Search Cars

Review Otomotif

Harga Daihatsu Rocky dan Daihatsu Sirion Beda Tipis, Pilih Mana?

Harga Daihatsu Rocky dan Daihatsu New Sirion terbaru bedanya tipis. Secara fitur, keduanya nyaris sama, apa yang membedakan?

harga Daihatsu Rocky

Melihat harga Daihatsu Rocky untuk varian 1.2 X CVT on the road DKI Jakarta senilai Rp 239.000.000. Bandingkan dengan harga Daihatsu New Sirion varian 1.3 R CVT seharga 236.800.000.

Sepintas harga keduanya terpaut tipis. Dengan kapasitas angkut sama-sama 5 penumpang, apa yang membedakan kedua mobil tersebut sih?

Fitur keselamatan

Daihatsu Rocky 1.2 X CVT dibekali fitur keselamatan canggih meliputi Dual Front Airbag untuk penumpang dan pengemudi, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Baca juga: Mobil Terbaik GIIAS 2022 Pilihan Netizen SEVA

Sementara fitur keselamatan pada Daihatsu New Sirion R CVT kurang lebih sama, dengan adanya Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Traction Stability Control (TSC), Electric Braking Distribution (EBD) dan fitur Anti-lock Braking System (ABS).

Sedikit berbeda pada mobil ini, tersedia juga fitur Speed Sensing Door yang otomatis mengunci pintu mobil di kecepatan tertentu.

Kedua mobil juga dilengkapi jok dengan fitur Long Sofa Mode dan ISOFIX. Jok tipe ini sangat aman dijadikan teman saat berkendara bersama anak-anak dan balita. Plus, nyaman dipakai beristirahat saat berkendara jauh. 

Baca juga: Testimoni Pengunjung dan Acara Penutupan GIIAS 2022

Lalu, fitur apakah yang menjadi pembeda dari kedua mobil itu?

harga Daihatsu Rocky

Dimensi mobil

Hal pembeda utama dari keduanya adalah dimensi kendaraan. Daihatsu Rocky mengusung DNGA (Daihatsu New Global Architecture) untuk rangka yang ringan namun solid. 

Daihatsu Rocky berjenis SUV kompak dengan dimensi panjang 4.030 milimeter, lebar 1.710 milimeter dan tinggi 1.635 milimeter.

Sementara Daihatsu Sirion yang diimpor utuh dari Malaysia, menggunakan body Perodua Myvi berjenis hatchback dengan dimensi panjang 3.985 milimeter, lebar 1.735 milimeter dan tinggi 1.525 milimeter. 

Radius putar dan jarak ke tanah

Radius putar keduanya sedikit berbeda. Daihatsu Rocky 1.2 X CVT punya radius 4,9 meter, sementara Sirion 1.3 R CVT sekitar 5,1 meter. 

Baca juga: Uji Emisi Kendaraan Wajib Dilakukan, Apa Sanksi Jika Melanggar?

Untuk jarak bebas ke tanah alias ground clearance, Daihatsu Rocky sedikit lebih tinggi mencapai 200 milimeter, sedang Daihatsu Sirion hanya 150 milimeter. 

fitur baru sirion

Mesin mobil

Hal yang terasa adalah kapasitas mesin kedua mobil. Mesin Daihatsu Sirion berkode 1NR-VE, 1.329 cc, DOHC, Dual VVTi. Mampu menghasilkan tenaga puncak 95 daya kuda pada 6.000 RPM. 

Sementara mesin Daihatsu Rocky berkode WA-VE, 1.198 cc, DOHC, Dual VVTi dengan tenaga maksimum 88,4 daya kuda pada 6.000 RPM. 

Fitur irit BBM

Fitur lain yang membedakan keduanya sebenarnya cukup sederhana. Daihatsu New Sirion telah dilengkapi dengan Idle Stop System. Fungsinya mematikan kinerja mesin sementara secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti.

Baca juga: Alasan Kenapa Rem Belakang Mobil Masih Pakai Tromol

Fitur ini bisa diaktifkan atau dinonaktifkan oleh pengemudi sesuai kebutuhan. Yang pasti, mobil jadi lebih irit BBM deh saat macet-macetan di jalan. 

Daihatsu Rocky belum memiliki fitur ini, akan tetapi untuk efisiensi BBM, mobil dilengkapi dengan Dual Port Fuel Injection, serta transmisi D-CVT

Transmisi baru Dual Mode Continuously Variable Transmission, punya kecanggihan terletak pada sistem split gear. Pada saat melaju di kecepatan tinggi, sistem ini akan membagi tenaga dari belt ke split gear. 

Baca juga: Deretan Mobil 1.300 cc yang Pas Buat Dalam dan Luar Kota

Hasilnya? Tenaga mobil akan lebih optimal dan akselerasi terasa halus sehingga diklaim lebih irit BBM.

Daihatsu Rocky 1200 cc

Konsumsi BBM

Membandingkan performa Daihatsu Rocky dan Daihatsu New Sirion, keduanya tidak berbeda jauh namun sama-sama irit dalam hal konsumsi BBM.

Untuk masalah konsumsi BBM, Daihatsu Rocky bertransmisi otomatis ini termasuk irit. Bayangkan, dalam pengujian di jalanan dalam kota, hanya menenggak 1 liter BBM untuk jarak 18 kilometer! 

Baca juga: Rekomendasi Mobil 1300 cc Buat Keluarga Kecil

Untuk Daihatsu Sirion bermesin 1.329 cc, konsumsi BBM di dalam jalanan perkotaan mencapai 1 liter untuk jarak tempuh 17 kilometer. 

Setelah mengetahui perbedaan masing-masing, baik harga Daihatsu Rocky dan Daihatsu New Sirion, mana yang kalian pilih sebagai kendaraan idaman?

new daihatsu sirion

Pilih sesuai kebutuhan

Mobil SUV dan hatchback tentu saja hadir dengan karakter khas masing-masing. 

Baca juga: Lebih Sporty dan Bergaya, Ini Rekomendasi Daihatsu Varian ADS

Ya, meski kompak, Daihatsu Rocky cocok untuk segala medan, apalagi dengan ground clearance tinggi.

Diameter ban besar pun mendukung aktivitas lintas alam dan menjelajah medan dengan kontur tidak rata. Buat yang senang kegiatan safari atau blusukan mencari lokasi hidden gems, Daihatsu Rocky layak untuk dipilih.

Sedang mobl jenis hatchback hadir degan spesifikasi mobil perkotaan. Bodinya kompak dan lincah bermanuver di jalanan ibukota yang padat. 

Baca juga: Cara Perpanjang STNK Tanpa KTP yang Bisa Dilakukan Pemilik Mobil

Dengan dimensi yang lebih ramping, Daihatsu New Sirion cocok dipakai kaum perkotaan yang menyukai banyak aktivitas berkendara di dalam kota dengan sesekali ke luar kota di akhir pekan.

Daihatsu Rocky 1200 cc

Tidak hanya itu, mobil ini rasanya juga cocok dipakai oleh wanita karir, keluarga kecil, atau sebagai mobil pertama.

Cari tau lebih lengkap spesifikasi dan harga Daihatsu Rocky atau harga Daihatsu Sirion di SEVA. Jangan lupa untuk menggunakan Loan Calculator dan proses pembelian dengan Instant Approval.

Proses ini akan menjamin pembelianmu sesuai dengan kemampuan finansial sehingga terbebas dari kredit macet. Asik kan? Anak Kecil Aja Tau beli mobil yang Jelas dari Awal ya cuma di SEVA.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.