Sejarah Toyota Alphard, MPV Premium Terlaris di Indonesia

Merupakan MPV premium, mobil ini banyak digunakan oleh selebriti dan pejabat. Bagimana bisa? Ini sejarah Toyota Alphard.

sejarah toyota alphard

Untuk urusan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) kelas mewah, Toyota Alphard bukanlah nama yang asing di telinga masyarakat Indonesia.

Saat mengaspal di jalanan, mobil ini kerap menjadi pusat perhatian berkat desainnya yang elegan dan bodinya yang bongsor.

Selain dipilih menjadi mobil keluarga karena faktor daya tampung serta kenyamannya, dengan alasan yang sama ditambah cap mewah yang melekat pada mobil ini, sejumlah selebriti dan pejabat pun memilih mobil ini sebagai kendaraan harian.

sejarah toyota alphard

Arti nama Toyota Alphard

Berbicara sejarah Toyota Alphard, namanya diambil dari nama sebuah bintang. Yaps, bintang Alphard atau sering disebut juga Alpha Hydrae merupakan bintang paling terang dalam rasi bintang Hydra dengan jarak 177 tahun cahaya.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Deretan Mobil Hybrid Toyota

Rasi bintang Hydra bentuknya menyerupai seekor ular, dan bintang Alphard berada di tengahnya. Dengan karakteristiknya yang paling terang, bintang Alphard mendapat julukan The Heart of The Snake.

Makanya tidak heran, bila emblem grille depan Toyota Alpard melambangkan ular, bukan logo seperti mobil Toyota pada umumnya.

sejarah toyota alphard

Generasi pertama

Sejarah Toyota Alphard bermula pada tahun 2002, saat mobil ini pertama kali diproduksi di Jepang. Tujuannya adalah untuk bersaing dengan MPV premium lain yang sudah hadir lebih dulu.

Untuk promosinya, aktor Jean Reno didapuk sebagai bintang iklan TV di Jepang pada saat itu.

Pada generasi pertama, MPV premium ini menggunakan mesin 2AZ-FE berkonfigurasi 4 silinder 2.400 cc VVT-i yang menghasilkan tenaga 160 daya kuda. Lalu ada pilihan mesin V6 3.000 cc berkode 1MZ-FE dengan tenaga 220 daya kuda. Tenaganya disalurkan ke roda depan dengan transmisi otomatis 4 percepatan dan 5 percepatan.

Baca juga: Semua yang Pertama dalam Sejarah Toyota di Indonesia

Toyota Alphard generasi pertama mendapat facelift pada tahun 2005 dengan sedikit ubahan, seperti ukuran velg 16 atau 17 inci serta ada penambahan varian mesin hybrid.

Berkat ketenaran dan kemewahan mobil ini di negara asalnya, sejumlah negara lain tertarik mendatangkan Toyota Alphard, tidak terkecuali Indonesia.

sejarah toyota alphard

Generasi pertama Toyota Alphard di Indonesia hadir melalui jalur importir umum (IU), tapi meski begitu Alphard cukup mendapat perhatian masyarakat tanah air.

Karena masuk melalui jalur IU, spesifikasinya berbeda-beda, bahkan ada yang masih berbahasa Jepang untuk bagian pengaturannya.

Baca juga: Lebih Dekat Mengenal Toyota Supra dari Generasi ke Generasi

Namun secara umum, varian yang masuk ke Indonesia adalah G, V, ASG, dengan mesin 2.400 cc, serta MZ dan MZG untuk mesin 3.000 cc.

Harga Toyota Alphard bekas generasi pertama sangat terjangaku. Dengan kondisi mobil yang bagus dan kemewahan yang tidak luntur dimakan waktu, harga Toyota Alphard bekas bisa setara dengan harga mobil LCGC baru. Menarik bukan?

sejarah toyota alphard

Generasi kedua

Generasi kedua merupakan sejarah Toyota Alphard hadir secara resmi di Indonesia melalui jalur Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), yaitu PT Toyota Astra Motor (TAM).

Desain Toyota Alphard yang hadir pada tahun 2008 ini tampil lebih agresif namun tetap mempertahankan kesan mewah yang memang sudah tertanam dalam DNA-nya.

Bentuk lampu utama kini lebih tajam dari sebelumnya yang membulat. Begitu juga dengan bentuk lampu bagian belakangnya.

Sementara pada bagian interior, Toyota Alphard generasi kedua diklaim lebih nyaman, baik di bagian pengemudi maupun di bagian penumpang hingga ke belakang.

Baca juga: Sejarah Toyota Camry, Mobil Wajib Pejabat Negara

sejarah toyota alphard

Pada sektor dapur pacu, masih menggunakan mesin yang sama dengan pendahulunya, yakni 2AZ-FE berkonfigurasi 4 silinder 2.400 cc dengan tenaga lebih besar yang mencapai 170 daya kuda.

Selanjutnya untuk mesin berkonfigurasi V6 mendapatkan mesin baru berkapasitas 3.500 cc dengan tenaga 280 daya kuda transmisi otomatis 6 percepatan. Pada tahun 2011 hadir juga varian mesin hybrid.

Hadirnya generasi kedua ini dibarengi dengan saudara kembarnya yakni Toyota Vellfire, versi sporty dari Toyota Alphard namun dengan kemewahan yang sama.

Varian yang ditawarkan di Indonesia lewat jalur ATPM adalah X dan G. Sedangkan lewat jalur IU ada varian Z, X, G, S dan ZG. Untuk varian tertinggi ZG mendapatkan 18 speaker, kamera 360, double sunroof, dan power back door.

Baca juga: Testimoni dan Pengalaman Fitra Eri Beli Mobil Bekas di Pilihan Expert

Tertarik memiliki Toyota Alphard bekas? Kamu bisa memilih dan membelinya di Pilihan Expert Seva.id. Tidak perlu ragu dan khawatir soal kualitasnya karena sudah terjamin. Bahkan Youtuber Fitra Eri pun membeli Toyota Alphard generasi kedua bekas melalui Pilihan Expert Seva.id.

Lihat Produk

sejarah toyota alphard

Generasi ketiga

Sejarah Toyota Alphard yang kini memasuki generasi ketiga pada tahun 2015 mengusung tiga jantung pacu responsif nan efisien.

Mesin pertama adalah 2AR-FE 2.494cc 4-silinder DOHC Dual VVT-i bertransmisi CVT untuk varian 2.5 X A/T dan 2.5 G A/T. Sedangkan mesin kedua ialah hybrid, dan terakhir 2GR-FE 3.456 cc V6 DOHC Chain Drive with Dual VVT-i bertransmisi 6 Speed A/T Sequential untuk varian 3.5 Q A/T.

Dukungan jantung pacu Toyota Alphard yang mumpuni turut dibalut fitur-fitur keselamatan mutakhir. Sebut saja kehadiran fitur ABS, EBD, Vehicle Stability Control, serta dukungan Airbag 7 titik (khusus 3.5 Q A/T) tersedia untuk memastikan keselamatan berkendara selalu terjamin.

Baca juga: Toyota New Alphard dan New Vellfire: Sang “Kereta Kencana” Kokohkan Hegemoni

sejarah toyota alphard

Kualitas premium yang ditonjolkan lewat New Elegant Theme Interior Design dipastikan memberikan Toyota Alphard nuansa kabin luas, lapang, serta jok berlapis leather dengan konfigurasi yang bisa diatur senyaman mungkin.

Impresi premium dan mewah yang disuguhkan pada area interior Toyota Alphard juga berlanjut ke area eksterior, di mana MPV premium Toyota ini menghadirkan guratan desain modern dan elegan lewat New Front Aerokit Design dan New Rear Aerokit Design.

Kehadiran Power Electric Backdoor serta Power Sliding Door pun memberikan rasa kemudahan mengakses kabin Toyota Alphard bagi para pemiliknya.

Pada tahun 2018 Toyota Alphard generasi ketiga dan Toyota Vellfire mendapatkan facelift. Khusus varian tertinggi, 3.5 Q, pihak engineer Toyota sedikit memberikan upgrade pada sektor dapur pacu.

Baca juga: Melirik Keunggulan dan Jenis Mesin Hybrid pada Mobil

sejarah toyota alphard

Kini mesin berspesifikasi 3.5 liter V6 DOHC Chain Drive with Dual VVT-i ini dipadukan transmisi baru 8 percepatan otomatis. Tak lupa fitur mutakhir Auto Idling juga tersedia agar mesin lebih optimal dalam konsumsi BBM sekaligus tetap ramah lingkungan.

Lihat Produk

Melihat sejarah Toyota Alphard dengan segala kemewahan yang ditawarkan, tidak heran bila mobil ini menjadi MPV premium yang paling laris di Indonesia. Hingga Januari 2020, Toyota Alphard telah mencetak total penjualan 25.421 unit. Bahkan di tahun 2019 Toyota Alphard membukukan market share 94,4 persen.

Tertarik memilikinya?