SEVA ya. Jangan lupa juga menggunakan berbagai fitur unggulan yang bisa dipakai. 

Mulai dari fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang diinginkan. 

Baca juga: Warna Air Radiator Mobil, Apa Sih Beda dan Fungsinya?

Setelah menemukan mobil yang paling cocok untuk kamu, fitur Loan Calculator dapat memberikan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Kemudian ada juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas.

Beli mobil baru, ya di SEVA yang  #JelasDariAwal

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *