Search Cars

Review Otomotif

Perbedaan Toyota New Calya Setelah Resmi Diluncurkan

Hadir dengan desain baru yang lebih segar sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Berikut perbedaan Toyota New Calya dengan yang sebelumnya.

Toyota New Calya

Setelah tiga tahun diluncurkan, atau tepatnya pada tahun 2016, berlokasi di Kembang Goela, Jakarta pada 16 September 2019, akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan penyegaran pada Toyota Calya.

 

Sesuai slogan kehadirannya, yaitu Partner in Times, Toyota New Calya juga diharapkan tak hanya mumpuni dalam mendukung aktivitas keseharian, tetapi juga bisa menjadi partner yang handal pada setiap momen bersama keluarga maupun kerabat.

 

“Toyota New Calya merupakan implementasi komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond. Sentuhan penyegaran yang diberikan makin meningkatkan nilai tambah Toyota New Calya sebagai mobil keluarga yang tak hanya memiliki fungsionalitas beragam, tapi kini juga tampil semakin gaya, tangguh, dan nyaman dikendarai,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata.

Toyota New Calya

Baca juga: Membuktikan Ketangguhan Toyota All New Calya untuk Perjalanan Jauh

 

Karena begitu dekat dengan masyarakat dan keluarga Indonesia, tidak heran bila hingga Agustus 2019 atau 3 tahun setelah diluncurkan ke pasar, penjualan Toyota Calya mencapai 214.977 unit.

 

Lantas, apa saja perbedaan Toyota New Calya dengan yang sebelumnya dan ubahan di dalamnya? Simak penelusuran Seva.id!

Toyota New Calya

Eskterior agresif

Mobil zaman now harus memiliki tampang yang memikat di jalan. Ini dibuktikan oleh Toyota New Calya dengan penampilan yang agresif dan modern di depan.

 

Untuk lampu utama Toyota New Calya kini menggunakan teknologi LED yang desainnya mirip dengan kepunyaan Toyota All New Avanza. Ini jadi poin utama perbedaan Toyota New Calya dengan yang sebelumnya. Sementara, bagian grille-nya dihiasi dengan dark chrome.

 

Perbedaan Toyota New Calya dengan yang sebelumnya dari sisi eksterior adalah bagian velg. Meski masih sama-sama menggunakan velg alloy dual tone ring berdiameter 14 inci yang dibalut ban dengan profil 175/65, namun desain velg pada Toyota New Calya ini lebih segar dan dinamis.

Toyota New Calya

Di bagian spion, selain dapat diatur secara elektris, spion pada Toyota New Calya juga dapat dilipat secara otomatis dari bagian dalam.

 

Beralih ke belakang, menyelaraskan dengan bagian depan, ornamen yang menghiasi pintu bagasi juga sudah berkelir dark chrome, menambahkan aura agresir dan modern di multi purpose vehicle (MPV) tujuh penumpang ini.

 

Tidak ketinggalan, lampu dengan L-shape terbalik menjadi trademark Toyota dalam mencitrakan mobil yang sporty pun dibenamkan dalam Toyota New Calya.

Toyota New Calya

Interior makin nyaman

Sentuhan penyegaran pada interior tak hanya mampu mewujudkan kesan makin lebih nyaman, hangat, dan lega, tapi juga meningkatkan kesan prestige, dalam berkendara dengan Toyota New Calya.

 

Selain penggunaan warna coklat gelap (dark brown) yang melapisi dashboard dan kursi pengemudi maupun penumpang untuk semua tipe, Toyota New Calya juga dilengkapi dengan fitur lainnya.

 

Begitu masuk ke dalam kabin, perbedaan Toyota New Calya dengan yang sebelumnya yang paling mencolok adalah hadirnya audio steering switch. Dengan adanya fitur ini, pengemudi tidak perlu memindahkan tangan dari lingkar kemudi ketika ingin mengganti mode audio atau mengatur volume.

Toyota New Calya

Selain itu, Toyota New Calya pun hadir dengan audio head unit baru dengan fitur touch screen yang menghadirkan kesan lebih modern di dalam kabin.

 

Fitur lain yang menjadi perbedaan Toyota New Calya dengan yang sebelumnya di dalam interior ini meliputi laci penyimpanan di bawah jok penumpang depan, lampu iluminasi pada tuas transmisi otomatis, kantong penyimpanan pada jok belakang pengemudi, tombol pelipatan spion otomatis, serta tempat penyimpanan multifungsi di bagian dashboard.

Toyota New Calya

Kabin lega

Di samping perbedaan di atas, tetap ada keunggulan yang masih terdapat dan dipertahankan dari Toyota Calya.

 

Sebagai mobil keluarga dengan kapasitas tujuh orang penumpang, karena posturnya kompak, penggunaan sasis monokok membuat lantai Toyota New Calya dapat dibuat serendah dan serata mungkin. Tidak hanya itu, aplikasi mesin gerak roda depan membuat ruang mesin dapat dibuat sekompak mungkin sehingga porsi kabin bisa diperluas.

 

Bahkan penumpang di jok baris ketiga sekalipun dapat duduk dengan nyaman berkat bubble head lining di atap.  Guna menjaga kenyamanan, jok tengah dapat dimaju-mundurkan untuk mendapatkan ruang kaki yang pas.

 

Baca juga: Jauh Lebih Hemat Jadi Alasan LCGC Wajib Pakai BBM RON 92

Toyota New Calya

Penumpang belakang dapat naik dengan mudah dengan adanya fitur one touch tumble untuk melipat jok tengah. Semua didapat tanpa mengurangi porsi bagasi, bahkan penumpang dapat melipat jok belakang ke depan jika dibutuhkan volume bagasi lebih luas.

 

Tidak hanya itu kejutan pada kabin Toyota New Calya, karena MPV ini terasa nyaman dan membuai di jalan. Pengemudi tidak akan kesulitan melahap segala kondisi jalan. Pun ketika diisi penumpang dan barang penuh saat diajak pemiliknya berlibur atau mudik Lebaran.

Toyota New Calya

Fitur lengkap di kelasnya

Masalah klasik mengendarai mobil keluarga di Indonesia adalah suhu udara yang tinggi di siang hari. Semakin menyulitkan ketika seluruh baris jok diduduki penumpang dan dalam kondisi jalan macet.

 

Solusinya, Toyota New Calya memiliki fitur rear air circulator yang membuat penumpang paling belakang sekalipun dapat memperoleh udara sejuk AC dari kabin depan.

 

Bermodalkan postur tubuh dan mesin kompak, pengguna Calya juga tidak akan merasa kesulitan saat parkir di kawasan mal atau rumah dengan garasi terbatas berkat fitur modern Electronic Power Steering (EPS) dan sensor parkir.

Toyota New Calya

Sementara fitur power outlet untuk charger ponsel di baris jok tengah memastikan penumpang dapat terus terhubung dengan gadget.

 

Dari sisi keamanan, penumpang akan dilindungi oleh sabuk keselamatan tiga titik di seluruh jok, dual dua airbag pada bagian, serta rem dengan teknologi  ABS + EBD.

 

Untuk pengaman dari pencurian, remote kunci dilengkapi immobilizer. Termasuk keberadaan stabilizer bar di sistem suspensi yang membuat mobil keluarga ini tidak kehilangan unsur fun to drive.

Toyota New Calya

Mesin kompak

Pengguna mobil zaman now di segmen entry MPV, menginginkan produk yang simpel, praktis, namun tetap dapat mengakomodasi segala kebutuhan.

 

Pada Toyota New Calya, pengemudi akan terpuaskan oleh performa unit berkode 3NR-VE 1.197 cc 4 silinder bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11 kgm pada 4.200 rpm.

 

Aplikasi mesin empat silinder menjanjikan aliran tenaga yang halus dan minim vibrasi via opsi transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed.

 

Mesin Calya yang kompak dan advance dilengkapi teknologi Dual VVT-i terasa memadai untuk dipakai di perkotaan dan diajak touring ke luar kota, bahkan menelusuri jalan pegunungan sekalipun.

 

Baca juga: Tips Mudik Menggunakan Mobil LCGC

 

Pengguna Toyota Calya juga akan tersenyum gembira lantaran mobil ini efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Toyota New Calya

Harga dan warna

Toyota New Calya hadir dengan tujuh pilihan warna, seperti putih, silver metallic, grey metallic, hitam, merah, orange metallic, dan satu warna baru bronze mica metallic.

 

Sementara untuk harga, pihak TAM mengakui ada kenaikan, tapi tidak signifikan bila dibanding yang sebelumnya. Rata-rata hanya berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 2.000.000 saja. Bila dilihat dari penambahan fitur  serta ubahan yang ada, kenaikan harga ini masih sangat wajar.

 

Baca juga: Impresi Pertama All New Toyota Corolla Altis: Makin Sporty dan Canggih

 

Toyota New Calya hadir dengan varian lengkap yang menggunakan transmisi manual maupun otomatis.

Toyota New Calya

Berikut harga Toyota New Calya:

  • Toyota New Calya G A/T – Rp 156.400.000
  • Toyota New Calya G M/T – Rp 146.400.000
  • Toyota New Calya E A/T – Rp 153.413.000
  • Toyota New Calya E M/T – Rp 140.263.000
  • Toyota New Calya E STD – Rp 137.463.000

 

Berniat memiliki Toyota New Calya? Upgrade hidupmu bersama Seva.id!

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.