Search Cars

Berita Utama Otomotif

Apa Penyebab Macet Parah di Puncak Bogor? Ini Penjelasan Pihak Kepolisian

Macet parah di kawasan Puncak, Bogor memang kerap kali terjadi memasuki waktu libur seperti Lebaran. Mengapa hal ini bisa terjadi?

macet parah puncak

Kondisi macet parah yang terjadi di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat beberapa waktu menjadi sorotan. Hal ini karena lokasi tersebut memang seringkali mengalami penumpukan kendaraan, terutama pada masa-masa liburan. 

Selama ini kawasan Puncak di Bogor, Jawa Barat ini memang menjadi tempat wisata favorit bagi masyarakat. Banyak masyarakat yang tidak mudik keluar kota dan memilih Puncak sebagai tempat menghabiskan waktu libur Lebaran. 

Tidak hanya orang yang ingin melakukan wisata, ada juga masyarakat yang mudik ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Hal ini tentunya menambah kepadatan arus lalu lintas di daerah tersebut. 

Penyebab macet parah di Puncak

ganjil genap puncak

Salah satu penyebab terjadinya macet parah di kawasan Puncak adalah karena kapasitas yang berlebih. Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin.

Baca juga: Cegah Macet Mudik Jalan Tol Sebaiknya Pakai Sistem Terbuka, Apa Maksudnya?

“Kapasitas Puncak itu kurang lebih 28.000 (kendaraan), tetapi dari hasil pemantauan itu ternyata sampai 160.000,” ujarnya. Dengan angka tersebut, tidak heran bisa menyebabkan terjadinya kepadatan di kawasan Puncak. 

Ia juga menambahkan, “Berdasarkan perhitungan kami per pukul 00.00 WIB (Selasa), 60.000 lebih kendaraan untuk roda empat dan 100 ribuan lebih untuk roda dua melintasi jalur Puncak Bogor sejak Minggu malam.” 

Titik kemacetan di kawasan Puncak

jadwal buka tutup puncak

Berdasarkan keterangan Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo, terdapat titik-titik kemacetan di Puncak. Diantaranya adalah sekitar kawasan wisata, penginapan dan hotel yang memang padat pengunjung. 

Ibrahim juga menambahkan bahwa rekan-rekannya dari Polres Bogor dan Polres Cianjur saling berkoordinasi untuk mengatasi macet parah ini. Salah satunya dengan memberlakukan rekayasa lalu lintas kendaraan sistem one way

Baca juga: Kredit Macet di Tengah Jalan, Apa Sih Solusi Terbaiknya?

Menurut Iman, penyekatan itu memang harus dilakukan agar sistem one way bisa berjalan lancar, oleh karena arus kendaraan yang datang dari arah berlawanan sudah dikuras.

“Kami sudah jelaskan kepada masyarakat yang menunggu proses one way atau sedang pemendingan, bahwa ini kami lakukan dalam rangka mengurai arus dan memberikan kelancaran,” ujarnya. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Matikan AC Mobil saat Macet Bisa Bikin BBM Lebih Hemat?

Macet parah di Puncak bisa diatasi

ganjil genap puncak

Mengenai macet parah yang terjadi di kawasan Puncak ini, Ibrahim mengklaim bahwa hal tersebut bisa diatasi. Salah satunya adalah dengan melakukan kerjasama antara Polres Bogor dan Polres Cianjur dengan baik untuk mengatur lalu lintas. 

“Rata-rata kepadatan arus lalu lintas kendaraan tidak sampai satu jam. Jadi kepadatan yang terjadi bisa terurai, tidak sampai satu jam sudah bisa terurai kembali,” kata Ibrahim dikutip dari Kompas.com. 

Secara umum ia juga menyimpulkan bahwa selama arus mudik di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat ini tidak ada kemacetan yang berarti. Meskipun memang ada beberapa titik seperti tol dan jalan arteri mengalami kepadatan arus lalu lintas. 

Meskipun kepadatan lalu lintas ini bisa diatasi, sebaiknya bagi pemudik tetap harus memerhatikan titik-titik rawan macet di Puncak tersebut. Sebaiknya pilih waktu yang tidak banyak dipilih orang untuk menghindari kepadatan ya. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.