Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kelebihan FWD pada MPV Masa Kini, Benar Bikin Irit BBM?

Ada banyak kelebihan FWD (Front Wheel Drive) yang dipakai pada mobil-mobil khususnya MPV. Yuk, kenali apa saja hal tersebut.

kelebihan FWD

Kelebihan FWD (Front Wheel Drive) atau sistem transmisi penggerak roda depan pada mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) salah satunya disebut dapat membuat lebih irit konsumsi BBM. Benarkah hal itu?

Hal ini ternyata benar loh. Bagaimana penjelasannya? Pada mobil-mobil dengan mesin penggerak FWD, misal Toyota All New Avanza, Toyota All New Veloz, Toyota All New Kijang Innova Zenix, transmisi ke roda sangat pendek dihubungkan langsung melalui power train

Efeknya membuat distribusi tenaga dari mesin bisa lebih lancar dan tidak banyak hambatan. Inilah yang menyebabkan mengapa mesin dengan penggerak FWD terasa lebih responsif.

Irit BBM

harga asli bbm

Tarikan yang bertenaga ini membuat konsumsi BBM menjadi lebih efisien dan irit. Sebagai contoh pada mobil Toyota All New Kijang Innova Zenix, mesin hybrid nya sangat irit dengan konsumsi bahan bakar 20 kilometer per liter.

Baca juga: Toyota All New Kijang Innova Zenix Resmi Meluncur, Berapa Harganya?

Faktor lain yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit karena pada mobil penggerak roda depan memiliki komponen power train yang lebih sedikit. Ini berimbas langsung pada berkurangnya bobot kendaraan. Dengan bobot lebih ringan, kinerja mesin juga lebih optimal. 

Power train sendiri merupakan komponen yang terdiri dari beberapa bagian seperti kopling, transmisi, transaxle (FWD) propeller drive shaft, dan gardan. Kinerja komponen ini berfungsi meneruskan putaran dari mesin ke roda dan membuat kendaraan bergerak.

Kelebihan FWD lainnya

Selain dikenal lebih irit konsumsi BBM, apa lagi yang menjadi keunggulan mobil-mobil berpenggerak roda depan ini?

Kabin lebih lega

mobil kabin lega

Kelebihan FWD pada mobil MPV adalah memiliki kabin yang lebih lega. Mengapa bisa begitu? Hal ini disebabkan karena pada lantai kabin tidak terdapat gundukan komponen gardan. Gundukan seperti itu lazimnya ditemui pada mobil berpenggerak roda belakang.

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Mesin 3 Silinder di Mobil Masa Kini

Tata letak mesin pada mobil FWD dirancang secara melintang yang membuat ruang mesin kompak sehingga membuat bagian kabin mobil jadi lebih luas. Contohnya dalam mobil Toyota All New Kijang Innova Zenix, row kedua dan ketiga mobil ini lega dan nyaman.

Traksi FWD kuat

tanjakan turun

Berikutnya, kelebihan FWD terkait dengan traksi atau daya cengkeram ban khususnya saat melewati kondisi jalan licin akibat hujan. 

Bagaimana penjelasannya? Traksi kuat dikarenakan sistem penggerak membuat roda depan menarik roda belakang. Selain itu, bobot mesin mobil yang ada di depan juga membantu daya cengkeram ban lebih kuat.

Kelebihan FWD berbiaya produksi murah

harga innova zenix

Faktor lain yang diklaim sebagai faktor yang menjadi kelebihan FWD adalah terkait biaya produksi. Mobil dengan penggerak roda depan punya biaya produksi yang lebih murah. 

Baca juga: Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

Secara mekanisme, mobil penggerak roda depan tidak memerlukan komponen banyak dan komponen power train lebih mudah dipasang sehingga lebih efisien dalam cost produksi kendaraan massal. 

Kekurangan FWD

kelebihan FWD

Namun, dibalik beberapa keunggulannya, mobil penggerak roda depan dianggap juga memiliki sejumlah kekurangan.

Kekurangan pertama adalah kondisi roda depan menjadi lebih cepat gundul. Ini karena roda tersebut berperan sebagai komponen utama yang bergerak dan sekaligus mengatur arah laju kendaraan.

Baca juga: Kenapa Mobil Penggerak Roda Depan Susah Nanjak?

Bagi pemilik kendaraan FWD, merotasi ban jadi salah satu cara untuk mengurangi seringnya pergantian akibat ban gundul. 

Lalu kekurangan kedua adalah kabin tidak senyap. Ini disebabkan oleh banyaknya komponen utama penggerak kendaraan di bagian depan. Membuat suara berisik saat mesin bekerja berpotensi masuk ke dalam kabin dan mengganggu kenyamanan.

belajar mengemudi

Apa lagi kekurangannya? Mobil penggerak roda depan mudah alami kondisi understeer. Kondisi apa itu? Kondisi ini terjadi saat mobil sulit berbelok bahkan tetap meluncur lurus meskipun roda kemudi sudah diputar.

Baca juga: Service Mobil di Bulan Pertama, Apa Saja Pentingnya?

Penyebabnya bisa karena ban depan sudah tipis dan aus, lalu bisa juga karena mobil bermanuver dengan kecepatan yang terlampau tinggi. Namun, umumnya penyebab understeer adalah adanya kerusakan di bagian drive shaft.

Nah, bagaimana menurut kamu setelah tahu kelebihan FWD ternyata dapat mengirit BBM? Untuk diketahui, konsumsi irit BBM pada mobil juga dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya kondisi mesin yang prima. 

Jadi, jangan lupa untuk selalu merawat mesin mobilmu agar performanya prima dan irit BBM ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.