Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Anti Ngantuk Saat Nyetir

By Reka Harnis - April 26, 2021

Ngantuk saat nyetir juga dapat membahayakan pengguna jalan lain. Untuk mencegahnya, yuk coba makanan dan minuman berikut ini.

Selain mengganggu kenyamanan, munculnya rasa kantuk saat berkendara juga bisa mengganggu keamanan. Jika dipaksakan, rasa kantuk ini bisa menimbulkan microsleep atau tertidur sekejap.

Orang yang mengalami microsleep akan hilang perhatian dan kesadaran yang disebabkan rasa lelah atau mengantuk berat.

Terlebih jika melakukan perjalanan jarak jauh, microsleep cenderung lebih rawan terjadi. Kejadian ini pada umumnya hanya berlangsung sekitar 1 detik hingga 30 detik.

Baca juga: Cara Meningkatkan Konsentrasi Berkendara Saat Menjalankan Puasa

Untuk mengantisipasi munculnya kantuk di saat bepergian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Selain memperhatikan waktu istirahat, banyak pengendara yang mengandalkan kopi atau minuman berenergi untuk menghilangkan rasa kantuk.

Namun, sayangnya kopi dan minuman berenergi bukanlah minuman yang bisa diminum oleh semua orang, seperti penderita asam lambung dan maag.

Selain itu, sebaiknya hindari konsumsi kopi dan minimum berenergi yang berlebih, sebab dapat membahayakan kesehatan.

Untuk itu, agar tak ngantuk saat nyetir, berikut makan dan minum yang bisa kamu andalkan.

makanan pencegah kanker

Makanan segar

Mengkonsumsi makanan segar yang tinggi nutrisi seperti buah dan sayur akan sangat membantu tubuh kita menjadi segar dan anti ngantuk, terlebih jika matang secara alami.

Selain itu, makanan berprotein tinggi juga dapat membantu tubuh kita menyimpang lebih banyak tenaga. 

Daging merah merupakan sumber protein yang baik, namun mengandung lemak jenuh. Daging yang lebih rendah kadar lemaknya seperti ayam dan ikan juga memiliki kadar protein yang baik.

Baca juga: Peraturan Larangan Mudik 2021 Resmi Diterbitkan Pemerintah

Sumber terbaiknya adalah ikan yang tinggi asam lemak omega-3, misalnya adalah ikan salmon. Selain tinggi protein, lemak baiknya menyehatkan jantung.

Oleh karenanya, pilihlah makanan segar yang kaya akan nutrisi agar tubuh lebih bugar, nyetir jadi lebih fokus dan anti ngantuk. Kemudian, perhatikan pula cara memasaknya, agar kandungan nutrisi yang ada di dalamnya tidak rusak.

Berita Terkait

Author