Search Cars

Berita Utama Otomotif

Skema Lalu Lintas One Way Saat Arus Balik, Apa yang Harus Diperhatikan?

Penerapan one way bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kemacetan di jalan tol. Apa saja yang harus diperhatikan?

one way

Rekayasa lalu lintas one way diberlakukan oleh pihak Jasa Marga bersama dengan Korlantas Polri pada arus balik Lebaran 2023. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kepadatan kendaraan. 

Diharapkan untuk para pemudik, khususnya yang menggunakan mobil pribadi, untuk mengikuti skema one way yang berlaku untuk memperlancar perjalanan pulang ke kota masing-masing. 

Tidak hanya itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengemudi saat mengikuti skema one way. Apa saja?

Perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas

polisi lalu lintas

Disampaikan Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, penting bagi pengemudi untuk memperhatikan rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan selama perjalanan, khususnya yang menggunakan jalur tol. 

Baca juga: Putar Balik di Jalan Tol, Apa Sanksi dan Mengapa Terlarang?

Misalnya, saat menghadapi perubahan skema lalu lintas one way yang berdampak pada penggunaan bahu jalan dan jalur darurat. 

“Untuk jalur utama, bahu jalan, dan rest area tetap berada di kiri, begitu pula jalur darurat. Sedangkan untuk jalur one way, bahu jalan, jalur darurat dan rest area berada di kanan,” terang Aan melansir laman NTMC Polri (www.ntmcpolri.info), Rabu (26/4/2023). 

Gerbang Tol Kalikangkung

Seperti yang terjadi di Tol Kalikangkung menuju Tol Cikampek Utama. Skema lalu lintas one way diberlakukan di sana di jalur kanan selama arus balik. 

Baca juga: Mudik Lebaran Lewat Tol, Cari Tahu Perbedaan Jenis-jenis Rest Area

Dengan demikian, penggunaan bahu kanan, jalur darurat dan rest area juga berada di sebelah kanan. Sementara pada jalur utama yang berada di sebelah kiri, maka bahu jalan, jalur darurat dan rest area-nya ada di sebelah kiri.   

Tujuan adanya rekayasa lalu lintas

denda pelanggaran lalu lintas

Salah satu tujuan rekayasa lalu lintas adalah  untuk memudahkan petugas dalam melakukan evakuasi. Dalam kondisi normal pintu tol berada di sebelah kiri dan pada jalur one way ini pintu keluarnya ada di sebelah kanan juga. 

Baca juga: Bayar Tol Tanpa Setop, Kapan Diberlakukan di Indonesia?

Penyesuaian jalur keluar tol ini juga untuk memudahkan pengguna jalur satu arah keluar tol bila menghadapi masalah pada kendaraannya. 

“Perubahan ini berlaku selama pelaksanaan one way, sehingga (perubahan sebelah kanan) mudah untuk dievakuasi dan untuk keselamatan, karena ada markanya khusus garis tidak terputus,” terang Aan lagi.

Baca juga: DIY Kuras Radiator Mobil, Mudah dan Hemat!

Informasi ini sebelumnya sudah disosialisasikan pihak-pihak terkait melalui media sosialnya, yaitu pada laman NTMC dan juga Jasa Marga. 

Jadwal dan lokasi one way

tol jakarta cikampek

Rekayasa one way sudah mulai diberlakukan Senin, 25 April 2023. Pada Tol Kalikangkung skema ini bermula di KM 414 hingga Gerbang Tol Cikampek Utama. 

Setelah itu dilanjutkan contra flow dari KM 70 hingga KM 47 dengan menggunakan tiga lajur. Hal ini dikatakan Kakorlantas Irjen Firman Santyabudi dalam kesempatan berbeda.

Jika volume kendaraan pemudik meningkat,maka skema contra flow akan dilanjutkan hingga KM 36.

Baca juga: Waspada Saat Mudik, Kenali 4 Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol 

“Kemudian dilanjutkan sampai KM 21, dengan catatan KM 70 sampai KM 66 dua lajur, kemudian sampai KM 48 tiga lajur, contra flow KM 48-KM 36 dua lajur dan apabila saat padat, dilanjutkan KM 36 sampai KM 21 tol Cikampek,” kata Firman.

puncak arus mudik

Sebelumnya diprediksi puncak arus balik Lebaran 2023 akan terjadi pada 24-25 April dan 1 Mei. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau, pemudik menunda kepulangannya bila memungkinkan. 

“Tentu saja bagi mereka yang tidak mungkin menunda tidak ada larangan untuk tetap balik tanggal 24 dan 25 April 2023,” ucap Muhadjir, Minggu (23/4).

Baca juga: Kabin Panas, Begini Cara Menyalakan AC dan Mematikannya

Singkat kata, diimbau untuk para pemudik yang menggunakan mobil melalui jalan tol selama arus balik untuk mengikuti skema one way ini sebaik-baiknya. Yuk, jaga ketertiban selama perjalanan demi keselamatan bersama!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.