Kendaraan Anda Dicuri? Simak Cara Melacak Kendaraan yang Hilang Berikut Ini!

13 December 2018

Kejadian hilangnya kendaraan bisa menimpa siapa saja, baik itu yang tinggal di daerah rawan kejahatan maupun yang aman. Kriminalitas mengintai di mana saja Anda berada. Tidak terkecuali dengan mobil yang Anda miliki. Meskipun sudah banyak beberapa pencegahan seperti dipasangnya CCTV atau pengaman, mengetahui  cara melacak kendaraan yang hilang tetap perlu Anda miliki untuk berjaga-jaga.

 

Pasalnya, modus operandi para pencuri juga semakin canggih. Sudah banyak yang memanfaatkan teknologi untuk membantu aksi kejahatannya, mulai dari penggunaan cairan kimia tertentu, hingga meretas kamera pengintai yang terdapat di parkiran. Untuk itu, beberapa cara melacaknya di bawah ini perlu Anda ketahui. Simak ulasan selengkapnya sebagai berikut!

 

  1. Segera Melapor ke Polisi

Cara utama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hilangnya kendaraan adalah dengan melaporkannya terlebih dahulu kepada polisi atau juga pihak yang berwajib. Ketika berkas pelaporan sudah selesai Anda tangani, pihak kepolisian dapat segera melacak kendaraan Anda secepat mungkin. Caranya pun cukup banyak, mulai dari melihat rekaman kamera lalu lintas, menanyai warga sekitar, hingga menggunakan info intelijen agar kendaraan segera ditemukan.

 

Baca: STNK Kendaraan yang Dibeli Ternyata Diblokir, Bagaimana Solusinya?

 

  1. Mengirim Berita Kehilangan Seluas Mungkin

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk melacak kendaraan yang hilang adalah dengan mengirim berita kehilangan seluas mungkin. Manfaatkan semua aplikasi chatting untuk menyebarkan info kehilangannya ke semua kontak yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga bisa meminta tolong berbagai akun sosial media untuk menyebarkannya. Dengan demikian, kondisi dan lokasi kendaraan bisa segera diketahui.

 

  1. Antisipasi dengan Pemasangan GPS

Ada yang bilang kalau ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’. Hal ini berlaku juga ketika Anda memiliki kendaraan. Pertimbangkan untuk mengantisipasi rawannya kehilangan kendaraan bermotor dengan memasang GPS pada mobil yang dimiliki. Saat ini sudah banyak alat pelacak mobil yang tersedia di pasaran, dengan berbagai fitur canggih yang memungkinkan Anda untuk melacak lokasi kendaraan dengan sekejap. Harganya pun beragam, Anda bisa memilih yang sesuai dengan anggaran serta kebutuhan.

 

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Asuransi Kendaraan dan Cara Mengurusnya

 

  1. Menggunakan Aplikasi Smartphone

Aksi kejahatan ternyata juga menginspirasi para pengembang mobile apps untuk menciptakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melacak kendaraan yang dicuri. Dengan mengunduh aplikasi tersebut melalui Play Store atau juga App Store, Anda bisa mengetahui kondisi dan lokasi terkini dari mobil yang hilang.

 

Caranya juga cukup mudah, aplikasi ini akan melacak berdasarkan spesifikasi kendaraan, nomor plat, serta nomor kerangka dan mesin yang nantinya dicocokkan dengan database dari catatan kepolisian. Selain itu, dengan memanfaatkan fitur yang ada di dalamnya, Anda juga mematikan mesin dari jarak jauh atau memberi peringatan pada kantor polisi terdekat.

 

  1. Menggunakan Website Pelacak

Selain aplikasi berbasis smartphone, cara melacak kendaraan yang hilang lainnya adalah dengan memanfaatkan website pelacak yang bisa Anda akses menggunakan koneksi internet. Agar dapat bekerja dengan sempurna, umumnya diperlukan GPS tracker yang sebelumnya telah dipasang pada kendaraan yang Anda miliki.

 

Nantinya, alat ini akan terhubung dan disetel agar dapat terintegrasi dengan website yang Anda akses. Fungsinya sendiri tidak hanya untuk mencari kendaraan yang hilang saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui kecepatan kendaraan, macet di jalan raya, dan juga mematikan mesin. Cukup praktis dan bermanfaat, bukan?

 

Ternyata cukup banyak bukan cara melacak kendaraan yang hilang dan bisa Anda terapkan sendiri? Tentunya, tetap waspada akan ulah pelaku juga perlu Anda lakukan. Jika sudah melihat gerak-gerik mencurigakan di sekitar Anda, cobalah untuk langsung menelpon kontak darurat yang ada. Dengan demikian kendaraan lebih aman dan Anda tidak perlu pusing dibuatnya.

SHARE