Search Cars

Tips & Rekomendasi

Waspada Saat Mudik, Kenali 4 Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol

Ada 4 penyebab kecelakaan di jalan tol. Ini juga yang harus diwaspadai saat kamu mudik Lebaran nanti. Apa sajakah itu?

Kecelakaan di jalan tol

Kecelakaan di jalan tol masih saja terus terjadi bahkan setiap tahunnya, persentasenya selalu bertambah. Berdasarkan catatan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) kasusnya selalu meningkat dari tahun ke tahun. 

Pada tahun 2021 saja, tercatat ada sebanyak 3.9888 kasus dengan korban meninggal 377 jiwa. Kemudian pada tahun 2022, terdapat 4.487 kasus dengan korban meninggal mencapai 438 yang menunjukkan kenaikan sebesar 12,51 persen dari tahun sebelumnya. 

Lantas, apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan di jalan tol? Cek informasinya di infografis berikut ini:

kecelakaan di jalan tol

Agar kecelakaan di jalan tol tidak terjadi, pengemudi sebaiknya menerapkan sikap defensive driving. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecelakaan atau konflik dengan pengemudi lain di jalan. 

Defensive driving untuk mencegah kecelakaan di jalan tol

Mengemudi dengan sikap defensive driving membawa seorang pengemudi harus waspada terhadap lingkungan sekitarnya, memperkirakan potensi bahaya dan selalu siap untuk bertindak dengan cepat.

Baca juga: Lokasi SPBU Terdekat di Rest Area Sepanjang Tol Trans Jawa

Dengan mengadopsi sikap defensive driving, pengemudi dapat meningkatkan keselamatan mereka di jalan dan mengurangi risiko terlibat dalam kecelakaan. 

mobil terlibat kecelakaan

Selain itu, sikap ini juga membantu mengurangi stres dalam berkendara dan membuat pengemudi lebih santai dan aman di jalan. Berikut penerapan sikap ini saat berkendara di jalan.

  • Berikan jarak yang aman dengan kendaraan di depan. Sebagai aturan umum, pastikan ada jarak minimal 2 detik antara kendaraanmu dan kendaraan di depan.
  • Perhatikan perilaku pengemudi lain di sekitar. Jika melihat pengemudi lain melakukan perilaku yang berbahaya, beri jarak yang lebih aman atau hindari area tersebut.
  • Hindari terlalu banyak membunyikan klakson atau lampu isyarat. Gunakan klakson atau lampu isyarat hanya jika benar-benar diperlukan.
  • Jangan mengemudi terlalu cepat atau terlalu lambat. Sesuaikan kecepatan dengan kondisi jalan dan cuaca serta patuhi batas kecepatan yang berlaku.

Baca juga: Tips Agar BBM Irit Selama di Perjalanan Ketika Melakukan Mudik 2023

Dengan mengadopsi sikap defensive driving, kamu dapat membantu mengurangi risiko terlibat dalam kecelakaan dan membuat perjalanan menjadi lebih aman dan santai.

Jangan lupa, mampir ke posko Astra Siaga Lebaran 2023 untuk mengecek kondisi kendaraan dan beristirahat. Untuk mengetahui lebih detail apa saja yang ada di posko Astra Siaga Lebaran, cek website SEVA, ya. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.