Search Cars

Berita Utama Otomotif

Pemberlakuan Ganjil Genap di Puncak Bogor Masih Ada, Catat Jadwalnya

Kawasan Puncak Bogor masih menerapkan ganjil genap meskipun libur Hari Raya Nyepi sudah lewat. Cek langsung jadwal lengkapnya.

puncak bogor

Ganjil genap Puncak Bogor masih tetap diberlakukan pada Jumat, 24 Maret 2023 meskipun cuti bersama sudah selesai. Penerapan ganjil genap ini dilakukan untuk mengurai kepadatan yang biasanya terjadi di kawasan tersebut, terutama setelah adanya libur panjang. 

Penerapan ganjil genap Puncak ini juga sudah sesuai dengan aturan yang dibuat oleh Kemenhub. Terdapat pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 84 Tahun 2021 tentang pengaturan lalu lintas di Ruas Jalan Nasional Ciawi Puncak Bogor.

Jadwal ganjil genap Puncak Bogor

ganjil genap puncak

Untuk jadwal ganjil genap Puncak Bogor sendiri bisa langsung dicek di laman resmi Instagram TMC Polres Bogor, yaitu @tmcpolresbogor

Baca juga: Rest Area Arah Jakarta, Mana Saja yang Paling Nyaman

“Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 84 Tahun 2021. Pemberlakuan Ganjil Genap Di Jalur Puncak Berlaku Setiap Hari Jumat Mulai Pukul 14.00 WIB s/d Hari Minggu Pukul 24.00 WIB,” tulis unggahan tersebut.

Untuk itu, bagi pengendara yang melewati kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat ini harus memastikan sudah sesuai. Jika melewati salah satu kawasan wisata di Jawa Barat pada tanggal genap, pastikan pelat nomor mobil genap begitupun sebaliknya. 

Berlaku situasional

ganjil genap

Bagi pengendara yang melintasi Puncak Bogor, Jawa Barat dan melanggar aturan nantinya akan diputar balik oleh petugas. Tidak hanya itu saja, skema lain yaitu one way juga biasanya akan diterapkan selama libur panjang atau cuti bersama. 

Baca juga: Pentingnya Istirahat Saat Mengemudi di Tol Trans Jawa

Meskipun demikian, aturan ganjil genap ini bersifat situasional dan tergantung pada kondisi lapangan. Nantinya akan ada beberapa jenis kendaraan yang boleh melintas salah satu tempat wisata di Jawa Barat ini. 

Inilah beberapa jenis kendaraan yang mendapat pengecualian untuk melintas ketika penerapan ganjil genap: 

  • Kendaraan pimpinan lembaga Negara Republik Indonesia
  • Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara
  • Kendaraan dinas dengan tanda nomor kendaraan bermotor dinas berwarna dasar merah dan/atau nomor dinas Tentara Nasional Indonesia (TNI)/Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)
  • Kendaraan pemadam kebakaran
  • Kendaraan ambulans
  • Kendaraan angkutan umum dengan tanda nomor kendaraan bermotor berwarna dasar kuning
  • Kendaraan yang digerakkan dengan motor listrik
  • Kendaraan bertanda khusus yang membawa penyandang disabilitas
  • Kendaraan untuk kepentingan tertentu (Kendaraan Bank Indonesia, Kendaraan bank lainnya, Kendaraan untuk pengisian anjungan tunai mandiri)
  • Kendaraan warga yang berdomisili di sekitar ruas Jalan nasional Ciawi-Puncak nomor 074 dan ruas Jalan nasional Puncak-batas Kota Cianjur nomor 075

Jalur alternatif yang bisa dilalui

jalur alternatif

Jika ingin menghabiskan waktu libur panjang karena adanya cuti bersama tanpa harus melalui ganjil genap, bisa mencari jalur alternatif. Terdapat jalur alternatif yang bisa menjadi pilihan untuk bisa sampai ke salah satu tempat wisata favorit di Jawa Barat ini, yaitu: 

  1. Tol Sentul Selatan-Babakan Madang-Pasir Angin dengan rute arah Jakarta menuju Puncak, keluar di Simpang Pasir Angin. Jalur tersebut memiliki panjang sekitar 20 kilometer dan lebar jalan enam meter.
  2. Cileungsi-Jonggol-Cariu dengan rute Jakarta-Cianjur-Bandung. Jalur tersebut memiliki panjang sekitar 55 kilometer, dengan lebar jalan sekitar delapan meter.
  3. Cilember-Jogjogan-Ciburial. Jalur tersebut merupakan alternatif mudik dan wisata Puncak dengan panjang jalan sekitar delapan kilometer dan lebar sekitar lima meter.
  4. Jatiwangi-Bendungan-Ciawi, yaitu rute alternatif balik jalur Puncak dengan panjang sekitar 13 kilometer dan lebar enam meter.
  5. Cigombong/Caringin-Cipaku Kota Bogor, dengan rute dari Sukabumi menuju Cipaku Kota Bogor. Jalur ini memiliki panjang sekitar 14,7 kilometer dan lebar jalan sekitar delapan meter.

Jadi, untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di Puncak Bogor sebaiknya catat jadwal ganjil genap ini ya. Atau bisa melalui rute-rute alternatif yang tersedia agar perjalanan liburanmu bisa lebih nyaman pastinya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.