Search Cars

Review Otomotif

Fungsi Fitur-fitur MID pada Mobil, Apa Saja Informasi yang Ada?

Semakin canggih mobil biasanya pada fitur MID di speedometer memuat banyak indikator. Jangan bingung, kenali yuk artinya.

fitur MID

Bisa dibilang seluruh mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur MID atau multi information display pada dashboard. Misalnya saja interior mobil ini sudah ada di Toyota All New Veloz, Toyota Raize, Toyota All New Avanza, Daihatsu New Sirion, dan Daihatsu All New Terios

Dengan adanya fitur MID ini, pengendara jadi lebih mudah mengetahui beragam informasi yang ada pada mobil. Seperti informasi tentang konsumsi bensin, jarak tempuh kendaraan, baik dari suatu titik tertentu (A ke B) maupun secara keseluruhan. 

“Pada beberapa mobil ada yang menyematkan informasi tambahan seperti gaya berkendara, jam, sampai keadaan ban secara real time. Meski demikian, fungsi MID tetap sama,” ujar Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi melansir Kompas.com

Fitur fitur pada MID

informasi pada MID

Pada umumnya, fitur MID terletak pada speedometer di dashboard depan setir kemudi. Ukurannya antara 5-10 inci berupa layar digital. Tampilan layar ini akan aktif saat mesin mobil dinyalakan.

Baca juga: Kasus Pecah Ban di Tol Cipali, Bisakah Dapat Penggantian?

Lebih lanjut, ini penjelasan umum mengenai apa yang ada pada fitur MID: 

  • Range

Fungsi indikator yang memberikan informasi mengenai jarak kendaraan dengan jumlah sisa kapasitas bensin di tangki. Biasanya, satuan hitungan yang digunakan ialah kilometer (km).

Sebagai contoh, jika indikator Range menunjukkan angka “150 km”, maka secara ideal dengan ketersediaan bensin saat ini pengemudi bisa menjalankan mobilnya hingga jarak mencapai jarak tersebut. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Matikan AC Mobil saat Macet Bisa Bikin BBM Lebih Hemat?

Tapi perlu diingat bahwa ini adalah perkiraan saja. Bisa jadi, bensin yang tersedia lebih dahulu habis tergantung gaya mengemudi dan kondisi lalu lintas (macet, menanjak, turunan, dan sebagainya). 

  • AVG
speedometer mobil

Singkatan dari Average (rata-rata), merupakan indikator untuk mengetahui rata-rata bensin yang digunakan saat berkendara pada jarak tertentu. Angka yang ditampilkan bisa kamu gunakan sebagai patokan pengemudi, apakah gaya mengemudimu terlalu boros atau sebaliknya. 

Angka tersebut juga bisa berubah sewaktu-waktu, tapi cukup untuk memberikan informasi konsumsi rata-rata ketika sedang melintas di jalanan kepada pengemudi. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Irit Bensin yang Bisa Dipilih untuk Berwisata ke Borobudur

Jika kamu merasa konsumsi bahan bakar boros, ubah saja mode berkendara menjadi ECO agar mobil lebih hemat bahan bakar.

  • Odometer 

Fungsinya untuk menginformasikan jarak yang sudah ditempuh kendaraan dalam satuan kilometer. Angka yang tertera akan terus bertambah seiring dengan penggunaan dan tidak bisa direset. 

Indikator ini bisa juga jadi salah satu faktor yang menentukan apakah kendaraan sudah masuk masa servis atau belum. Selain itu, menentukan harga jual di mana semakin tinggi angka odometer umumnya semakin turun harga mobil. 

Mode berkendara

speedometer mobil

Pada beberapa kendaraan, mode berkendara yang dipilih pengemudi juga ditampilkan pada fitur MID. Secara umum, ada tiga mode berkendara pada mobil, yaitu ECO mode, Normal mode dan Sport mode.

Baca juga: Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Mengalami Kenaikan, Ini Daftar Lengkapnya

Yang memengaruhi ketiga mode ini adalah kecepatan, akselerasi hingga konsumsi bahan bakarnya. 

  • Trip A dan Trip B 

Setelah itu ada pengukur jarak perjalanan. Seperti namanya, fitur ini digunakan pengemudi untuk mengukur jarak perjalanan antara posisi kota A dengan kota B. Perbedaannya dengan odometer, informasi yang tertera bukan akumulasi dan bisa direset sesuai keinginan. 

Misalnya jika kamu ingin menghitung jarak perjalanan ketika hendak menuju kota di daerah Jawa Tengah dengan mengambil rute Semarang. Posisikan trip meter A di nol kilometer. Dan saat ingin kembali mengambil rute yang berbeda, tekan kembali tombol ke trip B dan posisikan ke semula. 

  • Suhu
fitur MID

Terakhir, pada multi information display juga tersedia informasi mengenai suhu pada ruangan kabin mobil. Suhu kabin yang nyaman dan sesuai tentu akan membuat perjalanan menjadi menyenangkan.

  • Pengingat seat belt

Pada mobil generasi terbaru umumnya layar MID juga memuat indikator pengingat seat belt atau sabuk pengaman. Indikator ini dikhususkan untuk pengemudi dan penumpang di kursi depat.

Baca juga: Haruskah Penumpang Belakang Pakai Sabuk Pengaman? Apa Aturannya?

Jika ada dari keduanya yang belum memasang seat belt, akan terdengar bunyi bel pengingat khusus. Itulah beberapa informasi indikator pada layar multi information display di dashboard bisa berbeda-beda pada setiap mobil, menyesuaikan teknologi yang ada pada mobil itu juga. Kalau di mobilmu interior mobil MID-nya memuat informasi apa saja?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.