Search Cars

Tips & Rekomendasi

Perbedaan Jenis Ban Cadangan Space Saver dan Full Size

Tahukah kamu ada beberapa jenis ban cadangan? Nah, agar tidak salah paham, ayo kenali berbagai ragam serta perbedaannya.

jenis ban cadangan

Jenis ban cadangan ternyata ada beberapa jenis dan penting untuk diketahui pemilik mobil. Umumnya, orang memahami ban serep sebagai ban pengganti saat kondisi darurat.

Lazimnya letak ban cadangan ada di bagian bagasi mobil, di bagian kolong mobil atau ada juga yang diletakkan pada pintu bagian belakang mobil.

Melihat dari perbedaan bentuk, ternyata jenis ban serep ada yang disebut dengan ban space saver dan juga ban tipe full size. Apa itu maksudnya?

jenis ban cadangan

Ban cadangan full size

Jenis yang dimaksud dengan ban full size adalah tipe ban serep yang bentuk dan ukurannya sesuai dengan keempat ban utama di mobil. 

Baca juga: Ban Mobil Perlu Dirotasi, Apa Alasannya dan Bagaimana Caranya?

Sebagai contoh, jika keempat ban mobil menggunakan ukuran 180/70 R15 maka ban cadangan full size yang tersedia juga berukuran sama persis.

Artinya, ban ini memang sama jenis dan tipenya dengan keempat ban lain yang digunakan pada kendaraan tersebut. Kebanyakan mobil-mobil terbaru menggunakan ban cadangan jenis ini.

Lalu apa yang dimaksud dengan jenis ban serep space saver? Apakah ban ini aman digunakan?

jenis ban cadangan

Ban space saver

Ban cadangan jenis ini sebenarnya sama-sama berfungsi sebagai ban pengganti saat kondisi darurat. Hanya saja, ukuran ban ini lebih kecil dari keempat ban mobil lainnya.

Baca juga: Baut Velg Mobil 4 dan 5, Apa Bedanya?

Mengapa demikian? Umumnya ban space saver diberikan pabrikan untuk mobil yang tidak memiliki ruang bagasi besar untuk menaruh ban cadangan. Seperti namanya, space saver yang kurang lebih artinya penghemat tempat.

Ban jenis ini tidak membutuhkan tempat penyimpanan luas seperti pada ban full size. Selain itu biasanya juga menggunakan velg model kaleng yang lebih kecil dan ringkas.

Mobil yang menggunakan ban jenis ini biasanya bertipe city car atau hatchback.   

jenis ban cadangan

Faktor keamanan

Apakah ban space saver aman digunakan saat kondisi darurat? Ban ini meski memiliki ukuran lebih kecil dan terlihat ringkih, tetap aman digunakan. 

Baca juga: Velg Mobil Peyang, Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Namun harap diingat, ban space saver direkomendasikan untuk dipakai maksimal hingga jarak tempuh sejauh 100 kilometer saja. 

Selanjutnya, bagi mobil yang menggunakan jenis ban cadangan ini hanya boleh melaju dengan kecepatan maksimum 80 kilometer per jam.

Karena dimensinya tidak ideal seperti ban utama mobil lainnya, maka penggunaan ban space saver tidak bisa dipakai secara reguler atau dalam waktu yang lama.

Baca juga: Rutin Cek Tekanan Ban Mobil Banyak Manfaatnya Loh!

Itu semua demi kenyamanan dan keselamatan pengendara. Diharapkan sebelum jarak tempuh 100 kilometer tercapai, maka pengendara dapat menemukan bengkel ataupun tempat aman untuk melakukan perbaikan pada ban kendaraannya.

jenis ban cadangan

Jenis ban cadangan lain

Selain kedua jenis ban serep di atas, ada juga ban cadangan bertipe folding tyre atau ban lipat. Bagaimana penjelasannya?

Ban jenis ini biasanya disimpan dalam kondisi kempes atau tidak terisi angin. Penyimpanannya dengan cara melipat sebagian ban. Ban jenis ini harus diisi anginnya terlebih dahulu sebelum digunakan. 

Baca juga: Pengertian Sparepart Mobil Fast Moving dan Slow Moving

Umumnya mobil-mobil yang menggunakan ban jenis ini telah disediakan pompa angin portable.

Meski dinilai lebih praktis dari jenis ban cadangan full size, namun ban lipat ini punya beberapa kelemahan.

Kelemahan pertama adalah ketebalan karet ban serta lebar tapaknya lebih kecil dari ban reguler. Kelemahan kedua adalah jumlah tekanan angin yang digunakan lebih tinggi dari tekanan ban reguler, yaitu sekitar 60 Psi.

jenis ban cadangan

Tips saat memakai ban kecil

Jika dalam kondisi darurat kamu harus mengganti ban kempes dengan model ban cadangan space saver, ikuti beberapa hal ini demi keselamatan.

  • Jaga kecepatan minimum 50 kilometer per jam dan jangan melebihi batas 80 kilometer per jam.
  • Jangan bermanuver secara ekstrim, misal berbelok tajam atau menikung dengan kecepatan tinggi, Kondisi ban space saver riskan dipakai untuk manuver ekstrim.
  • Hindari menaruh beban pada bagian ban yang menggunakan space saver.

Baca juga: Indonesia Bakal Punya Jalan Tol Terpanjang yang Melintasi 2 Provinsi

Dengan mengetahui perbedaan jenis ban cadangan, pengemudi diharapkan dapat lebih paham fungsinya di saat darurat. Untuk perawatan, periksa selalu tekanan angin pada ban serep secara berkala.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.