mudik

Peralatan Darurat yang Harus Ada di Mobil Selama Perjalanan Mudik

mudik

Bagaimana dengan persiapan mudik kamu, sudah menyiapkan apa saja? Saat mempersiapkan perjalan jangan cuma bawa koper isi barang pribadi dan oleh-oleh, ya. Perjalanan naik mobil, wajib persiapkan barang-barang untuk kondisi darurat juga loh. 

Idealnya, peralatan darurat untuk berjaga-jaga bila mobil mengalami masalah akan sangat berguna bila lokasimu jauh dari bengkel

Yuk simak, perkakas cadangan apa saja yang wajib dibawa bila terjadi situasi darurat saat perjalanan mudik.

Mudik wajib bawa dongkrak

ban serep

Ini komponen wajib terutama bila kamu juga turut membawa ban cadangan atau ban serep. Bila kamu membeli mobil baru, biasanya kamu juga akan mendapatkan dongkrak lengkap dengan kunci pas untuk membuka baut ban, serta segitiga peringatan. 

Baca juga: DIY Tambal Ban Mobil Sendiri dalam Keadaan Darurat

Sebaiknya, alat-alat ini jangan pernah kamu keluarkan dari bagasi mobil. Dan selesai dipakai, segera kembalikan ke tempatnya semula. 

APAR mobil

Penyebab mobil terbakar

Kepanjangan APAR adalah alat pemadam api ringan. Alat ini biasanya digunakan untuk mematikan api pada kebakaran kecil yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu selama perjalanan mudik Lebaran 2023. 

Sejak tahun 2000, setiap mobil baru wajib melengkapi kendaraannya dengan APAR. Sementara pemilik mobil lama, bisa melengkapinya sendiri. Harganya di toko online berkisar Rp50 ribuan untuk volume 500 gram. 

Buku manual

Ayo, siapa di sini yang pernah atau bahkan sering membaca-baca buku manual mobilnya? Sering kali buku ini dianggap sepele dan diabaikan. Padahal, buku manual merupakan ‘kitab suci’ bagi kendaraanmu di mana isinya banyak memuat informasi mengenai jenis mobilmu, loh. 

Kabel jumper

jumper aki

Sebaiknya kamu juga membawa komponen ini dalam perjalanan mudik Lebaran 2023. Alat ini akan sangat berguna bila kamu mengalami mogok karena masalah aki tekor.

Mudik bawalah pengukur tekanan ban

cek tekanan ban mobil

Untuk memastikan tekanan udara di ban mobil ideal, jangan lupa bawa serta pengukur tekanan udara (tyre pressure gauge). Pengukur tekanan udara ban mobil ada dua jenis: analog dan digital

Baca juga: Tekanan Angin Ban Mobil Harus Dicek Sebelum Perjalanan Jauh, Apa Alasannya?

Bedanya pengukur tekanan ban analog berbentuk silinder dengan penunjuk jarum berupa satuan tekanan psi, bar, dan lainnya yang memiliki tandanya masing-masing. 

Sedangkan pengukur tekanan ban digital lebih modern dengan menggunakan sistem digital berupa angka numerik yang menampilkan satuan tekanan psi, bar dan kpa.

Senter

senter mudik

Berguna sebagai penerangan di malam hari saat mobil dalam kondisi darurat. Meski terkadang dalam situasi tertentu kamu bisa mengandalkan lampu dari ponsel, tapi cahaya senter jauh lebih terang.

Oli dan minyak cadangan

Sering ganti merek oli mesin saat mudik

Seperti oli mesin, cairan rem, dan cairan radiator. Memang, sih, belum tentu digunakan tapi kan tidak ada salahnya dibawa juga. 

Kotak P3K

p3k kotak obat

Sebagai tambahan yang juga tak kalah penting adalah kotak P3K. Di dalamnya ada obat anti mabuk, obat demam, cairan antiseptik, kain kasa, peniti, termometer, tisu alkohol, gunting, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Cara Pakai Jalur Darurat Rem Blong di Jalan Tol, Jangan Panik!

Jangan remehkan kotak obat ini karena akan sangat berguna sebagai peralatan medis untuk pertolongan pertama.

Kartu e-toll wajib diisi saat mudik

jalan tol mudik

Benda ini wajib banget dibawa terutama bila kamu mudik naik mobil melalui tol. Isi saldo uang elektronik secukupnya dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau. 

Mampir ke Astra Siaga Lebaran saat mudik

lokasi Astra Siaga Lebaran mudik

Hal yang tidak kalah penting adalah mampir di posko Astra Siaga Lebaran saat perjalanan mudik. Selain bisa beristirahat dan menikmati aneka fasilitas di sana, kondisi kendaraanmu juga bisa dicek.

Astra Siaga Lebaran hadir di 14 lokasi yang terdapat di sepanjang jalur mudik Tol Trans Jawa hingga Tol Trans Sumatera. Keempat belas lokasi tersebut adalah:

  • Cikampek, Rest Area Tol Jakarta-Cikampek KM 57 dan KM 62B
  • Cipali, Rest Area Tol Cipali KM 102A
  • Nagreg, RM Genah Rasa 2, Jl. Nagreg KM 36 Citaman, Nagreg
  • Cirebon, Tol Palimanan-Kanci KM 207A dan Tol Kanci Pejagan KM 229B
  • Salatiga, Rest Area Tol Semarang-Solo KM 456A dan KM 456B
  • Buntu, Jl. Buntu-Sumpiuh KM 1.5 Desa Kebarongan 2/9, Kemranjen, Banyumas
  • Jombang, Rest Area Tol Jombang-Mojokerto KM 695A
  • Paiton, SPBU 5468310 Utama Raya, Krajan, Banyuglugur, Situbondo
  • Merak, Rest Area Tol Merak KM 68A
  • Lampung, Rest Area Tol Bakauheni Terbanggi Besar KM 87A arah Palembang dan Tol Bakauheni-Kayuagung KM 163A
  • Palembang, Pondok Pindang Bu Ijah Jl. Sriwijaya No.16 Kertapati, Palembang

Selamat mempersiapkan mudik Lebaran 2023. Siapkan peralatan darurat dan mampir ke posko Astra Siaga Lebaran untuk memastikan semua kondisi kendaraan dalam keadaan baik.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *