Memilih Carbon Cleaner yang Cocok Untuk Mesin Mobil

Tidak semua carbon cleaner cocok untuk mesin mobil. Lalu, bagaimana cara memilihnya?

carbon cleaner

Proses pembakaran di dalam mesin tentu akan menyisakan kerak yang mengganggu. Ruang bakar mobil yang kotor berpotensi membuat tarikan jadi berat, boros BBM, dan performa menurun. 

 

Sehingga, itu menjadi pertanda kalau kamu harus segera membersihkan mesin dari timbunan kerak karbonKerak ini muncul pada ruang bakar akibat adanya pembakaran yang kurang maksimal, sehingga terjadi penumpukkan kerak di bagian dalam mesin.

 

Bila kerak ini didiamkan akan menyebabkan berbagai masalah pada kendaraan kamu.

 

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan carbon cleanerIni adalah metode membersihkan ruang bakar dengan cara memasukkan media cairan atau foam (busa) pembersih ke dalam mesin.

Cairan atau foam akan dituangkan melalui lubang busi untuk membersihkan ruang pembakaran dari berbagai kerak yang menempel.

 

Baca juga: DIY, 5 Langkah Mengganti Aki Mobil Sendiri di Rumah

 

Kamu bisa mendapatkan carbon cleaner dengan mudah di toko konvensional maupun online dengan harga yang variatif. Namun, jangan tergiur dengan harganya yang miring, perhatikan pula kualitas serta ulasannya dari pemilik mobil lain atau mekanik profesional.

 

Sebaiknya, hindari produk carbon cleaner yang mengandung zat amonia dan zat asam berlebih karena dapat menyebabkan karat.

 

Zat amonia juga cukup berbahaya jika terhidup karenadapat menyebabkan masalah kesehatan paru-paru kamu. Lalu, zat amonia juga dapat membuat iritasi di kulit.

 

Baca juga: Posisi Transmisi Harus di N Saat Memanaskan Mobil Matik, Mitos atau Fakta?

 

Selain berbahaya bagi kesehatan, zat amonia juga berisiko menghilangkan oli yang melapisi liner silinder karena oli dapat ikut terbawa keluar bersama residu ruang bakar mesin.

 

Komponen seperti piston dan payung klep juga akan terpengaruh oleh zat asamnya. Tak hanya cara memilihnya saja yang harus teliti dan tepat, waktu penggunaannya pun harus tepat. 

 

Usahakan, pakai carbon cleaner saat mendekati jadwal pergantian oli, agar residu sisa pembersihan carbon cleaner bisa dikeluarkan sekaligus lewat sistem pembuangan oli.

 

Kamu bisa konsulitasi atau meminta saran kepada ahli mekanik profesional sebelum memilih produk carbon cleaner yang aman dan cocok bagi mobil. 

 

Baca Juga : Mobil Mengalami Masalah di Jalan Tol? Cek Tips Keselamatan Ini 

 

Lakukan perawatan berkala agar mobil anda tetap prima. Kamu bisa mengunjungi Seva.id untuk melakukan booking service sehingga tidak perlu repot mengantri di bengkel. Atau, gunakan fitur home service yang #BikinKamuSiap melakukan perawatan #dirumahaja.

 

Jadi, jangan lupa kunjungi Seva.id, ya!