Search Cars

Review Otomotif

Mobil Diesel Tangguh, Pilih Isuzu Panther atau Isuzu Mu-X?

Ingin memiliki mobil diesel? Simak dulu nih perbedaan Isuzu Panther dan Isuzu Mu-X supaya bisa pas dengan budget serta kebutuhan.

oli mesin diesel

Jargon Rajanya Diesel sudah sangat melekat dengan brand Isuzu. Brand otomotif asal Jepang ini cukup konsisten menelurkan mobil diesel yang terkenal tangguh sejak awal kemunculannya.

Pada tahun 1960, Isuzu mulai memasarkan produknya di Indonesia. Produk yang paling dikenal saat itu adalah Isuzu Bison. Seiring perjalanannya, Isuzu semakin dikenal dengan produknya yang menjadi legenda, yaitu Isuzu Panther.

Kesuksesan Isuzu Panther berlanjut pada Isuzu Mu-X yang pertama kali mengaspal di Indonesia sejak tahun 2014 sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) tangguh.

Bahkan di tahun 2020, tepatnya pada 9 November, Isuzu Mu-X facelift telah diluncurkan di Thailand.

Baca juga: Kenapa Isuzu Disebut Sebagai Rajanya Diesel?

Mobil ini dibangun dengan tampang yang gagah dan modern, ditambah dengan fitur yang tidak dimiliki oleh SUV lain di kelasnya.

Lantas, apa bedanya Isuzu Panther dan Isuzu Mu-X?

Isuzu Panther

Isuzu Panther

Isuzu Panther sudah dipercaya sebagai mobil andalan keluarga. Sebutan “Isuzu Rajanya Diesel” tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat terhadap Isuzu Panther.

Pada generasi terakhir atau generasi keempat 2013, Isuzu Panther menggendong mesin berkode 4JAIL yang dikenal memiliki durabilitas tinggi dan sudah teruji sejak lama bisa mengonsumsi solar berkualitas rendah sekalipun.

Baca juga: Bertahan Lebih dari 2 Dekade, Ini Sejarah Isuzu Panther

Mesin diesel tersebut berkapasitas 2.500 cc dengan turbo. Tenaganya mencapai 80 daya kuda di putaran 3.500 rpm. Adapun torsi yang mampu dihasilkan adalah 19,5 kgm di setiap putaran 1.800 rpm.

Varian Isuzu Panther yang tersedia saat ini adalah LS Turbo, Grand Touring, dan LV FF.

Lihat Produk

Perubahan yang dilakukan Isuzu Panther terlihat mengikuti tren pasar tetapi tetap mempertahankan ciri khasnya sebagai mobil diesel tangguh dan kokoh.

Daihatsu Rocky

Interior Isuzu Panther

Berkapasitas 7-8 orang, Isuzu Panther sangat cocok untuk dijadikan mobil keluarga. Terlebih ada beberapa fitur hiburan yang disematkan seperti layar monitor yang tersemat di bagian atap mobil.

Layar tersebut bisa disinkronisasi dengan audio head unit pada bagian dashboard, dengan fitur radio, CD, MP3, dan DVD.

Baca juga: Apakah Mobil Isuzu Bisa Mengonsumsi Bahan Bakar Diesel Berkualitas Rendah?

Sedangkan untuk menjaga suhu di dalam kabin, dibenamkan air conditioner di bagian depan dan belakang atau bisa juga disebut double blower.

Fitur lain yang kekinian pun dijejal adalah adanya kamera parkir yang terintegrasi dengan spion di tengah. Jadi saat pindah ke gigi mundur spion tengah akan langsung menampilkan gambar yang ditangkap kamera.

kamera parkir mobil rusak

Isuzu Mu-X

Eksistensi mobil diesel tangguh ini sudah dimulai sejak tahun 2014, dengan menggunakan basis dari Isuzu D-Max yang sudah lebih dulu hadir di tanah air tahun 2003.

Bedanya, Isuzu D-Max bertipe double cabin, sedangkan Isuzu MU-X mengusung konsep SUV tujuh penumpang berpenggerak 4×4 dan 4×2.

Baca juga: Mengenal Isuzu MU-X Indonesia Sejak Peluncuran Pertama

Pada sisi kenyamanan, Isuzu Mu-X dilengkapi dengan stabilizer di bagian suspensi depan dan belakang. Independent coil spring menopang bagian depan sedangkan S-Link spring di bagian belakang.

Lalu, di sisi keamanan, mobil ini terasa sangat lengkap. Sistem pengereman rem sudah dilengkapi dengan empat cakram serta teknologi ABS, ABD, BA, TCS, HDC, dan HSA.

tuas rem

Setelah itu, pada bagian depan juga sudah terdapat corner sensor yang meminimalisirkan senggolan ketika parkir atau berkendara.

Tidak berhenti di situ, teknologi pada bagian mesin juga sudah sangat kekinian. Isuzu Mu-X (4×4) M/T menggunakan mesin common rail direct fuel injection dengan intercooled variable geometry system turbocharger dengan kapasitas 2.499 cc.

Baca juga: Teknologi yang Bikin Mesin Isuzu MU-X Hemat BBM dan Ramah Lingkungan

Selain teknologi common rail, Isuzu Mu-X juga sudah menggunakan dua filter bahan bakar, yaitu pre-filter dan main filter. Jadi, distribusi solar akan diterima lebih dulu oleh pre-filter, setelah itu baru dilanjutkan ke main filter.

Sistem pembakarannya juga didukung oleh Diamond Like Carbon (DLC) yang dapat menjaga mesin lebih bersih dari bahan bakar yang masuk.

Lihat Produk

Kedua mobil diesel di atas adalah pilihan terbaik. Suka bergaya vintage bisa memilih Isuzu Panther, sedangkan yang kekinian dan modern silakan pilih Isuzu Mu-X.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.