Mitos atau Fakta, Bahan Bakar RON 95 Lebih Baik dari RON 92

By Reka Harnis - April 6, 2021

Menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan atau RON lebih tinggi bisa meningkatkan kinerja mesin. Benarkah begitu?

isi bahan bakar

Agar performa kendaraan bisa maksimal, penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin sangat penting.

Biasanya, setiap pabrikan sudah memberikan rekomendasi bahan bakar dengan nilai oktan atau Research Octane Number (RON) yang sudah disesuaikan untuk kendaraan tersebut, baik sepeda motor maupun mobil.

Namun, tidak sedikit pemilik kendaraan yang menggunakan jenis bahan bakar dengan nilai oktan atau RON yang lebih tinggi atau lebih rendah dari yang direkomendasikan, karena beranggapan kalau hal tersebut mampu meningkatkan performa mesin, terutama dari sistem pembakaran.

Sebagai contoh, banyak pemilik kendaraan yang lebih memilih menggunakan bahan bakar RON 95 karena beranggapan kalau RON dengan nilai tersebut lebih baik dari RON 92.

Benarkah hal tersebut?

Perlu diketahui kalau anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Penggunaan bahan bakar dengan nilai oktan atau RON yang tidak sesuai, baik itu lebih rendah maupun lebih tinggi dapat memberikan dampak buruk pada mesin.

Pada dasarnya, bahan bakar yang digunakan harus sesuai. Tidak boleh menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih rendah atau lebih tinggi.

Penggunaan bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah dari spesifikasi mesin bisa membuat bahan bakar terbakar secara prematur.

Alhasil tenaga jadi lebih rendah, mesin mengelitik, dan konsumsi bahan bakar juga jadi lebih boros.

Baca juga: Kenapa Lampu Sein Berkedip Sedangkan Lampu Rem Tidak?

Begitupun jika menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan atau RON yang lebih tinggi.

Berita Terkait

Author