Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mogok di Jalan Tol Saat Perjalanan Mudik Lebaran, Apa yang Harus Dilakukan?

Mengalami mogok di jalan tol ketika sedang mudik Lebaran memang tidak menyenangkan. Jika terjadi, apa yang harus dilakukan?

mogok di jalan tol

Kejadian mogok di jalan tol mungkin merupakan salah satu masalah yang ditemui ketika sedang mudik Lebaran. Apalagi jika terjadi di tengah kemacetan, banyak pengemudi yang masih merasa kebingungan. 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan jika mengalami mogok di jalan tol, pengemudi sebaiknya jangan panik. Jika pengemudi merasa panik, justru akan sulit berpikir jernih dan bisa melakukan hal-hal yang merugikan. 

Setelah merasa tenang, ketahui langkah-langkah antisipasi yang harus dilakukan. Apa saja kira-kira yang harus dilakukan pengemudi?

Pinggirkan mobil ke bahu atau pinggir jalan

mobil akan mogok

Hal pertama yang dilakukan jika mengalami mogok di jalan tol adalah dengan meminggirkan mobil. Bawa mobil ke bahu atau pinggir jalan untuk mencegah terjadinya kemacetan atau mengganggu pengguna jalan lainnya. 

Baca juga: 16 Jalan Tol Baru yang Bakal Dibuka Jelang Lebaran 2023

Jika ini terjadi pada saat mudik Lebaran, tentu bisa menyebabkan hambatan dan akhirnya menyebabkan kemacetan. Akan tetapi, jika mobil tiba-tiba berhenti bisa menghubungi layanan derek jalan tol.

Nyalakan lampu hazard

Saat mobil mogok di jalan tol, nyalakan lampu hazard untuk menandakan bahwa kamu sedang berada dalam kondisi darurat. Lampu hazard ini juga berguna untuk memberi sinyal kepada pengendara lain agar berhati-hati ketika melintas di area sekitar mobil. 

Cek lampu indikator saat mogok di jalan tol 

arti lampu indikator

Pada umumnya, lampu indikator mobil bisa menjadi petunjuk untuk mengetahui penyebab mobil mogok. Beberapa lampu indikator pada mobil, antara lain indikator temperatur, indikator tekanan oli, indikator check engine, indikator bensin, dan indikator aki. 

Bahkan pada beberapa mobil juga dilengkapi dengan indikator tekanan ban. Biasanya salah satu lampu indikator tersebut akan menyala jika ada komponen yang bermasalah.

Cek komponen yang bermasalah

mobil iverheating

Langkah selanjutnya jika sudah mengetahui komponen yang bermasalah dari lampu indikator, bisa langsung memeriksanya. Sebagai contoh, jika lampu indikator oli habis menyala maka sebaiknya kamu langsung segera melakukan pengisian. 

Baca juga: Tips Menyalip Truk dan Kendaraan Besar yang Aman

Jika lampu indikator karburator menyala, bisa langsung menghubungi tempat servis mobil resmi untuk mengeceknya. Akan tetapi, jika lampu indikator menunjukkan overheat kamu bisa memasukkan cairan coolant untuk menurunkan suhu mesin.

Menghubungi Jasa Marga jika mogok di jalan tol

mobil akan mogok

Bagi para pemudik tidak perlu khawatir karena Jasa Marga sudah menyiapkan One Call Center untuk memudahkan pengguna jalan. Bagi pengendara yang sedang mudik Lebaran, bisa langsung menghubungi nomo 14080. 

Nomor tersebut sudah terintegrasi dengan sentral komunikasi Jasa Marga di seluruh wilayah Indonesia. Saat menelepon ke nomor tersebut, kamu bisa memilih 3 lokasi di mana kamu berada.

Baca juga: Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

Pilihannya yaitu Jabodetabek dan Purbaleunyi, Trans Jawa, dan juga Luar Pulau Jawa/Nusantara.

Astra Siaga Lebaran sambut mudik 2023

perjalanan mudik

Agar mudik 2023  selalu lancar dan tidak mengalami mogok di jalan, kamu tidak perlu khawatir karena akan ada Astra Siaga Lebaran. Pada tahun ini, Astra Siaga Lebaran akan kembali hadir agar perjalanan mudik tahun ini lebih aman dan nyaman. 

Tahun lalu, Astra Siaga Lebaran hadir mendukung arus mudik dengan jumlah 115 bengkel siaga siap membantu para pemudik. Astra Siaga Lebaran juga memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, mulai dari cek kesehatan sampai pengecekan kondisi kendaraan yang digunakan.

Baca juga: Toyota Yaris Facelift Dikenalkan di Thailand, Bagaimana Spesifikasi dan fiturnya?

Mudik 2023 kali ini, tentunya Astra Siaga Lebaran akan hadir dengan semakin banyak jumlah bengkel siaga yang tersedia. Bahkan bengkel-bengkel siaga tersebut disebar tidak hanya di Pulau Jawa tetapi juga sampai ke Sumatera Selatan. 

Jadi, mudik 2023 nanti akan tetap menyenangkan selama berada di perjalanan!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.