Search Cars

Berita Utama Otomotif

Puncak Arus Balik Lebaran 2024! Siaga Hadapi Lonjakan Arus, Jalur Arteri dan Skema Lalu Lintas Terpadu Disiapkan

Puncak Arus Balik Lebaran 2024! Siaga Hadapi Lonjakan Arus, Jalur Arteri dan Skema Lalu Lintas Terpadu Disiapkan

Puncak arus balik Lebaran 2024 di perkirakan terjadi malam ini, Senin (15 April 2024). Kepolisian menyiapkan strategi antisipasi lonjakan arus lalu lintas kendaraan yang kembali menuju Jakarta dan sekitarnya. Jalur arteri di siagakan sebagai alternatif jika jalan tol Trans Jawa mengalami kepadatan parah.

Antisipasi Kepadatan: Jalur Arteri dan Skema Lalu Lintas Terintegrasi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan kesiapan skema lalu lintas untuk mengurai kepadatan saat puncak arus balik. Jalur arteri akan di fungsikan sebagai alternatif tatkala volume kendaraan di jalan tol membludak.

“Apabila jalur tol tetap penuh, maka kami mempersiapkan jalur arteri untuk menjadi alternatif di titik-titik tertentu,” ujar Sigit saat meninjau kesiapan arus balik di Gerbang Tol Cikampek Utama (GT Cikatama), Senin (15/4/2024).

Selain jalur arteri, skema lalu lintas lain yang tetap di berlakukan adalah kebijakan one way dan contraflow di ruas tol arah Jakarta. Kebijakan ini di harapkan dapat memperlancar arus kendaraan dan mencegah kemacetan parah.

Skema Pengalihan Arus dan Koordinasi Antar Petugas

Tak hanya itu, pihak kepolisian juga akan melakukan pengalihan arus secara situasional. Hal ini di lakukan terutama jika terjadi penumpukan kendaraan di jalur arteri, khususnya di sekitar kawasan wisata.

“Kebijakan terkait one way, kemudian contraflow, tetap akan kita laksanakan termasuk juga pengalihan arus di jalur arteri juga tetap akan kita laksanakan,” tutur Sigit.

Lebih lanjut, Kapolri menghimbau masyarakat untuk memahami dan mematuhi arahan petugas. Skema pengaturan lalu lintas ini bertujuan untuk kelancaran arus balik secara keseluruhan, termasuk mengantisipasi kepadatan di tempat wisata.

Koordinasi yang erat antara petugas di jalan tol dan jalur arteri menjadi kunci kelancaran arus balik. Petugas akan saling bertukar informasi terkait kondisi terkini di lapangan.

“Itupun juga kita atur kalau memang di jalur arteri maksimal itu per jamnya hanya 800 kendaraan, apabila lebih dari itu kita tidak akan masukkan. Jadi di antara petugas yang ada di jalan tol dan ada petugas yang di jalan arteri tentunya akan saling menginformasikan,” jelas Sigit.

Tips Aman dan Lancar saat Arus Balik Lebaran

Bagi kamu yang sedang melakukan perjalanan arus balik, berikut beberapa tips yang dapat membantu perjalananmu lebih aman dan lancar:

  • Pantau informasi lalu lintas terkini: Tetap update dengan informasi terbaru mengenai kondisi lalu lintas melalui radio, aplikasi navigasi, atau sumber terpercaya lainnya. Ini akan membantu kamu memilih rute perjalanan yang optimal dan menghindari kemacetan parah.
  • Patuhi arahan petugas: Ikuti arahan dan instruksi petugas kepolisian di lapangan. Mereka sigap membantu kelancaran arus lalu lintas dan mengantisipasi potensi kemacetan.
  • Manfaatkan jalur alternatif: Jika jalur tol mengalami kepadatan, jangan ragu untuk menggunakan jalur arteri yang di sediakan sebagai alternatif. Namun, tetap perhatikan batas kapasitas kendaraan yang di perbolehkan melintas di jalur arteri.
  • Pastikan kondisi kendaraan prima: Sebelum memulai perjalanan, pastikan kondisi kendaraanmu dalam keadaan prima. Periksa tekanan angin ban, kondisi rem, lampu-lampu kendaraan, dan mesin secara menyeluruh.
  • Jaga kondisi kesehatan: Pastikan kamu dan seluruh penumpang dalam kondisi kesehatan yang baik. Istirahatlah secukupnya saat lelah dan hindari memaksakan di ri untuk terus berkendara.
  • Patuhi batas kecepatan: Jangan terlena dengan situasi jalan yang lengang dan mengebut. Patuhi batas kecepatan yang berlaku demi keselamatan bersama.
  • Siapkan perlengkapan perjalanan: Bawalah perlengkapan perjalanan secukupnya, seperti makanan ringan, minuman, dan obat-obatan pribadi. Ini akan berguna untuk menjaga stamina selama perjalanan.

Selamat Sampai Tujuan dan Tetap Waspada

Puncak arus balik Lebaran memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pemudik yang kembali ke Jakarta. Namun, dengan perencanaan yang matang, informasi terkini, dan kesabaran, perjalanan kamu bisa tetap lancar dan nyaman.

Patuhilah selalu aturan lalu lintas dan ikuti arahan petugas kepolisian. Semoga perjalanan arus balik kamu dan keluarga berjalan lancar dan selamat sampai tujuan.

Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan. Mari bersama wujudkan arus balik yang aman, nyaman, dan sehat untuk semua pengguna jalan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.