Search Cars

Berita Utama Otomotif

Modifikasi Plat Nomor Mobil? Boleh Asal Sesuai Aturan!

Modifikasi Plat, Pernah kepikiran untuk modifikasi sedikit plat nomor mobil supaya terlihat lebih keren dan beda dari yang lain? Eits, jangan buru-buru langsung di modifikasi, ya! Meskipun kelihatannya sepele, ada aturan khusus mengenai plat nomor kendaraan lho. Kalau kamu terlanjur modifikasi sembarangan, bisa-bisa kena tilang di jalan. Nah, supaya tetap aman dan kendaraanmu tetap keren, yuk simak dulu aturan dan tips aman modifikasi plat nomor berikut ini!

Baca Juga : Nikmati Tenor Daihatsu Sigra Terbaik Sesuai Kebutuhanmu!

plat mobil hilang, Modifikasi Plat

Plat Nomor: Identitas Wajib Kendaraanmu

Perlu kamu tahu, plat nomor kendaraan bukan hanya pelengkap penampilan mobil saja. Plat nomor adalah identitas wajib kendaraan bermotor yang fungsinya untuk registrasi dan pendataan. Selain itu, plat nomor juga memudahkan pihak berwenang melakukan identifikasi kendaraan jika terjadi pelanggaran lalu lintas atau kejahatan.

Modifikasi Plat Nomor yang di larang

Aturan mengenai spesifikasi dan larangan modifikasi plat nomor tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Berdasarkan undang-undang tersebut, ada beberapa jenis modifikasi plat nomor yang di larang, di antaranya:

  • Mengubah bentuk plat nomor: Plat nomor kendaraan harus tetap dalam bentuk persegi panjang sesuai dengan standar yang di tetapkan. Modifikasi seperti membuat plat nomor melengkung atau menyesuaikan bentuk bumper mobil di larang keras.
  • Mengubah warna plat nomor: Warna dasar plat nomor sudah di tetapkan pemerintah, yaitu hitam untuk kendaraan pribadi dan putih untuk kendaraan umum. Modifikasi warna plat nomor dengan cara di cat atau di tempel stiker di larang karena bisa menyulitkan penerbacaan oleh kamera tilang elektronik.
  • Menutupi sebagian plat nomor: Menutupi sebagian plat nomor dengan pelindung plat nomor yang terlalu besar atau menggunakan aksesoris lain di larang. Plat nomor harus terlihat secara utuh dan jelas.
  • Mengubah tulisan atau angka pada plat nomor: Tulisan huruf dan angka pada plat nomor tidak boleh di ubah sedikitpun. Modifikasi seperti menggunakan huruf kapital atau font yang tidak standar di larang karena bisa menyulitkan identifikasi kendaraan.

Modifikasi Plat Nomor yang di perbolehkan

Meskipun terdapat banyak larangan, ada sedikit kelonggaran untuk kamu yang tetap ingin memodifikasi plat nomor mobil. Berikut ini beberapa jenis modifikasi yang masih di perbolehkan:

  • Memberikan bingkai plat nomor: Kamu masih bisa menggunakan bingkai plat nomor asalkan ukurannya sesuai dan tidak menutupi bagian plat nomor sedikitpun. Pilihlah bingkai yang transparan supaya plat nomor tetap jelas terlihat.
  • Memberikan lampu LED sebagai penerangan: Modifikasi ini di perbolehkan asalkan cahaya lampu LED tidak menyilaukan pengendara lain.
  • Memberikan stiker atau emblem: Kamu bisa menambahkan stiker atau emblem kecil pada plat nomor sebagai hiasan. Namun, pastikan stiker atau emblem tersebut tidak menutupi tulisan atau angka pada plat nomor.
  • Menggunakan cat khusus: Ada beberapa jenis cat khusus yang bisa di gunakan untuk memberikan efek atau warna pada plat nomor. Pastikan kamu memilih cat yang tidak memantulkan cahaya dan tidak membuat plat nomor sulit di baca.

Baca Juga: Kenali Gejala dan Solusi Kampas Kopling Habis Granmax 2023

Tips Aman Modifikasi Plat Nomor

Sebelum kamu memodifikasi plat nomor mobil, pastikan kamu sudah memahami aturan dan larangan yang berlaku. Berikut ini beberapa tips aman untuk memodifikasi plat nomor:

  • Konsultasikan dengan bengkel terpercaya: Jika kamu tidak yakin dengan cara modifikasi yang ingin kamu lakukan, konsultasikan dengan bengkel terpercaya. Bengkel akan membantumu memodifikasi plat nomor sesuai dengan aturan yang berlaku.
  • Gunakan bahan yang berkualitas: Gunakan bahan yang berkualitas tinggi untuk modifikasi plat nomor supaya hasilnya rapi dan tahan lama. Hindari menggunakan bahan yang mudah rusak atau menyilaukan pengendara lain.
  • Perhatikan estetika: Meskipun kamu ingin plat nomor mobilmu terlihat keren, pastikan modifikasinya tidak berlebihan dan tetap memperhatikan estetika. Plat nomor yang terlalu ribet atau mencolok justru bisa membuat mobilmu terlihat tidak sedap di pandang.

Kesimpulan

Modifikasi plat nomor boleh di lakukan asalkan sesuai dengan aturan dan tips aman yang telah di sampaikan. Ingatlah bahwa plat nomor bukan hanya pelengkap penampilan, tetapi juga identitas wajib kendaraanmu. Modifikasi yang tidak tepat bisa berakibat fatal, seperti kena tilang atau bahkan menjadi korban kejahatan. Oleh karena itu, modifikasilah dengan cerdas dan tetap utamakan keselamatan berkendara.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.