Memperbaiki Alarm Mobil Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

By Arris Riehady - Mei 15, 2020

Alarm mobil tiba-tiba tidak berfungsi? Tidak usah panik, ini cara memperbaiki alarm mobil sendiri di rumah.

memperbaiki alarm mobil

Awalnya, fungsi alarm mobil adalah memberikan peringatan bila terjadi sesuatu pada mobil, misalnya pintu dijebol, kaca dipecahkan, hingga posisi mobil yang tergeser.

Bunyinya yang kencang serta lampu yang berkedip otomatis akan menarik perhatian banyak orang untuk mengetahui kondisi mobil tersebut.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri di Rumah, Mudah dan Tidak Repot

Selain itu, fungsi lain alarm akan memberitahu dimana letak mobil berada. Biasanya, digunakan saat kamu lupa memarkirkan mobil di sebuah tempat parkir pusat perbelanjaan atau gedung perkantoran.

Seiring perkembangan zaman, alarm, khususnya pada bagian remote, kini fungsinya dapat dikombinasikan dengan perangkat lain di dalam mobil, seperti terintegrasi dengan smart key, membuka pintu atau jendela otomatis, hingga memajukan dan memundurkan mobil.

Namun, apa yang terjadi bila alarm tiba-tiba tidak berfungsi? Yuk, ketahui penyebab dan cara memperbaiki alarm mobil sendiri di rumah.

cara jumper aki mobil

Aki soak

Aki soak adalah penyebab umum alarm mobil tidak berfungsi. Cara memperbaiki alarm mobil sendiri di rumah ini pun yang paling mudah, asal kamu tahu gejalanya.

Baca juga: Cara Jumper Aki Mobil yang Soak dengan Aman dan Benar

Jika aki pada mobil soak, biasanya suara sinyal yang dihasilkan dari mobil terdengar lemah saat remote alarm ditekan untuk buka pintu.

Cara untuk memperbaikinya, kamu disarankan agar segera mengganti aki mobil dengan yang baru. Jadi, suplai kelistrikan mobil menjadi normal kembali.

memperbaiki alarm mobil

Baterai habis

Usia baterai pada remote alarm mobil rata-rata tiga tahun, tergantung penggunaan. Jika kamu memencet tombol pada remote dan mobil tidak merespon dengan sinyal bunyi atau membuka kunci, bisa jadi baterainya habis.

Selain itu, baterai remote alarm yang habis akan ditandai dengan lemah atau redupnya lampu indikator. Untuk mengganti baterai pada remote alarm mobil, kamu bisa melihatnya di buku panduan kendaraan.

Baca juga: Penyebab Smart Key Mobil Bermasalah dan Cara Menanganinya

Sebab, remote alarm Original Equipment Manufacturer (OEM) memiliki baterai yang berbeda-beda. Biasanya meski keadaan seperti ini, kamu masih bisa membuka tutup kunci, asal jarak remote dan mobil cukup dekat.

memperbaiki alarm mobil

Gangguan frekuensi

Salah satu hal penting yang menunjang kinerja alarm adalah gelombang radio. Kadang, gelombang radio akan terganggu karena berbagai hal, salah satunya adalah parkir di dekat pemancar radio, Base Transceiver Station (BTS) provider telepon seluler, dan sebagainya.

Jadi membuat sinyal atau gelombang remote mobilmu terganggu dan tidak merespon. Tetapi jangan panik, cara memperbaiki alarm mobil sendiri dalam keadaan seperti ini, cukup dekatkan remote dengan mobil.

Baca juga: Apakah Menguras Tangki BBM Mobil Bisa Dilakukan Sendiri?

Tujuannya adalah agar receiver alarm dapat menerima gelombang radio lebih baik yang dikirimkan oleh remote.

memperbaiki alarm mobil

Kerusakan sekring

Kemudian, alarm mobil tidak merespon bisa jadi peneyebabnya adalah kerusakan pada sekring. Umumnya sekring putus sehingga harus kamu menggantinya.

Cara memperbaiki alarm mobil dalam keadaan seperti ini, kamu sebaiknya membuka manual pintu mobil dan mencari tempat sekring berada.

Letak dari tempat sekring mobil berbeda-beda, kamu bisa melihatnya di buku panduan. Namun, biasanya ada di bawah dashboard pengemudi atau pada bagian mesin.

memperbaiki alarm mobil

Alarm bunyi sendiri

Pernah mendapati mobil sedang diparkir tiba-tiba alarm berbunyi sendiri tanpa sebab? Ada beberapa faktor dan cara memperbaikinya.

Faktor pertama adalah bila garasi rumahmu dekat dengan jalan raya. Biasanya, alarm mobil akan terpicu dengan suara bising dan getaran dari lingkungan sekitar, seperti suara knalpot motor atau kembang api.

Hal ini merupakan salah satu sistem keamanan dari alarm itu sendiri, yaitu kepekaan dari modul alarm, sehingga ini bukan termasuk kerusakan sistem alarm. Kamu tidak perlu panik ya.

Ada beberapa modul alarm yang dilengkapi fitur pengaturan kepekaan. Kebanyakan, modul alarm terletak di balik dashboard. Untuk mengaturnya, kamu bisa memutar searah jarum jam, kemudian modul akan semakin peka.

Baca juga: Cara Mengatasi Kabin Bau Apek Pada Mobil yang Jarang Dipakai

Kedua, alarm mobil akan berbunyi dengan sendirinya jika ada bagian yang tidak rapat, seperti pintu, bagasi, kap mesin, atau tangki bensin.

Oleh karena itu, sebelum meninggalkan mobil dan mengaktifkan alarm, pastikan semua bagian tadi sudah tertutup dengan rapat.

memperbaiki alarm mobil

Itulah beberapa penyebabnya dan cara memperbaiki alarm mobil sendiri di rumah.

Jika kamu kesulitan atau ada penyebab lain yang tidak diketahui kenapa alarm mobil tidak berfungsi, kamu bisa membawa mobilmu ke bengkel resmi atau lakukan home service yang tersedia di fitur Booking Service Seva.id.

Selama alarm mobil masih OEM, bengkel resmi dengan senang hati membantu kendala yang kamu hadapi. Layanan Home service Seva.id bakal #BikinKamuSiap merawat mobil kapanpun #dirumahaja.

Untuk itu, jangan lupa kunjungi Seva.id ya.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!