Jenis Suspensi Mobil yang Banyak Digunakan Saat Ini

By Ferdi Julias - April 11, 2019

Suspensi Double Wishbone

Ciri yang paling menonjol dari suspensi double wishbone yaitu adanya dua buah arm (lengan) yang menopang sistem suspensi, yakni lower dan upper arm.

Keunggulannya, suspensi ini membuat pengendalian mobil menjadi lebih optimal.

Setelah itu, desain double wishbone yang terlihat kokoh membuat sudut geometri roda akan tetap konstan saat berbelok. Suspensi ini banyak digunakan oleh kendaraan-kendaraan bertipe MPV dan SUV.

Namun, pemilik mobil harus menyiapkan waktu yang tidak sebentar ketika harus membongkar sistem suspensi ini karena sistemnya lumayan rumit. Termasuk saat ingin mengganti shockbreaker.

Begitu juga apabila ingin melakukan perawatan, misalnya spooring. Konstruksi suspensi double wishbone terkenal rumit dan memakan tempat, sehingga pada saat spooring prosesnya akan memakan waktu lebih lama.

Suspensi Multi-Link

Kalau tipe suspensi mobil yang satu ini merupakan pengembangan dari sistem suspensi double wishbone.

Pastinya, suspensi multi-link punya sistem konstruksi yang lebih rumit daripada double wishbone karena terdapat tiga lengan atau lebih.

Oleh karena itu, suspensi multi-link memiliki sambungan konstruksi dari beragam lokasi dan sudut. Fungsinya yaitu untuk memanipulasi arah gaya yang akan diterima oleh roda, baik dari arah depan, samping, dan sebagainya.

Walaupun lebih rumit, suspensi multi-link diklaim memiliki daya cengkram yang lebih baik daripada dua suspensi di atas, termasuk saat melewati jalan berlubang sekalipun. Pengendalian mobil juga akan lebih sempurna.

Mungkin repotnya adalah saat terjadi kerusakan dan harus melakukan penggantian komponen. Membongkar suspensi ini lebih rumit daripada wishbone dan harganya tergolong mahal.

Berita Terkait

Author