Search Cars

Tips & Rekomendasi

Ingin Harga Jual Mobil Anda Lebih Tinggi, Coba Lakukan 8 Tips Ini

Meski kerap digunakan tiap hari, Anda mungkin saja lupa, bahkan terlalu sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan atau servis secara berkala terhadap mesin mobil. Padahal merawat mesin mobil menjadi salah satu hal yang penting untuk kelancaran aktivitas Anda sehari-hari. Bayangkan jika mobil Anda tiba-tiba mogok, pasti akan merepotkan.

 

Tak hanya dapat menjaga performa mesin, ternyata dengan melakukan perawatan atau servis secara berkala juga dapat meningkatkan harga jual kembali mobil Anda. Untuk menjaga agar mobil lama anda memiliki nilai jual yang tidak mengecewakan, ada beberapa hal yang wajib Anda lakukan.

 

Berikut adalah beberapa cara agar mobil Anda memiliki harga jual yang tinggi.

1. Menjaga Penampilan Eksterior
Biasanya bagian ini yang akan dinilai pertama kali oleh pembeli mobil bekas. Bagian eksterior, termasuk bodi dan cat yang masih bagus serta mulus akan mendongkrak harga jual mobil Anda. Karena itu, sebaiknya Anda rajin menjaga penampilan eksterior dengan mencuci, memoles, atau bahkan membawanya ke salon mobil.

 

2. Kebersihan dan Kenyamanan Interior
Bagian interior yang perlu dirawat meliputi setir, dashboard, jok, hingga karpet lantai. Termasuk juga fitur-fitur tambahannya seperti audio sebagai sarana hiburan selama perjalanan, tombol AC, tombol power window, dan yang lainnya. Sebaiknya Anda rajin merawat bagian tersebut agar tetap bersih dan berfungsi dengan baik.

3. Rajin Merawat Mesin
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mesin adalah satu faktor krusial yang menentukan harga jual mobil. Untuk itu, selain menjaga penampilan eksterior dan kebersihan interior, sebaiknya Anda merawat mesin mobil dengan rajin mengganti oli, menguras air radiator, membersihkan saluran injeksi, menggunakan bahan bakar yang sesuai, dan melakukan perawatan atau servis secara berkala di outlet service resmi.

 

Untuk mempermudah Anda dalam melakukan perawatan atau servis secara berkala, website kami menyediakan layanan Booking Service. Dalam layanan tersebut, Anda dapat melakukan online booking dan mengatur jadwal untuk perawatan atau servis secara berkala mobil dalam lingkup Astra di outlet service resmi terdekat sesuai dengan kebutuhan.

 

Dengan menggunakan layanan Booking Service, Anda juga mendapat berbagai keuntungan seperti lebih hemat waktu dan hemat tenaga.

4. Tambahan Aksesoris
Tambahan aksesoris seperti head unit audio, sarung jok, body kit, hingga kaca film juga akan membantu menaikkan harga jual mobil Anda. Namun pastikan, aksesoris tersebut tidak mengganggu fungsi dan kenyamanan mobil. Disarankan agar Anda menggunakan aksesoris Original Equipment Manufacturer (OEM) resmi keluaran Agen Pemegang Merek (APM) yang sudah terjamin presisi dan sesuai.

 

5. Hindari Bunyi Aneh
Suara dan bunyi aneh yang ada di dalam kabin maupun di bagian luar mobil akan menganggu dan mengurangi kenyamanan. Bunyi tersebut biasanya datang dari karet-karet yang aus, timing belt yang mulai getas, suspensi yang keras, hingga kampas rem yang tipis. Sangat disarankan untuk melakukan pengecekan secara rutin pada bagian-bagian tersebut.

 

6. Jaga Kelengkapan Surat
Meski terdengar sepele namun kelengkapan surat-surat mobil Anda juga menjadi penentu harga jual. Oleh karena itu, jaga dan simpan dengan baik buku panduan, buku servis, nota pembelian, faktur pajak, polis asuransi, BPKB serta Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

7. Tentukan Cara Menjual
Ketimbang memarkirkan mobil di pinggir jalan dengan memberikan tulisan “dijual”, lebih baik Anda memasarkan mobil kesayangan secara online dengan memanfaat media sosial seperti facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lain sebagainya. Anda juga dapat menggunakan situs jual beli mobil bekas di Internet.

 

8. Jual di Situs Terpercaya
Saat yakin kondisi mobil Anda sudah dalam kondisi fit dan surat-surat lengkap, maka hal terakhir yakni menjualnya. Pastikan saat akan menjualnya, Anda menjual di situs yang terpercaya.

 

Anda bisa menjualnya di Mobil88, fasilitas dan pelayanannya sudah teruji dan harga jual mobil Anda akan lebih dihargai. Namun, jika Anda enggan repot dan menginginkan mobil baru dengan segera, Seva.id juga menyediakan layanan Trade In. Layanan tukar tambah ini hanya berlaku untuk mobil dalam lingkup Astra seperti BMW, Daihatsu, Isuzu, Peugeot, dan Toyota. Dengan jaminan pelayanan, kami beli mobil Anda dengan harga terbaik!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.